Analisis Indeks dan Penentuan Prioritas Faktor Kepuasan Pengunjung Wisata Jakarta Aquarium & Safari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta

Muslim, Nurwahyuni and Dr. Tiwi Nurjannati Utami,, S.Pi., M.M (2023) Analisis Indeks dan Penentuan Prioritas Faktor Kepuasan Pengunjung Wisata Jakarta Aquarium & Safari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keanekaragaman yang dimiliki Indonesia hingga saat ini belum semua dimanfaatkan dengan baik. Sumber daya alam dan budaya Indonesia yang beragam dapat menarik perhatian masyarakat domestik maupun mancanegara melalui sektor pariwisata. Pariwisata dapat lebih mudah berkembang dan maju jika pengembangan pariwisata dilakukan. Sektor perikanan dan kelautan salah satunya yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai pariwisata. Sektor perikanan dan kelautan memiliki potensi jasa akuatik yang sangat beragam. Jakarta Aquarium & Safari adalah salah satu destinasi wisata akuatik di DKI Jakarta yang dapat mengemas objek wisatanya secara unik dan modern. Kepuasan wisatawan merupakan salah satu faktor utama yang dijadikan pertimbangkan oleh wisatawan karena mempengaruhi pilihan tujuan wisata. Kepuasan pengunjung sebuah wisata dapat dibangun melalui pemberian fasilitas dan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis indeks kepuasan pengunjung terhadap pelayanan yang disediakan oleh JAQS dan menganalisis prioritas indikator pelayanan dalam kepuasan berkunjung wisata JAQS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 – Februari 2023. Lokasi dari penelitian ini sendiri tepatnya di Jakarta Barat, DKI Jakarta. Penelitian dilakukan menggunakan metode Indeks Kepuasan Masyarakat yang telah tertera pada PERMENPAN RB No. 14 Tahun 2017 untuk mendapatkan nilai indeks kepuasan pengunjung itu sendiri dan Analysis Hierarchy Process (AHP) untuk menganalisis indikator pelayanan yang menjadi prioritas pengunjung. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan penggunaan metode purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa kueisoner dan data sekunder berupa dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pengunjung Jakarta Aquarium & Safari yang berumur diatas 17 tahun sebagai sampel untuk mengisi kuesioner yang dibagikan. Kuesioner yang dibagikan pada dasarnya berfokus pada sembilan indikator pelayanan. Sembilan indikator tersebut terdiri dari persyaratan, sistem/mekanisme/prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, standar pelayanan, kompetensi pelayan, perilaku pelayan, penanganan aduan/saran/masukan, dan sarana/prasarana. Hasil penilaian yang didapat melalui kuesioner kemudian diperhitungkan menggunakan rumus indeks kepuasan masyarakat dan dicantumkan pada Pairwise Comparison Matrix pada Expert Choice 11. Nilai indeks kepuasan pengunjung Jakarta Aquarium & Safari memperoleh penilaian sebesar 87,88 yang tergolong ke dalam kategori kinerja unit pelayanan baik serta mutu pelayanan B. Hal itu menandakan bahwa pelayanan yang diberikan dapat dikatakan baik namun masih belum maksimal. Indikator pelayanan yang menjadi prioritas utama bagi pengunjung wisata Jakarta Aquarium & Safari adalah sarana dan prasarana. Indikator tersebut menjadi prioritas bagi para pengunjung untuk dapat mencapai kepuasan dalam berkunjung ke wisata Jakarta Aquarium & Safari. Hasil pengolahan data menggunakan Expert Choice 11 memperoleh nilai ketidakkonsisten sebesar 0.09 yang berarti data tersebut adalah konsisten atau benar. Berdasarkan hasil penelitian ini, pihak Jakarta Aquarium & Safari diharapkan dapat meningkatkan kinerja dari setiap indikator pelayanan, dapat memberikan perhatian lebih terutama pada indikator yang diprioritaskan oleh pengunjung yaitu sarana dan prasarana. Pihak Jakarta Aquarium & Safari juga diharap mampu menyesuaikan pengembangan setiap indikator pelayanan berdasarkan prioritas yang diberikan oleh pengunjung. Saran untuk peneliti kedepannya adalah untuk dapat melakukan pengambilan data wawancara agar data yang didapat lebih beragam dan aktual.

English Abstract

The diversity that Indonesia has so far has not all been put to good use. Indonesia's diverse natural and cultural resources can attract the attention of both domestic and foreign communities through the tourism sector. Tourism can more easily develop and progress if tourism development is carried out. One of the fisheries and marine sectors that has the potential to be developed as tourism. The fisheries and marine sector has a very diverse potential for aquatic services. Jakarta Aquarium & Safari is one of the aquatic tourist destinations in DKI Jakarta that can package its tourist objects in a unique and modern way. Tourist satisfaction is one of the main factors that tourists consider because it influences the choice of tourist destinations. Visitor satisfaction on a tour can be built through the provision of facilities and services. The purpose of this study was to analyze the value of the Jakarta Aquarium & Safari visitor satisfaction index and identify service indicators that are priority visitors to the Jakarta Aquarium & Safari. This research was carried out in November 2022 - February 2023. The location of this research itself is precisely in West Jakarta, DKI Jakarta. The research was conducted using the Community Satisfaction Index method which has been listed in PERMENPAN RB No. 14 of 2017 to determine the value of the visitor satisfaction index itself and the Analysis Hierarchy Process (AHP) to identify indicators of priority visitor services. The sampling technique of this study was non-probability sampling using purposive sampling method. The data used in this study are primary data in the form of questionnaires and secondary data in the form of documentation. This study used visitors to the Jakarta Aquarium & Safari aged over 17 years as a sample to fill out the distributed questionnaires. The questionnaires distributed basically focused on nine service indicators. The nine indicators consist of requirements, systems/mechanisms/procedures, service time, fees/tariffs, service standards, waiter competence, waiter behavior, handling complaints/suggestions/inputs, and facilities/infrastructure. The results of the assessment obtained through the questionnaire are then calculated using the community satisfaction index formula and included in the Pairwise Comparison Matrix in Expert Choice 11. The value of the Jakarta Aquarium & Safari visitor satisfaction index obtained an assessment of 87,88 which belongs to the category of good service unit performance and B service quality. This indicates that the service provided is good enough but still not optimal. Service indicators that are the top priority for visitors to the Jakarta Aquarium & Safari tour are facilities and infrastructure. These indicators are a priority for visitors to be able to achieve satisfaction in visiting the Jakarta Aquarium & Safari tour. Facilities and infrastructure that are not available at the Jakarta Aquarium & Safari are charging stations. The results of data processing using Expert Choice 11 obtained an inconsistency value of 0.09, which means that the data is consistent or correct. Based on the results of this study, the Jakarta Aquarium & Safari is expected to be able to improve the performance of each service indicator, to pay more attention, especially to the indicators that are prioritized by visitors, namely facilities and infrastructure. The Jakarta Aquarium & Safari is also expected to be able to adjust the development of each service indicator based on the priority given by visitors. Suggestions for future researchers are to be able to collect interview data so that the data obtained is more diverse and actual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080189
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Sep 2023 02:45
Last Modified: 15 Sep 2023 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202951
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurwahyuni Muslim.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item