Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Malang)

Cahyaningsih, Kintan Regita and Dr. Sujarwoto, S.IP., M.Si., MPA and Nurjati Widodo, S.AP., M.AP. (2023) Manajemen Kinerja Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manajemen kinerja merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, penilaian kinerja, serta tindak lanjut berupa pemberian penghargaan dan sanksi. Dalam organisasi publik, manajemen kinerja hadir sebagai sebuah sistem pengelolaan kinerja ASN agar dapat mencapai tujuan instansi secara efektif dan efisien. Pemerintah Kota Malang pada BKN Award 2022 lalu menduduki posisi terbaik ketiga nasional kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja tingkat Pemerintah Kota Tipe Besar. Dalam pelaksanaannya, BKPSDM Kota Malang merupakan lembaga yang bertanggungjawab sebagai pilot project. Di sisi lain, KEMENPAN-RB menerbitkan regulasi baru mengenai Manajemen Kinerja ASN sehingga pelaksanaan manajemen kinerja di BKPSDM Kota Malang menjadi topik yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Manajemen kinerja ASN di BKPSDM Kota Malang, (2) Tantangan dalam manajemen kinerja ASN di BKPSDM Kota Malang, dan (3) Upaya yang dilakukan BKPSDM Kota Malang dalam menghadapi tantangan manajemen kinerja ASN. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan manajemen kinerja ASN di BKPSDM Kota Malang telah berjalan sesuai dengan PERMENPAN-RB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara. BKPSDM telah melaksanakan dialog kinerja, menetapkan BerAKHLAK sebagai standar perilaku kinerja, pemantauan dan penyesuaian ekspektasi oleh pimpinan, hingga pelaksanaan pembinaan kinerja berkelompok. Namun, BKPSDM masih belum menerapkan Model 360 derajat dalam pemberian umpan balik berkelanjutan serta belum adanya pemberian penghargaan dan sanksi bagi pegawai. Selain itu, pemahaman pegawai terkait SKP juga masih rendah serta adanya kecurangan dalam proses kinerja. Diperlukan upaya untuk melaksanakan sosialisasi, pelatihan, inspeksi, serta kerja sama bersama UPD di Kota Malang yang lebih optimal.

English Abstract

Performance management is a series of activities consisting of planning, implementation, monitoring, performance appraisal, and further action in the form of awarding and sanctions. In public organizations, performance management exists as a performance management system for the civil servants in order to achieve agency goals effectively and efficiently. The Malang City Government at the BKN Award 2022 managed to occupied the thirds best position in the category of Implementation of Performance Management Implementation at the Large-Type City Government level nationally. In its implementation, BKPSDM Malang is and institution that is responsible as a pilot project. On the other hand, KEMENPAN-RB issued a new regulation regarding ASN Performance Management so that the implementation of performance management at BKPSDM Malang City is an interesting topic to study. The study aims to find out: (1) Performance management of ASN at BKPSDM Malang City, (2) Challenges in performance management of ASN at BKPSDM Malang City, and (3) Attempts made by BKPSDM Malang City in facing the challenges of performance management of ASN. The method used in this research is descriptive with a qualitative approach. The results of study show that the performance management of ASN at BKPSDM Malang City has been running in accordance with PERMENPAN-RB Number 6 of 2022 about Management of Performance of Civil Servants. BKPSDM has carried out performance dialogue, established BerAKHLAK as a standard of performance behavior, monitoring and adjustment of expectactions by leaders, and implementing group performance coaching. However, BKPSDM has not yet implemented the 360 degree model in providing continuous feedback and there has been no awarding of rewards and sanctions for employees. In addition, employee understanding regarding the preparation of SKP is still low and there is fraud in the performance process. Efforts are needed to carry out more optimal outreach, training, inspections, and collaboration with UPD in Malang City.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030080
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kinerja, Aparatur Sipil Negara, Sasaran Kinerja Pegawai,-Performance Management, Civil Servants, Employee Performance Targets
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:11
Last Modified: 13 Feb 2024 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202486
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kintan Regita Cahyaningsih.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item