Fiodida, Febriyanti Selsa and Dr. Zainal Abidin, S.Pi, MBA, MP (2023) Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Hasil Tangkapan Nelayan Jaring Tarik Berkantong di Pusat Pemasaran dan Distribusi Ikan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPDI PPN) Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong memiliki potensi perikanan yang tinggi dengan jumlah produksi 5 tahun terakhir mencapai total 576.221 ton dengan nilai produksi sebesar 4.992,31 milyar rupiah. Potensi hasil perikanan tersebut agar nelayan tidak dirugikan tentu harus diimbangi dengan sistem pemasaran yang efisien, mengingat pemasaran hasil perikanan rentan tidak efisien karena beberapa permasalahan salah satunya terkait karakteristiknya. Namun pada tahun 2015 pemasaran hasil perikanan di PPN Brondong dilakukan dengan tidak efisien karena fasilitas pemasaran yang kurang memadahi sehingga menyebabkan biaya pemasaran yang tinggi. Sehubungan dengan itu pada Juli 2019 PPN Brondong melakukan relokasi yang mencakup peningkatan fasilitas-fasilitas pelabuhan dan pemasaran hasil perikanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis efisiensi pemasaran hasil perikanan di PPDI PPN Brondong setelah adanya relokasi yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong yang bertempatkan di pesisir utara Kabupaten Lamongan Jawa Timur pada Desember 2022 sampai Januari 2023. Penentuan populasi responden pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel diambil 10-20% dari populasi. Penelitian ini dianalisis menggunakan 4 jenis perhitungan yaitu 1) marjin pemasaran dimana apabila nilai marjin <33% maka pemasaran yang dilakukan efisien. 2) Rasio keuntungan dan biaya pemasaran dimana apabila persentase keuntungan lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan maka menunjukkan pemasaran yang efisien. 3) Persentase producer’s share dimana apabila tingkat producer’s share >50% maka menunjukkan pemasaran yang efisien. 4) Perhitungan tingkat EP (Efisiensi Pemasaran) menggunakan standar 33% dimana apabila tingkat EP <33% maka menunjukkan pemasaran yang efisien. Hasil sampling ditemukan bahwa terdapat 4 lembaga pemasaran di PPDI PPN Brondong yaitu nelayan, pengepul, pedagang ecer, dan supplier. Penelitian ini juga hanya mengambil 5 jenis komoditas dominan yang dipasarkan di PPDI PPN Brondong yaitu ikan Swangi, Kuniran, Kurisi, Kakap Merah, dan Kerapu. Hasil dari teknik accidental sampling yang dilakukan pada penelitian ini didapatkan lembaga nelayan yang dijadikan responden pada penelitian ini adalah nelayan dengan kapal 29 GT. Hasil wawancara dan analisis data didapatkan bahwa terdapat 3 saluran pemasaran ikan di PPDI PPN Brondong yang masing-masing salurannya terdiri dari 3 sampai 4 lembaga, dengan jumlah lembaga pemasaran tersebut maka saluran pemasaran ikan di PPDI PPN Brondong yang tergolong pendek. Hasil analisis marjin pemasaran didapatkan tingkat marjin pemasaran yang dilakukan di PPDI PPN Brondong pada saluran I sebesar 10,50% - 13,59%, pada saluran II sebesar 0,53% - 1,78%, dan pada saluran III sebesar 4,72% - 14,58%. Nilai marjin pemasaran semua saluran menunjukkan angka <33% yang dapat dikatakan pemasaran ikan di PPDI PPN Brondong ini melalui perhitungan marjin adalah pemasaran yang efisien. Hasil analisis rasio keuntungan dan biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing lembaga pemasaran didapatkan bahwa persentase keuntungan lebih besar dari biaya, hal ini menunjukkan pemasaran yang efisien. Perhitungan producer’s share didapatkan bagian yang diterima nelayan dari harga yang dibayarkan konsumen akhir mencapar 86% – 99% dimana angka tersebut menunjukkan pemasaran di PPDI PPN Brondong sudah efisien. Hasil analisis EP (efisiensi pemasaran) di 5,23%, - 20,45% yang menunjukkan angka <33% dimana hasil tersebut menunjukkan pemasaran yang efisien. Dengan beberapa analisis tersebut, didapatkan hasil bahwa pemasaran hasil perikanan yang dilakukan di PPDI PPN Brondong berjalan secara efisien.
English Abstract
The Brondong Archipelago Fishing Port has high fishery potential with a total production of 576,221 tons in the last 5 years with a production value of 4,992.31 billion rupiah. The potential for fishery products so that fishermen are not harmed must be balanced with an efficient marketing system, considering that the marketing of fishery products is vulnerable to inefficiency due to several problems, one of which is related to their characteristics. However, in 2015 the marketing of fishery products at PPN Brondong was carried out inefficiently due to inadequate marketing facilities, which led to high marketing costs. In connection with this, in July 2019 PPN Brondong carried out a relocation which included improving port facilities and marketing fishery products. The purpose of this study was to find out and analyze the marketing efficiency of fishery products at PPDI PPN Brondong after the relocation was carried out. This research was conducted at the Nusantara Brondong Fishing Port which is located on the north coast of Lamongan Regency, East Java from December 2022 to January 2023. Determining the population of respondents in this study used a purposive sampling technique and determining the sample using the accidental sampling technique with a total sample taken of 10-20% of the population. population. This study was analyzed using 4 types of calculations, namely 1) marketing margin where if the margin value is <33% then marketing is carried out efficiently. 2) Profit ratio and marketing costs where if the profit percentage is greater than the costs incurred, it indicates efficient marketing. 3) The percentage of producer's share where if the level of producer's share is > 50% then it shows efficient marketing. 4) The calculation of the EP level (Marketing Efficiency) uses a standard of 33% where if the EP level is <33% then it indicates efficient marketing. The results of the sampling found that there were 4 marketing institutions in PPDI PPN Brondong, namely fishermen, collectors, retailers and suppliers. This research also only took 5 dominant types of commodities marketed at PPDI PPN Brondong, namely Swangi, Kuniran, Kurisi, Red Snapper, and Grouper fish. The results of the accidental sampling technique carried out in this study found that fishing institutions that were used as respondents in this study were fishermen with 29 GT boats. The results of interviews and data analysis found that there were 3 fish marketing channels in PPDI PPN Brondong, each channel consisting of 3 to 4 institutions, with the number of marketing agencies, the fish marketing channel in PPDI PPN Brondong was relatively short. The results of the marketing margin analysis showed that the marketing margin level carried out at PPDI PPN Brondong on channel I was 10.50% - 13.59%, on channel II was 0.53% - 1.78%, and on channel III was 4.72 % - 14.58%. The marketing margin value of all channels shows <33% which can be said to be marketing fish in the Brondong PPDI PPN through margin calculations is efficient marketing. The results of the analysis of the profit and cost ratios incurred by each marketing agency show that the profit percentage is greater than the cost, this indicates efficient marketing. Producer's share calculations show that the share received by fishermen from the price paid by final consumers reaches 86% - 99%, which shows that marketing at PPDI PPN Brondong is efficient. EP analysis results (marketing efficiency) at 5.23%, - 20.45% which shows <33% where these results indicate efficient marketing. With some of these analyzes, it was found that the marketing of fishery products carried out at PPDI PPN Brondong runs efficiently
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080110 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 01:47 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 01:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202735 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Febriyanti Selsa Fiodida.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |