Pandini, Larasati Intan and Devi Farah Azizah, S.Sos., M.AB. (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pengguna Layanan Samsat Car Free Day dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Kebumen),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepatuhan wajib pajak adalah salah satu hal yang berpengaruh besar terhadap penerimaan pajak dalam suatu negara. Apabila wajib pajak patuh maka penerimaan pajaknya pun akan meningkat. Namun, realisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor di kabupaten Kebumen pada tahun 2021 tidak mencapai target padahal jumlah kendaraan bermotor meningkat tiap tahunnya. Teori atribusi yang digunakan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi kualitas pelayanan sementara faktor internal mencakup pemahaman serta kesadaran wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, pemahaman wajib pajak, dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data diperoleh menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Kebumen yang pernah menggunakan layanan Samsat Car Free Day dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan variabel kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan variabel pemahaman wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
English Abstract
Taxpayer compliance is one of the things that has a major influence on a country's tax revenues. If the taxpayer complies, then the tax revenues will increase. However, the realization of vehicle tax revenue in Kebumen regency in 2021 has not reached the target even though the number of vehicles is increasing every year. The attribution theory used in this study explains that taxpayer compliance is influenced by two factors, external and internal. External factors include service quality while internal factors include taxpayers understanding and awareness. This study aims to determine and explain the effect of service quality, taxpayer understanding, and taxpayer awareness on taxpayer compliance. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The data collection was obtained by using the questionnaire method. The population in this study are individual taxpayers of Kebumen regency who have used Car Free Day Samsat services to pay their vehicle tax. The sampling technique uses probability sampling with a simple random sampling method. The analysis technique used is a descriptive statistical analysis, classical assumption test, and multiple linear regression. The results of this study indicate that the variables of service quality and taxpayer awareness have no significant effect on taxpayer compliance. Meanwhile, the understanding of the taxpayer variable has a significant effect on taxpayer compliance.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030270 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Layanan Samsat Car Free Day |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 08:41 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 08:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202496 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
LARASATI INTAN PANDINI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |