Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta Pasca Revitalisasi Tahun 2022)

Maghfira, Sabrina Rahmadhanty and Supriono, S.Sos., M.AB (2023) Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei pada Wisatawan Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta Pasca Revitalisasi Tahun 2022). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah peninggalan sejarah merupakan salah satu potensi pariwisata yang dapat dikembangkan sebagai salah satu sumber pemasukan daerah. Salah satu peninggalan sejarah yang sedang digencarkan untuk menjadi pariwisata unggulan di DKI Jakarta adalah Kawasan Wisata Kota Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta melakukan upaya untuk meningkatkan kembali aktivitas kawasan dengan melakukan revitalisasi. Untuk meningkatkan daya tarik pada Kawasan Wisata Kota Jakarta, dilakukan juga pembenahan dan pengoptimalan Atribut Produk Wisata agar Kawasan Wisata Kota Tua dapat berjalan dengan konsep pariwisata berkelanjutan serta untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan pasca dilakukannya revitalisasi, strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah melalui Social Media Marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Atribut Produk Wisata dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Berkunjung di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta Pasca Revitalisasi Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Populasi dan jumlah sampel yang digunakan adalah wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta Pasca Revitalisasi Tahun 2022 sebanyak 97 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Atribut Produk Wisata secara parsial memiliki pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung, Social Media Marketing secara parsial memiliki pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung, dan Atribut Produk Wisata dan Social Media Marketing secara simultan memiliki pengaruh terhadap Keputusan Berkunjung.

English Abstract

A historical heritage is a tourism potential that can be developed as a source of regional income. One of the historical heritages that priority to become a leading tourism destination in DKI Jakarta is the Kawasan Kota Tua Jakarta. The DKI Jakarta government is making efforts to increase regional activity again by carrying out revitalization. To increase the attractiveness of the Kawasan Kota Tua Jakarta, improvements and optimization of Tourism Product Attributes are also carried out so that Kawasan Kota Tua Jakarta can run with the concept of sustainable tourism and to increase the number of tourist visits after the revitalization is carried out, the marketing strategy that can be carried out is through Social Media Marketing. The research aims to know and explain The Effect of Tourism Product Attributes and Social Media Marketing on Visiting Decision in Kawasan Kota Tua Jakarta After Revitalization in 2022. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. This study uses a non-probability sampling approach with a purposive sampling technique. The population and number of samples used were tourists visiting the Kota Tua Jakarta Tourism Area after the 2022 Revitalization with a total of 97 respondents. The results of this study indicate that the Attributes of Tourism Products partially influence Visit Decisions, Social Media Marketing partially influences Visit Decisions, and Tourism Product Attributes and Social Media Marketing simultaneously influence Visit Decisions. The results of this study indicate that the Attributes of Tourism Products partially influence Visit Decisions, Social Media Marketing partially influences Visit Decisions, and Tourism Product Attributes and Social Media Marketing simultaneously influence Visit Decisions.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030108
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk Wisata, Social Media Marketing, Keputusan Berkunjung.
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:08
Last Modified: 23 Aug 2023 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202614
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sabrina Rahmadhanty Maghfira.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item