Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Survey pada Bisnis Kafe (café) di Kota Malang)

Faizin, M. Fahmi Nur and Edriana Pangestuti, SE., M.Si., DBA (2023) Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing (Survey pada Bisnis Kafe (café) di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keunggulan bersaing merupakan kemampuan perusahaan yang berhasil untuk mengimplementasikan strategi, keahlian, dan sumber daya unik yang dimiliki oleh perusahaan. Keunggulan bersaing dapat dipengaruhi oleh Orientasi pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh inovasi terhadap keunggulan bersaing, (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing, (4) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing. Subjek penelitian ini adalah bisnis Kafe di Kota Malang dengan sampel sebanyak 50 responden. Kafe merupakan tempat sejenis restoran yang menjual makanan ringan dan minuman cepat saji berbahan dasar kopi dan menyuguhkan suasana yang lebih santai daripada restoran. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di uji validitas dan reabilitasnya. Dalam penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah variabel Orientasi Pasar (X1), Inovasi (X2), Orientasi Kewirausahaan (X3) sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah Keunggulan Bersaing (Y). Hasil penelitian ini memberikan pengaruh secara simultan pada setiap variabel bebas terhadap Keunggulan Bersaing dilakukan dengan pengujian F-test. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Keunggulan Bersaing. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini variabel Orientasi Pasar (X1), Inovasi (X2), Orientasi Kewirausahaan (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. Variabel Inovasi (X2) mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar, sehingga variable Inovasi mempunyai pengaruh dominan terhadap keunggulan bersaing.

English Abstract

Competitive advantage is the ability of a successful company to implement its unique strategy, expertise and resources. Competitive advantage can be influenced by Market Orientation, Innovation and Entrepreneurship Orientation. The aims of this study were: (1) To find out how market orientation influences competitive advantage, (2) To find out how innovation influences competitive advantage, (3) To find out how entrepreneurship orientation influences competitive advantage, (4) To find out how market orientation, innovation, and entrepreneurship orientation towards competitive advantage. The subject of this research is the cafe business in Malang City with a sample of 50 respondents. A cafe is a type of restaurant that sells coffee-based snacks and fast food drinks and presents a more relaxed atmosphere than a restaurant. The data collection method uses a questionnaire which is tested for validity and reliability. In this study the independent variables used were Market Orientation (X1), Innovation (X2), Entrepreneurship Orientation (X3) while the dependent variable used was Competitive Advantage (Y). The results of this study provide a simultaneous effect on each independent variable on Competitive Advantage carried out by testing the F-test. From the results of multiple linear regression analysis, it is obtained that the independent variables have a significant influence simultaneously on Competitive Advantage. The conclusion obtained in this study is that the variables Market Orientation (X1), Innovation (X2), Entrepreneurship Orientation (X3) have a significant influence on competitive advantage. The innovation variable (X2) has the greatest t-count and beta coefficient, so that the innovation variable has a dominant influence on competitive advantage.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030085
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:59
Last Modified: 18 Aug 2023 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202512
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M. FAHMI NUR FAIZIN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item