Prabowo, Meydo Omar Zyahrizal and Dr. Zainal Abidin, S.Pi, MBA, MP (2023) Pengaruh Marketing Mix (4P) Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus di Axotic Farm, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor perikanan merupakan salah satu penopang utama untuk perekonomian Indonesia. Hal tersebut juga didukung oleh dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2016 tentang percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional. Dengan adanya Instruksi Presiden tersebut membuat pertumbuhan perekonomian perikanan terutama di perikanan budidaya sektor ikan hias terus berkembang. Terdapat beberapa ikan hias yang unik yang sedang populer dibudidayakan di Indonesia, salah satunya ialah ikan Axolotl. Axotic Farm, Batu ialah salah satu pegiat budidaya ikan Axolotl di Indonesia. Masih langkanya dan terbilang cukup “asing” ditelinga konsumen, membuat Axotic Farm perlu membuat strategi khusus untuk memasarkan ikan Axolotl. Strategi pemasaran yang cukup yang biasa dipakai ialah strategi marketing mix 4P (Product, Price, Place, Promotion). Strategi ini terbilang cukup efektif untuk menarik minat beli konsumen dan bukan tidak mungkin konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian ikan Axolotl di Axotic Farm, Batu. Strategi tersebut penting dilakukan untuk Axotic Farm, Batu agar membantu dalam melakukan pengembangan, perencanaan, serta penerapan strategi pemasaran yang lebih efektif yang dapat meningkatkan minat beli dan menimbulkan keputusan dalam pembelian produk ikan Axolotl dari Axotic Farm, Batu. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh produk, harga, tempat, promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh produk, harga, tempat, promosi terhadap minat beli, peran minat beli memediasi hubungan produk, harga, tempat, promosi terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilaksanakan selama Januari – Mei 2023 di Axotic Farm, Batu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 153 orang yang pernah melakukan pembelian produk ikan Axolotl di Axotic Farm, Batu dari tahun 2019 hingga sekarang dengan kriteria minimal 17 tahun dan merupakan pengikut media sosial Axotic Farm, Batu. Adapun analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan WarpPLS SEM Method serta analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Produk, harga, tempat dan promosi belum mampu untuk menarik konsumen dalam memutuskan pembelian ikan Axolotl di Axotic Farm secara langsung.. Sementara produk, harga, dan promosi mampu menarik minat beli konsumen secara langsung. Tetapi, tempat belum mampu menarik minat beli konsumen Axotic Farm, Batu. Selain itu, peran mediasi minat beli juga dibutuhkan oleh produk, harga dan promosi untuk terjadinya keputusan pembelian ikan Axolotl di Axotic Farm, Batu. Namun variabel tempat belum dapat untuk meningkatkan keputusan pembelian melalui peran minat beli sebagai mediasi. Minat beli dapat mendorong keputusan pembelian konsumen.
English Abstract
The fisheries sector is one of the main pillars of the Indonesian economy. This is also supported by the issuance of Presidential Instruction Number 7 of 2016 concerning the acceleration of the National Fisheries Industry Development. With this Presidential Instruction, the growth of the fisheries economy, especially in the ornamental fish sector, continues to grow. There are several unique ornamental fish that are popularly cultivated in Indonesia, one of which is the Axolotl fish. Axotic Farm, Batu is one of the cultivators of Axolotl fish in Indonesia. Axolotl fish are still rare and quite "foreign" to consumers, making Axotic Farm need to create a special strategy to market Axolotl fish. The marketing strategy that is commonly used is the 4P marketing mix strategy (Product, Price, Place, Promotion). This strategy is quite effective in attracting consumer buying interest and it is not impossible that consumers decide to purchase Axolotl fish at Axotic Farm, Batu. This strategy is important for Axotic Farm, Batu in order to assist in developing, planning, and implementing a more effective marketing strategy that can increase buying interest and lead to decisions in purchasing Axolotl fish products from Axotic Farm, Batu. This study aims to determine the effect of product, price, place, promotion on purchasing decisions, the effect of product, price, place, promotion on buying interest, the role of interest in purchasing decisions. This research was conducted during January - May 2023 at Axotic Farm, Batu using a quantitative descriptive approach. The sample used in this study amounted to 153 people who had purchased Axolotl fish products at Axotic Farm, Batu from 2019 to the present with criteria of at least 17 years old and are followers of Axotic Farm's social media, Batu. The data analysis used is using the WarpPLS SEM Method and descriptive analysis. The results of this study indicate that product, price, place and promotion are not yet able to attract consumers to decide to buy Axolotl fish at Axotic Farm directly. While products, prices, and promotions are able to attract consumer buying interest directly. However, place has not been able to attract consumer buying interest in Axotic Farm, Batu. In addition, the mediating role of buying interest is also needed by products, prices and promotions for the Axolotl fish purchase decision at Axotic Farm, Batu. However, the place variable has not been able to increase purchasing decisions through the role of buying interest as mediation. Purchase interest can impact consumer purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080151 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:15 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202856 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Meydo Omar Zyahrizal Prabowo.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |