Citrawuni, Kiky Della and Firda Hidayati, S.Sos, MPA, DPA and I Gede Eko Putra Sri Sentanu, S.AP.,M.AP., Ph.D (2023) Integrasi Pelayanan Publik Menuju Zona Integritas (Studi Pada Polres Blitar Kota). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Program Zona Integritas atau yang selanjutnya disebut ZI program yang bertujuan untuk membuat Pelayanan publik lebih bersih , transparan dan jelas pertanggungjawabannya. Dalam penerapannya Kemenpan mengeluarkan Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dilingkungan Instansi Pemerintah. Program ini dijadikan Polres Blitar Kota untuk mengubah citra polri agar lebih humanis dalam melakukan pelayanan publik dan tidak terkesan terlalu milter. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah tindak pidana korupsi yang ada di lingkup kepolisian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus dalam penelitian ini menjabarkan tentang bagaimana proses integrasi yang ada pada Polres Blitar Kota didalam mewujudkan pelayanan publik yang bersih dan transparan. Selain itu penelitian ini juga menganalisa faktor pendukung dan hambatan dalam menciptakan pelayanan yang sesuai dengan tingkat kualitas pelayanan publik yang baik. Hasil penelitian adalah sebelum adanya Zona Integritas seluruh pelayanan publik yang ada di Polres Blitar kota terpencar dalam unit masing-masing dan tidak efisien pada waktu. Dalam perkembangannya Polres Blitar Kota melakukan perombakan pada sistem pelayanan publiknya agar lebih tersentral dan memudahkan masyarakat dalam pelayanan sehingga efisien terhadap waktu. Hal ini diwujudkan dengan adanya Bale Yanlik. Pembentukan Bale Yanlik ini melibatkan banyak pihak. Namun dalam penerapannya kurang maksimal karena tidak didukung oleh integrasi pelayanan berbasis digital sehingga aplikasi yang ada tidak terkelola dengan baik dan membuat masyarakat tidak memahami maksud aplikasi tersebut. Selain itu tidak dilengkapi dengan personel yang cakap untuk masyarakat berkebutuhan khusus dan sarana yang tepat untuk masyarakat yang berkebutuhan khusus membuat pelayanan ini menjadi terkesan kurang merangkul semua kalangan.
English Abstract
The Integrity Zone Program or hereinafter referred to as the ZI Program which aims to make public services cleaner, transparent and clear accountability. In its application, Kemenpan issued Permenpan RB Number 52 of 2014 concerning Guidelines for the Development of Integrity Zones to Regions Free of Corruption and Clean Bureaucracy Areas and Serve Government Agencies. This program was used as Blitar City Police to change the image of the National Police to be more humanist in conducting public services and not seem too military. In addition, this activity also aims to prevent criminal acts of corruption in the scope of the police. In this study, researchers used qualitative research methods. The focus in this research describes how the integration process that exists in the Blitar City Police Station in realizing clean and transparent public services. In addition, this research also analyzes supporting factors and obstacles in creating services that are in accordance with the level of good quality of public services. The results of the study were before the integrity zone of all public services in the Blitar Police Station was scattered in their respective units and was not efficient at time. In its development the Blitar City Police Station made a reshuffle on its public service system to be more centralized and facilitate the community in service so that it was efficient in time. This is realized by the existence of bale yanlik. The formation of this bale involving many parties. But in its application it is less than optimal because it is not supported by the integration of digital -based services so that existing applications are not well managed and make people not understand the purpose of the application. In addition, it is not equipped with capable personnel for people with special needs and appropriate facilities for people with special needs to make this service seem less embracing all groups
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423030017 |
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Pelayanan Publik,-Integration, Public Services |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:24 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 02:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202470 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Kiky Della Citrawuni.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |