Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Pada RM. Ikan Asap Bu Ju di Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo

Fauzi, Ahmad and Prof. Dr. Ir. Pudji Purwanti,, MP (2023) Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Pada RM. Ikan Asap Bu Ju di Desa Tamansari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peluang pengembangan usaha pengolahan perikanan di Kabupaten Probolinggo sangat terbuka luas. Salah satu jenis usaha olahan ikan laut yang ada di Kabupaten Probolinggo yaitu ikan asap. Rumah makan (RM) Bu Ju merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang pengolahan ikan asap. Usaha pengolahan ikan pada Rumah Makan Ikan Asap Bu Ju masih menghadapi berbagai permasalahan dalam pengembangannya. Permasalahan-permasalahan tersebut berasal dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan. Untuk itu pada usaha Rumah Makan Ikan Asap Bu Ju perlu dilakukan penelitian mengenai strategi pengembangan usaha pengolahan ikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mengidentifikasi kondisi faktual faktor internal dan faktor eksternal, Mendeskripsikan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), Menentukan dan mendeskripsikan strategi pengembangan usaha pada usaha pengolahan ikan asap di RM Bu Ju di Desa Tamansari, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif yang terdiri dari kualitatif meliputi (analisis beberapa aspek pada faktor internal dan aspek pada faktor eksternal) dan kuantitatif meliputi (analisis aspek finansial, dan analisis SWOT). Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Faktor internal meliputi aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, aspek hukum, dan aspek finansial. Aspek teknis pada usaha Rumah Makan Ikan Asap Bu Ju terdiri dari sarana dan prasarana yang digunakan dalam menunjang proses produksi. Proses produksinya sendiri yaitu terdiri dari beberapa langkah mulai dari perlakuan pendahuluan, penirisan, penataan, pengasapan, dan terakhir adalah penyajian atau pengemasan. Aspek manajemen pada usaha ini meliputi fungsi perencanaan, pengorganisasain, pergerakan, dan pengawasan. Perencanaan, Ibu Juhayriah melakukan perencanaan pada operasional usahanya dengan mempersiapkan permodalan, legalitas usaha, sarana dan prasarana penunjang proses produksi, ketersediaan bahan baku dan pemasarannya. Pengorganisasian, organisasi yang ada pada usaha ini masih belum terstruktur. Pergerakan, fungsi ini dijalankan dengan melakukan koordinasi bersama semua tenaga kerja pada setiap harinya. Pengawasan, fungsi ini dijalankan dengan melakukan pengawasan pada saat pembelian bahan baku sampai dengan penjualan kepada pelanggan atau konsumen. Aspek pemasaran pada usaha ini meliputi bauran pemasaran, saluran pemasaran, dan strategi pemasaran. Bauran pemasaran meliputi 4P (product, price, place, dan promotion). Product, terdapat beberapa jenis olahan ikan asap yang dijual seperti (ikan salem, kakap, dorang, kerapu, dan cakalang). Price, harga olahan ikan asap bervariasi mulai dari (28.000 - 50.000) tergantung dari jenis dan ukurannya. Place, usaha ini berlokasi di Jl. Raya Panglima Sudirman, Desa Tamansari, Kec. Dringu, Kab. Probolinggo. Promotion, kegiatan promosi yang dilakukan adalah secara langsung dan melalui media online. Saluran pemasaran yaitu secara langsung dari produsen menuju konsumen. Strategi pemasaran, meliputi segmenting, targeting, dan positioning. Segmenting, segmentasi pasar berupa pengelompokan konsumen berdasarkan demografis dan perilaku. Targeting, target pasar yaitu meliputi masyarakat lokal, serta para pelancong yang melewati lokasi usaha ini. Positioning, usaha ini dalam mendapatkan posisi pasar (prioritas konsumen) yaitu menjual olahan ikan asap yang berkualitas tinggi dan memberikan pelayanan yang maksimal. Aspek hukum pada usaha ini sudah dilengkapi dengan surat-surat perizinan seperti surat izin lokasi dan surat izin usaha mikro. Aspek finansial pada usaha ini terdiri dari analisis finansial jangka pendek dan analisis finansial jangka panjang. Analisis finansial jangka pendek terdiri dari permodalan, pembiayaan, penerimaan, keuntungan, R/C ratio, rentabilitas, dan BEP. Analisis finansial jangka panjang sendiri terdiri dari nilai NPV, nilai Net B/C, nilai IRR, nilai PP, dan analisis sensitivitas. Hasil analisis finansial pada usaha ini menunjukkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan atau dikembangkan. Faktor eksternal yang ada pada usaha ini meliputi keadaan politik dan perekonomian, usaha ini sangat bergantung pada kestabilitasan politik dan kebijakan ekonomi yang mendukung. Lingkungan sosial masyarakat, usaha ini dapat memberikan dampak positif dan negatif terhadap kondisi lingkungan sosial masyarakat. Teknologi, alat yang digunakan dalam proses pengolahan masih tergolong sederhana. Pesaing, Saat ini pelaku usaha yang bergerak dibidang yang sama telah mencapai sekitar dua puluh lebih pesaing. Pemasok, usaha ini belum memiliki pemasok yang tetap. Pemasok bahan baku berupa ikan-ikan segar berasal dari beberapa pengepul besar dan para nelayan setempat. Hasil dari metode analisis SWOT yaitu berupa rumusan strategi pengembangan. Pertama pada analisis matriks IE, diketahui posisi usaha ini berada dalam sel I (strategi intensif) dengan nilai IFE dan EFE adalah 3,24:3,17. Kedua pada analisis diagram SWOT, diketahui posisi usaha ini berada pada kuadran 1 (S-O) yang mendukung pada perkembangan strategi agresif, dengan titik koordinat nilai x dan y adalah 1,12;0,79. Saran yang dapat diberikan yaitu untuk mahasiswa, diharapkan mampu memberikan kontribusi dengan cara menerapkan dan membagikan ilmu yang sudah diterima saat perkuliahan. Untuk lembaga pemerintah, mampu memberikan pelatihan bagi para pelaku usaha dan bisa menjadi jembatan bagi usaha ini untuk menjalin relasi dengan berbagai pihak yang terkait. Untuk pelaku usaha, Terdapat beberapa strategi alternatif pengembangan usaha ini yaitu penetrasi pasar, pegembangan pasar dan pengembangan produk. Bukan hanya itu untuk mengembangkan usahanya juga ada upaya-upaya yang perlu dilakukan. Upaya-upaya tersebut adalah menyusun perencanaan yang matang dengan melakukan pembukaan cabang baru, mempertahankan citra yang sudah bagus di benak konsumen, memanfaatkan kemajuan teknologi, memaksimalkan lokasi usaha yang strategis, dan memanfaatkan kelengkapan legalitas usaha. Hal lain yang juga harus diperhatikan oleh usaha ini yaitu pada faktor kelemahan diantaranya adalah sertifikasi dari DINKES dan halal, serta cara pengemasannya.

English Abstract

Opportunities for fisheries processing business development in Probolinggo Regency are very wide open. One type of marine fish processing business in Probolinggo Regency is smoked fish. Bu Ju restaurant (RM) is one of the businesses engaged in processing smoked fish. The fish processing business at Bu Ju Smoked Fish Restaurant still faces various problems in its development. These problems come from the internal environment and external environment of the company. For this reason, in the Bu Ju Smoked Fish Restaurant business, research needs to be carried out on fish processing business development strategies. The purpose of this study is to analyze and identify the factual conditions of internal factors and external factors, describe SWOT analysis methods (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), determine and describe business development strategies in the smoked fish processing business at RM Bu Ju in Tamansari Village, Dringu District, Probolinggo Regency. The research analysis method used is descriptive analysis which consists of qualitative covering (analysis of several aspects of internal factors and aspects of external factors) and quantitative including (analysis of financial aspects, and SWOT analysis). The data sources used are primary data and secondary data. The data collection method is carried out by interviews, observation, and documentation. Internal factors include technical aspects, management aspects, marketing aspects, legal aspects, and financial aspects. The technical aspects of the Bu Ju Smoked Fish Restaurant business consist of facilities and infrastructure used to support the production process. The production process itself consists of several steps ranging from preliminary treatment, slicing, structuring, smoking, and finally serving or packaging. Management aspects of this business include the functions of planning, organizing, moving, and supervising. Planning, Mrs. Juhayriah plans her business operations by preparing capital, business legality, facilities and infrastructure supporting the production process, availability of raw materials and marketing. Organizing, the organization that exists in this business is still not structured. Movement, this function is carried out by coordinating with all workers every day. Supervision, this function is carried out by supervising the purchase of raw materials to sales to customers or consumers. Marketing aspects of this business include marketing mix, marketing channels, and marketing strategies. The marketing mix includes the 4P (product, price, place, and promotion). Product, there are several types of processed smoked fish sold such as (salem, snapper, dorang, grouper, and skipjack). Price, the price of processed smoked fish varies from (28,000 - 50,000) depending on the type and size. Place, this business is located on Jl. Raya Panglima Sudirman, Tamansari Village, Dringu District, Probolinggo Regency. Promotion, promotional activities carried out directly and through online media. Marketing channels are directly from producers to consumers. Marketing strategy, including segmenting, targeting,and positioning. Segmenting, market segmentation in the form of grouping consumers based on demographics and behavior. Targeting, the target market includes local communities, as well as travelers who pass through this business location. Positioning, this business in getting a market position (consumer priority) is selling high-quality smoked processed fish and providing maximum service. The legal aspect of this business is equipped with licensing letters such as location permits and micro business licenses. The financial aspect of this business consists of short-term financial analysis and long-term financial analysis. Short-term financial analysis consists of capital, financing, revenue, profit, R/C ratio, profitability, and BEP. Long-term financial analysis itself consists of NPV value, Net B/C value, IRR value, PP value, and sensitivity analysis. The results of financial analysis on this business show that this business is feasible to run or develop. External factors that exist in this business include political and economic conditions, this business is very dependent on political stability and supportive economic policies. The social environment of the community, this business can have a positive and negative impact on the condition of the social environment of the community. Technology, tools used in the processing process are still relatively simple. Competitors, currently business actors engaged in the same field have reached around twenty more competitors. Suppliers, this business does not yet have a fixed supplier. Suppliers of raw materials in the form of fresh fish come from several large collectors and local fishermen. The result of the SWOT analysis method is in the form of a development strategy formulation. First in the IE matrix analysis, it is known that the position of this business is in cell I (intensive strategy) with IFE and EFE values of 3.24: 3.17. Secondly, in the SWOT diagram analysis, it is known that the position of this business is in quadrant 1 (S-O) which supports the development of aggressive strategies, with the coordinates of x and y values are 1.12; 0.79. Advice that can be given is for students, expected to be able to contribute by applying and sharing the knowledge that has been received during lectures. For government institutions, it is able to provide training for business actors and can be a bridge for this business to establish relationships with various related parties. For business actors, there are several alternative strategies for this business development, namely market penetration, market development and product development. Not only that, to develop the business, there are also efforts that need to be made. These efforts are to arrange careful planning by opening new branches, maintaining a good image in the minds of consumers, utilizing technological advances, maximizing strategic business locations, and utilizing the completeness of business legality. Another thing that must also be considered by this business is the weakness factor including certification from DINKES and halal, as well as how to package it.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080058
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:34
Last Modified: 28 Aug 2023 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202642
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Fauzi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item