Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Sushi (Studi Kasus pada Ichiban Sushi Cabang Kediri Mall)

Zakaria, Muhammad and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab,, MP (2023) Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Sushi (Studi Kasus pada Ichiban Sushi Cabang Kediri Mall). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tingkat konsumsi ikan di Indonesia sendiri selama beberapa tahun terakhir menunjukan peningkatan, terutama 2 tahun terakhir. Pada tahun 2022 Direktorat Jendral PDSPKP melakukan survei perhitungan sementara capaian angka konsumsi ikan nasional di 34 Provinsi mencapai sebesar 56,38kg/kapita/tahun, angka tersebut sudah lebih tinggi dari target dalam mengkonsumsi ikan nasional pada tahun 2020 yaitu sebesar 54,49 kg/kapita/tahun. Angka konsumsi ikan sendiri merupakan tingkat konsumsi masyrakat Indonesia dalam mengkonsumsi biota perairan yang dikonversikan dalam satuan kg/kapita/tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan serta tingkat loyalitas konsumen produk Ichiban Sushi Cabang Kediri Mall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, metode pengumpulan data dengan penyebaran kuisoner dan observasi. Customer satisfaction index serta importance performance analysis digunakan sebagai metode analisis kepuasan konsumen dan piramida loyalitas digunakan untuk mengukur tingkat loyalitas konsumen. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kepuasan konsumen produk Ichiban Sushi Cabang Kediri Mall sudah tergolong dalam kategori sangat memuaskan karena menyentuh angka 82% dalam tabel customer satisfaction index. Tingkat kinerja dari atribut yang memeiliki kepentingan tinggi dalam importance performance matrix juga sudah memenuhi ekspetasi dari konsumen. Tingkat loyalitas konsumen Ichiban Sushi cabang kediri Mall dikatakan ideal karena Hampir membentuk segitiga terbalik yang dimana didapatkan switcher buyer (72,667%), habitual buyer (63,667%), satisfied buyer (95,333%), liking the brand (95%), dan committed buyer (95,333%). Rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan dalam meningkatkan kepuasan konsumen sendiri yang didasarkan pada diagram kartesius importance performance matrix khususnya pada kuadran I, yaitu dengan Kecekatan pegawai dalam merespon pelanggan di Restoran, menentukan lokasi Ichiban Sushi Cabang Kediri Mall. Sedangkan rekomendasi kebijakan yang dapat digunakan dalam meningkatkan loyalitas adalah dengan memberikan layanan yang baik dan juga memberikan tawaran menarik yang dapat membuat konsumen semakin yakin tehadap Ichiban Sushi Cabang kediri Mall.

English Abstract

The level of fish consumption in Indonesia itself over the last few years has shown an increase, especially the last 2 years. In 2022 the Directorate General of PDSPKP conducted a calculation survey while the achievement of the national fish consumption rate in 34 Provinces reached 56,38 kg/capita/year, this figure was already higher than the national fish consumption target in 2020 which was 54.49 kg/capita /year. The fish consumption rate itself is the consumption level of the Indonesian people in consuming aquatic biota which is converted in units of kg/capita/year. This study aims to determine the level of customer satisfaction and loyalty levels of Ichiban Sushi Kediri Mall Branch. The method used in this research is descriptive analysis method, data collection method by distributing questionnaires and observation.Customer satisfaction index as well asimportance performance analysis used as a method of analysis of consumer satisfaction and loyalty pyramid is used to measure the level of consumer loyalty. Based on the study results, it was concluded that the level of consumer satisfaction for Ichiban Sushi products at the Kediri Mall Branch was classified as very satisfying because it touched 82% in the table.customer satisfaction index. The level of performance of the attributes that have high importance inimportance performance matrix has also met the expectations of consumers. The level of customer loyalty of Ichiban Sushi at the Kediri Mall branch is said to be ideal because it almost forms an inverted triangle where it is obtainedswitcher buyer (72,667%), habitual buyer (63,667%), satisfied buyer (95,333%), liking the brand (95%), andcommitted buyer (95,333%). Policy recommendations that can be used to increase consumer satisfaction are based on Cartesian diagramsimportance performance matrix especially in quadrant I, namely with the dexterity of employees in responding to customers in restaurants, determining the location of Ichiban Sushi Kediri Mall Branch. While policy recommendations that can be used to increase loyalty are to provide good service and also provide attractive offers that can make consumers more confident about Ichiban Sushi Kediri Mall Branch.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080171
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:08
Last Modified: 14 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202912
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Zakaria.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item