Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Nickz Aquascape di Tangerang Selatan

Boestamam, Adrian Irsanda and Prof. Dr. Ir. Nuddin Harahap,, MP (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan di Nickz Aquascape di Tangerang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era pandemik covid-19 banyak masyarakat yang tertarik pada hobi baru yaitu Aquascape. Salah satu bisnis yang bergerak pada bidang Aquascape yaitu Nickz Aquascape, merupakan bisnis yang menjual berbagai produk aquascape mulai dari tanaman air, kayu, batu, pasir serta alat yang menunjuang aquascape. Pemasaran merupakan bagaimana perusahaan dapat melayani kebutuhan konsumen dengan cara yang menguntungkan bagi konsumen dan perusahaan. Penelitian ini memiliki variabel yang diteliti sebanyak empat yaitu: kualitas produk, harga, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (2) menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, (3) menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, (4) menganalisis pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan, (5) menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil penilaian responden yang diisi melalui instrument penelitian kuesioner, data sekunder didapatkan dari jurnal ilmiah, buku dan website. Sampel penelitian ini sebanyak 85 responden yang melakukan pembelian dan mengkonsumsi produk Nickz Aquascape. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode accidental sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan pembelian produk Nickz Aquascape minimal sebanyak 1 kali. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan menggunakan software smartPLS. Hasil dari penelitian ini yaitu kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas produk berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta ditemukan variabel mediasi yaitu kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta ditemukan variabel mediasi yaitu kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan pikiran bagi perusahaan, penulis dan juga akademisi.

English Abstract

In the era of the Covid-19 pandemic, many people are interested in a new hobby, namely Aquascape. One of the businesses engaged in the Aquascape field, namely Nickz Aquascape, is a business that sells various Aquascape products ranging from water plants, wood, stone, sand and tools that support Aquascape. Marketing is how companies can serve consumer needs in a way that benefits consumers and companies. This study has four variables studied, namely: product quality, price, customer satisfaction and customer loyalty. Study has the objectives of (1) analyzing the effect of product quality on customer satisfaction, (2) analyzing the effect of price on customer satisfaction, (3) analyzing the effect of product quality on customer loyalty, (4) analyzing the effect of price on customer loyalty, (5) analyze the effect of customer satisfaction on customer loyalty. The research method used in this research is quantitative research. The type of data used in this study includes primary data and secondary data. Primary data was obtained from the results of respondents' assessments which were filled out through a questionnaire research instrument, secondary data obtained from scientific journals, books and websites. The sample for this research was 85 respondents who purchased and consumed Nickz Aquascape products. The sampling technique in this study used the accidental sampling method with the criteria of respondents having purchased Nickz Aquascape products at least once. The analysis technique used is SEM-PLS using smartPLS software. The result of this research is that product quality has a significant effect on customer satisfaction. Price has a significant effect on customer satisfaction. Product quality has no significant effect on customer loyalty and a mediating variable is found, namely customer satisfaction. Price has a significant effect on customer loyalty and a mediating variable is found, namely customer satisfaction. Customer satisfaction has a significant effect on customer loyalty. This research is expected to contribute ideas to companies, writers and academics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523080051
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:31
Last Modified: 21 Aug 2023 01:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202551
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adrian Irsanda Boestamam.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item