Employee Readiness For Knowledge Management Implementation In The Audit Board Of The Republic Of Indonesia

Risfayanti, - and Dr. M.R. Khairul Muluk, S.Sos., M.Si. and Fadillah Putra., S.Sos.,M.Si.,MPAff.,Ph.D. (2021) Employee Readiness For Knowledge Management Implementation In The Audit Board Of The Republic Of Indonesia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengetahuan adalah sumber daya yang berharga, sumber keunggulan kompetitif, tetapi juga merupakan aset yang dibutuhkan setiap organisasi untuk dikelola secara efektif. Kalau ilmunya tidak dikelola, itu akan menyebabkan hilangnya aset berharga seperti karyawan meninggalkan organisasi. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia merupakan lembaga publik yang besar rotasi karyawan yang tinggi dan perputaran karyawan yang tinggi. Apalagi saat ini Covid- Pandemi 19 yang memaksa karyawan untuk bekerja dari rumah akan sangat membutuhkan keberhasilan penerapan manajemen pengetahuan. Kesiapan pegawai merupakan salah satu faktor penting dalam pelaksanaan manajemen pengetahuan. Jika karyawan tidak siap untuk mengimplementasikan pengetahuan manajemen, hal ini akan menyebabkan kegagalan organisasi. Oleh karena itu penelitian ini mengevaluasi kesiapan karyawan untuk implementasi knowledge management. Apa yang paling faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan karyawan untuk menerapkan manajemen pengetahuan, dan adalah karyawan siap menerapkan manajemen pengetahuan? Penelitian ini menggunakan regresi hirarkis untuk menjawab pertanyaan tentang yang paling banyak faktor yang mempengaruhi antar variabel; jenis kelamin, usia, lama kerja, keterampilan dan kualifikasi, penghargaan dan hukuman, dukungan dan komitmen dari manajemen, dan perilaku. Sedangkan untuk menjawab tingkat kesiapan penerapan knowledge management, hal ini penelitian akan menggunakan niat untuk terlibat dalam SECI (Sosialisasi, Eksternalisasi, Proses Kombinasi dan Internalisasi) sebagai salah satu literatur terkenal dari penciptaan dan berbagi pengetahuan. Analisis dilakukan dengan menggunakan SEM (Structural Pemodelan Persamaan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perilaku adalah faktor yang paling menentukan dalam kesiapan pegawai dalam menerapkan knowledge management di lingkungan audit board xi Republik Indonesia. Hasil ini juga menunjukkan bahwa karyawan siap melaksanakan manajemen pengetahuan. Hal ini terungkap dari hasil analisis SEM yang menunjukkan ada 14 item yang dianggap sebagai dimensi paling representatif dalam proses SECI dan oleh hasil statistik deskriptif dengan nilai tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi kesenjangan dalam Knowledge Management implementasi di Indonesia dalam hal kesiapan pegawai di sektor publik. Itu juga diharapkan dapat membantu BPK dan organisasi sektor publik lainnya untuk mengimplementasikan Knowledge Manajemen berhasil. Sebagian besar literatur yang tersedia saat ini membahas manajemen pengetahuan ada di sektor bisnis. Selain itu, tidak ada diskusi literatur tentang kesiapan pegawai terhadap knowledge management sektor publik di Indonesia ada. Sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi penting bagi masyarakat di Indonesia dalam penerapan manajemen pengetahuanny

English Abstract

Knowledge is a valuable resource, a source of competitive advantage, but also an asset that every organization needs to manage effectively. If the knowledge is not managed, it will lead to the loss of such valuable assets as the employees leaving the organization. The audit board of the Republic of Indonesia is a big public institution with a high rotation of employees and high employee turnover. Moreover, the current Covid- 19 pandemic that forces the employee to work from home will urgently need successful implementation of knowledge management. Employee readiness is one of the critical factors in the implementation of knowledge management. If employees are not ready to implement knowledge management, this will lead to the organization's failure. Therefore this research evaluates employee readiness for knowledge management implementation. What is the most affecting factors of employee readiness to implement knowledge management, and are employees ready to implement knowledge management? This research uses hierarchical regression to answer the question about the most affecting factors among the variables; gender, age, length of work, skill and qualification, reward and punishment, support and commitment from management, and behavior. Meanwhile, to answer the level of readiness to implement knowledge management, this research will use the intention to be involved in the SECI (Socialization, Externalization, Combination and Internalization) process as one of the well-known literature of knowledge creation and sharing. The analysis was conducted by using SEM (Structural Equation Modelling). The result of this research shows that Behavior is the most defining factor in employee readiness to implement knowledge management in the audit board of the xi Republic of Indonesia. This result also shows that employees are ready to implement knowledge management. This is revealed by the result of the SEM analysis, which shows there are 14 items considered as the most representative dimensions in the SECI process and by the results of descriptive statistics with high values. The result of this research is expected to fill the gap in Knowledge Management implementation in Indonesia in terms of employee readiness in the public sector. It is also expected to help BPK and other public sector organizations to implement Knowledge Management successfully. Most of the available literature currently discussing knowledge management is in the business sector. In addition, no literature discussion about employee readiness for knowledge management in the public sector in Indonesia exists. So the results of this study are expected to be one important reference for the public sector in Indonesia in its implementation of knowledge management.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423030024
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management, Employee Readiness, SECI processes
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:23
Last Modified: 23 Aug 2023 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202600
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Risfayanti.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item