Maulida, Sausan Rizkiyah and Dr. Sujarwoto, S.IP, M.Si, MPA and Dr. Lely Indah Mindarti, M.Si (2023) Efektivitas Program “Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK)” dalam Rangka Manajemen Data Kepegawaian (Studi Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) merupakan pelayanan kepegawaian berbasis teknologi informasi yang terkoneksi secara online dan terintegrasi digunakan oleh instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian secara akurat dan transparan. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Kota malang merupakan salah satu yang menerapkan sistem ini untuk dapat mempermudah proses pelayanan kepegawaian mengenai proses pengadaan, kenaikan pangkat, mutasi dan pensiun pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis efektivitas program Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dalam rangka manajemen data kepegawaian di Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumberdaya (BKPSDM) Kota Malang dan mengidentifikasi dan menganalisis faktor penghambat dan pendukung efektivitas program SAPK dalam rangka manajemen data kepegawaian di Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumberdaya (BKPSDM) Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif sehingga peneliti dapat menjadi instrumen utama dalam pengumpulan data yang dilakukan melalui pengamatan (observasi), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan efektivitas program SAPK dalam rangka manajemen data kepegawaian di BKPSDM Kota Malang dengan fokus penelitian menggunakan indikator efektivitas program yakni ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Sebagaimana dalam mengimplementasikan program tersebut terdapat faktor penghambat dan pendukung. Faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan program adalah partisipasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang, data yang masih belum terintegrasi dan kurangnya aksebilitas jaringan dan server, faktor pendukung jalannya pelaksanaan SAPK yaitu dari tersedianya sarana dan prasana, adanya sosialisasi dan pelatihan program. Dengan demikian, program SAPK dilaksanakan oleh BKPSDM Kota Malang untuk dapat membantu manajemen data kepegawaian serta meningkatkan efektivitas dalam bentuk pelayanan kepegawaian. Namun dalam pelaksanaan SAPK tidak lepas dari hambatan yang terjadi. Maka dari itu, diperlukannya partisipasi pegawai untuk mendukung sistem ini agar dapat berjalan dengan lancar.
English Abstract
Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) is an information technology-based staffing service that is connected online and integrated and used by central and local government agencies to improve staffing services accurately and transparently. The Personnel and Human Resources Development Agency (BKPSDM) Malang City is one of those that implement this system to facilitate the process of staffing services regarding the process of procurement, promotion, transfer, and retirement of employees. This study aims to explain and analyze the effectiveness of the "Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK)" program in the context of staffing data management at the Personnel Development and Resources Agency inMalang City and identify and analyze the inhibiting and supporting factors for the effectiveness of the SAPK in the context of personnel data management at the Development and Resources Personnel Agency in Malang City. This research uses descriptive research with a qualitative approach so that researchers can become the main instrument in data collection which is carried out through interviews with interview guidelines, observations (observations), and documentation. The results showed the effectiveness of the SAPK program in terms of staffing data management at Development and Resources Personnel Agency in Malang City by fulfilling program effectiveness indicators namely program targeting accuracy, program outreach, program objectives, and program monitoring. As in implementing the program there are inhibiting and supporting factors. The inhibiting factors affecting the implementation of the program are the lack of participation of Human Resources (HR), data that is still not integrated, and the lack of network and server accessibility, supporting factors for the implementation of SAPK, namely the availability of facilities and infrastructure, the existence of program socialization and training. Thus, the SAPK program can assist staffing data management, as well as increase effectiveness in the form of staffing services. Therefore, the SAPK program was implemented by BKPSDM Malang City to be able to assist staffing data management and increase effectiveness in the form of staffing services. However, the implementation of SAPK cannot be separated from the obstacles that occur. Then, employee participation is needed to support this system so that it can be fluent.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030112 |
Uncontrolled Keywords: | Data Management,Personnel,Program Effectiveness,SAPK |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 02:22 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 02:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202678 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sausan Rizkiyah Maulida.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |