Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pendidikan Di Perguruan Tinggi (Survei pada Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya).

Herlangga, Roby Two and Dr. Alfi Haris Wanto., S.AP., M.AP., MMG and Ali Maskur, S.AP., M.AP., MA (2023) Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Pendidikan Di Perguruan Tinggi (Survei pada Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis mengenai besarnya tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penyelenggaraan pelayanan pendidikan di Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini ada lima, Bukti Langsung (Tangible), Daya Tanggap (Responsivenes), Keandalan (Realibility), Empati (Emphaty), Jaminan (Assurance). Pegumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online (e-kuesioner) pada Mahasiswa Sarjana Departemen Ilmu Administrasi Publik Angkatan 2017-2019 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar, mahasiswa merasa pelayanan pendidikan yang paling baik berada pada indikator Assurance, kemudian dilanjutkan dengan Reliability, Responsiveness, Emphaty dan kemudian Tangibles. Kelima indikator yang berisi Bukti Langsung (Tangible), Daya Tanggap (Responsivenes), Keandalan (Realibility), Empati (Emphaty), Jaminan (Assurance) sudah dilakukan dengan baik.

English Abstract

This research aims to explain know, describe and analyze the level of student satisfaction with educational services to education services organizer on Public Administration Departement Faculty of Administrative Science Brawijaya University. This research use descriptive research with quantitative approach. There are five indicators that are used in this research : Tangible, Responsivenes, Realibility, Emphaty, Assurance. The collection of data obtained through an online questionnaire wich distribute on ungraduate student of Public Administration Departement batch 2017-2019 Faculty of Administrative Science Brawijaya University. The sample in this research was 100 respondents. The results in this research showed that outline, students feel the best educational services is at Assurance indicator, then followed by Reliability, Responsiveness, Emphaty and Tangibles. The five indicators that contain Tangible, Responsivenes, Realibility, Emphaty, Assurance well done.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030117
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Pelayanan Pendidikan,-Level of Satisfaction, Educational Service
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:46
Last Modified: 06 Sep 2023 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202608
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Roby Two Herlangga.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item