Kualitas Pelayanan Administrasi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Blitar

Reforadila, Yuni Femilu and Drs. Achmad Bambang Barrul Fuad, M.Si (2022) Kualitas Pelayanan Administrasi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas pelayanan bagian SKCK di Polres Blitar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pada kualitas pelayanan bagian SKCK di Polres Blitar. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan yang mengutip pada teori Tjiptono yang mengemukakan bahwa kualitas pelayanan ialah acuan penilaian konsumen terhadap seluruh aspek yang ada dari pelayanan yang diberikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif yang merupakan suatu usaha pemecahan masalah dengan cara membandingkan gejala-gejala yang ditemukan, mengadakan klasifikasi gejala-gejala dan menetapkan pengaruh antar gejala-gejala yang ditemukan, serta memperdalam pengetahuan mengenai gejala tertentu, dengan maksud untuk merumuskan masalah-masalah secara terperinci. Metode yang digunakan untuk menganalisis data tersebut adalah metode kualitatif atau naturalistik karena dilakukan pada kondisi yang alamiah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada subjek/informan penelitian, serta data sekunder yang dapat berupa jurnal, petunjuk teknis/petunjuk pelaksanaan, laporan kegiatan, artikel media massa, arsip, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Analisis Kualitas Pelayanan Bagian Pembuatan SKCK di Polres Blitar. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan, kualitas pelayanan bagian pembuatan SKCK di Polres Blitar telah menunjukkan kualitas yang baik. Dalam beberapa aspek perlu dibenahi kembali sehingga pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat mampu tercapai dan disediakan oleh Polres Kabupaten Blitar dan pelayanan tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the service quality of the SKCK section at the Blitar Police and to determine the supporting and inhibiting factors in the service quality of the SKCK section at the Blitar Police. This study uses the theory of service quality which cites Tjiptono's theory which suggests that service quality is a reference for consumer assessment of all existing aspects of the services provided. The type of research used in this study is descriptive and exploratory research which is an effort to solve problems by comparing the symptoms found, classifying symptoms, and determining the influence between the symptoms found, as well as deepening knowledge about certain symptoms, by intent to formulate problems in detail. The method used to analyze the data is qualitative or naturalistic because it is carried out in natural conditions. The data used in this study are primary data obtained through interviews with research subjects/informants, as well as secondary data in the form of journals, technical instructions/implementation instructions, activity reports, mass media articles, archives, and so on related to Quality Analysis. Service for the SKCK Making Section at the Blitar Police Station. The results of the analysis of this study indicate that overall, the quality of service for the SKCK-making department at the Blitar Police Station has shown good quality. In some aspects, it needs to be reworked so that the services expected by the community can be achieved and provided by the Blitar District Police and these services can be felt by the community.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030290
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan Publik, SKCK
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:07
Last Modified: 08 Sep 2023 01:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202846
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Yuni Femilu Reforadila.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item