Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan di Kawasan Wisata Bahari Pantai Tamban Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur

Siregar, Enisa Aprila and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahab,, MP (2023) Analisis Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualitas Pelayanan di Kawasan Wisata Bahari Pantai Tamban Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberagaman potensi sumber daya alam yang tinggi di wilayah pesisir sangat berperan penting dalam pengembangan kualitas sosial, ekonomi, budaya, lingkungan, dan penyangga kedaulatan bangsa yang dapat menjadi modal dalam pembangunan. Salah satunya pariwisata, yang dianggap sebagai salah satu industri yang sangat penting yang mendatangkan keuntungan bagi perekonomian di banyak negara, banyak negara terus berusaha untuk mempromosikan dan meningkatkan industri pariwisata di Indonesia untuk terus berkembang. Wisata bahari menjadi salah satu objek di industri pariwisata yang akan memberikan dampak yang baik jika dikelola dengan benar. Dengan itu potensi yang dimiliki Jawa Timur yaitu objek wisata baharinya namun masih membutuhkan perhatian lebih untuk pengembangan sumber daya pesisir adalah wisata bahari Pantai Tamban yang ada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Potensi wisata yang ada di Pantai Tamban, 2). Karakteristik pengunjung yang ada di Pantai Tamban, 3). Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan di Pantai Tamban, dan 4). Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung terhadap tingkat kepentingan dan tingkat kinerja untuk mengetahui strategi peningkatan kinerja dalam peningkatan kepuasan pengunjung Pantai Tamban. Penelitian ini merupakan penelitian survei (survey research) dan penelitian lapang yang menggunakan analisis deskriptif kuatitatif, analisis Customer Satisfaction Index untuk mengetahui persentase kepuasan pengunjung wisata dan bahari Pantai Tamban terhadap kualitas pelayanan yang diberikanan dan analisis Importance Performance Analysis untuk dapat mengetahui atribut mana saja perlu diperbaiki dalam meningkatkan kinerja guna meningkatkan kepuasan pengunjung wisata bahari Pantai Tamban. Dengan subjek penelitian Pengunjung wisata bahari Pantai Tamban dengan menyebarkan kuesioner berbentuk google form menggunakan metode nonprobability sampling dan insidental sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 40 orang pengunjung yang sedang atau telah mengunjungi wisata bahari Pantai Tamban dengan minimal usia 17 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai Customer Satisfaction Index sebesar 79%, sehingga dapat disimpulkan bahwa wisatawan yang berkunjung di Wisata Bahari Pantai Tamban merasa puas terhadap pelayanan yang diberikanan pengelola Wisata Bahari Pantai Tamban. Kemudian hasil analisis menggunakan metode Importance Performance Analysis didapatkan 1). Atribut yang menjadi prioritas utama peningkatan pelayanan yaitu kebersihan tempat wisata, kondisi fasilitas umum, ketepatan kru dalam memberikan solusi terhadap keluhan pengunjung, kecepatan kru dalam menangani keluhan wisatawan, aman dalam perjalanan menuju objek wisata, perhatian kru selama berwisataa, 2). Atribut yang harus dipertahankan dalam pelayanan yaitu keindahan pemandangan, kemudahan prosedur pelayanan, ketepatan dan kecepatan pemesanan tiket masuk, pemberian informasi yang sesuai dengan kenyataan, pemberlakukan yang sama terhadap semua pengunjung, kemudahan berkomunikasi antara kru dengan wisatawan, menghargai setiap permintaan, privasi, dan kebiasaan wisatawan, 3). Atribut yang memiliki prioritas rendah dalam peningkatan pelayanan yaitu kerapian dan kesopanan pakaian kru, pelayanan tepat dan cepat, pemberian pengarahan wisata secara padat dan jelas, kemampuan kompeten kru dalam melayani wisatawan. 4). Atribut yang dilakukan secara berlebihan yaitu kru memberitahu informasi jelas dan mudah dimengerti, Kerapian dan kesopanan pakaian kru, pemberian pengalaman dan wawasan baru, pemberian pelayanan yang sungguh-sungguh kepada wisatawan. Selain itu saran yang dapat dilakukan peneliti selanjutnya dalam penelitian kepuasan pengunjung dengan menggunakan model variabel lain dalam menganalisis kepuasan pengunjung sehingga mendapatkan hasil atau bahan yang lebih luas untuk pengembangan wisata bahari Pantai Tamban. Berdasarkan hal tersebut telah diketahui atribut-atribut yang digunakan dalam strategi peningkatan kinerja sehingga kepuasan pengunjung di wisata bahari Pantai Tamban dapat tercapai dengan maksimal. Hasil yang ada didalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai saran kepada pengelola untuk pengembangan pengelolaan wisata bahari Pantai Tamban Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

English Abstract

The high diversity of natural resource potentials in coastal areas plays an important role in the development of social, economic, cultural, environmental qualities and supports national sovereignty which can become capital in development. One of them is tourism, which is considered a very important industry that brings benefits to the economy in many countries. Many countries continue to strive to promote and improve the tourism industry in Indonesia to continue to develop. Marine tourism is one of the objects in the tourism industry that will have a good impact if managed properly. With that the potential that East Java has, namely its marine tourism object but still requires more attention for the development of coastal resources, namely Tamban Beach marine tourism in Sumbermanjing Wetan District. Therefore the purpose of this research is to find out 1). Tourism potential in Tamban Beach, 2). Characteristics of visitors at Tamban Beach, 3). Analyzing the level of visitor satisfaction with the quality of service at Tamban Beach, and 4). Analyzing the level of visitor satisfaction on the level of interest and level of performance to determine performance improvement strategies in increasing visitor satisfaction at Tamban Beach. This research is a survey research and field research using qualitative descriptive analysis, Customer Satisfaction Index analysis to determine the percentage of Tamban Beach tourist and marine visitor satisfaction on the quality of services provided and Importance Performance Analysis to be able to find out which attributes need to be improved in improving performance in order to increase the satisfaction of Tamban Beach marine tourism visitors. With the research subject Tamban Beach marine tourism visitors by distributing questionnaires in the form of a google form using nonprobability sampling and incidental sampling methods. The sample used in this study was 40 visitors who were or had visited Tamban Beach marine tourism with a minimum age of 17 years. The results showed that the percentage value of the Customer Satisfaction Index was 79%, so it can be concluded that tourists visiting the Tamban Beach Marine Tourism are satisfied with the services provided by the manager of the Tamban Beach Marine Tourism. Then the results of the analysis using the Importance Performance Analysis method are obtained 1). The attributes that are the top priority for service improvement are the cleanliness of tourist attractions, the condition of public facilities, the accuracy of the crew in providing solutions to visitor complaints, the speed of the crew in handling tourist complaints, safety on the way to tourist attractions, the attention of the crew during the tour, 2). Attributes that must be maintained in service are scenic beauty, ease of service procedures, accuracy and speed of ordering entrance tickets, provision of information that is in accordance with reality, equal treatment of all visitors, ease of communication between crew and tourists, respect for every request, privacy, and customs tourists, 3). Attributes that have a low priority in improving service are the neatness and decency of the crew's clothing, precise and fast service, giving clear and concise tour directions, the competent ability of the crew in serving tourists. 4). Attributes that are overdone are the crew providing clear and easy-to-understand information, the neatness and decency of the crew's clothing, providing new experiences and insights, providing genuine service to tourists. Apart from that, suggestions can be made by further researchers in visitor satisfaction research by using other variable models in analyzing visitor satisfaction so as to obtain broader results or materials for the development of Tamban Beach marine tourism. Based on this, it has been known that the attributes used in the performance improvement strategy so that visitor satisfaction at Tamban Beach marine tourism can be achieved optimally. The results in this study can be used as suggestions to managers for the development of marine tourism management at Tamban Tambakrejo Beach, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080102
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 Aug 2023 03:09
Last Modified: 31 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202724
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Enisa Aprila Siregar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item