Kualitas Pelayanan Publik Digital (e-GovQual) (Studi Pada Layanan SIPRAJA Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo)

Nadhifah, Nur Lailatun and Dr. Sujarwoto, S.IP., M.Si., MPA and Erlita Cahyasari, S.AP., M.AP (2023) Kualitas Pelayanan Publik Digital (e-GovQual) (Studi Pada Layanan SIPRAJA Di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik adalah kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, seharusnya pelayanan publik yang ada pun juga baik. Namun, pelayanan publik di Indonesia masih mendapatkan keluhan dari masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan publik masih kurang dari yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik yaitu dengan melakukan reformasi birokrasi pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sehingga menciptakan e-government. Kualitas layanan e-government dapat diketahui dengan menggunakan metode e-GovQual. Salah satu bentuk e-government yang telah dilaksanakan adalah SIPRAJA yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo. Sebagai suatu bentuk layanan e-government, SIPRAJA memiliki kualitasnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan publik digital melalui SIPRAJA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa pada dimensi pertama, dari ketujuh indikator, layanan SIPRAJA dapat memenuhi empat dari tujuh indikator. Pada dimensi kedua, dari sebelas indikator, SIPRAJA mendapat respon baik dari pengguna pada sepuluh indikator yang ada. Pada dimensi ketiga, terdapat tiga di antara empat indikator di mana SIPRAJA mendapatkan pendapat yang baik. Pada dimensi keempat, di antara lima indikator, SIPRAJA hanya dapat memenuhi dua indikator. Pada dimensi kelima, SIPRAJA dapat memenuhi kesepuluh indikator yang ada. Dan pada dimensi keenam, di antara sepuluh indikator terdapat tujuh indikator yang dapat dipenuhi oleh SIPRAJA. Hasil temuan menyarankan untuk meningkatkan kualitas layanan, pembuat kebijakan dan tim teknis harus lebih memperhatikan dimensi kemudahan pengguna, kepercayaan, fungsionalitas dari interaksi lingkungan, keandalan, dan pendukung masyarakat.

English Abstract

Public services are activities carried out by public service providers to meet the needs of the community. Therefore, the existing public services should also be good. However, public services in Indonesia still get complaints from the public. This proves that the quality of public services is still less than expected. Therefore, efforts are needed to improve the quality of public services, namely by reforming the public service bureaucracy by utilizing information and communication technology to create e-government. The quality of e-government services can be determined using the e-GovQual method. One form of e-government that has been implemented is SIPRAJA which was developed by the Regional Government of Sidoarjo Regency. As a form of e-government service, SIPRAJA has its own qualities. This study aims to analyze and describe the quality of digital public services through SIPRAJA. The research method used is descriptive qualitative. The research conducted found that in the first dimension, out of the seven indicators, SIPRAJA services could fulfil four of the seven indicators. In the second dimension, of the eleven indicators SIPRAJA received good responses from users on the ten existing indicators. In the third dimension, there are three out of four indicators where SIPRAJA gets a good opinion. In the fourth dimension, among the five indicators, SIPRAJA can only fulfil two indicators. In the fifth dimension, SIPRAJA can fulfil the ten existing indicators. And in the sixth dimension, among the ten indicators there are seven indicators that SIPRAJA can fulfil. The findings suggest to improve the quality of its service, the policy makers and technical team should give more attention to the dimension of ease of use, trust, functionality of the interaction environment, realibility, and citizen support.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030099
Uncontrolled Keywords: Kualitas, E-government, Metode e-GovQual, SIPRAJA,-Quality, E-Government, E-GovQual Method, SIPRAJA
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:04
Last Modified: 21 Aug 2023 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202581
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NUR LAILATUN NADHIFAH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item