Kajian Kecukupan Ruang Terbuka Hijau untuk Menyerap Emisi CO2 dari Kendaraan Bermotor di Jl. Veteran-Bandung dan Jl. Ijen Kota Malang

Ramadhan, Riqqi Rahmaddian Putra and Dr. Ir. A. Tunggul Sutan Haji,, MT. and Satwika Desantina Muktiningsih,, ST.,MT (2023) Kajian Kecukupan Ruang Terbuka Hijau untuk Menyerap Emisi CO2 dari Kendaraan Bermotor di Jl. Veteran-Bandung dan Jl. Ijen Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalur hijau jalan merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang salah satu fungsinya untuk mereduksi emisi yang dihasilkan dari aktivitas manusia dan khususnya kendaraan bermotor. Tingginya volume lalulintas pada daerah perkotaan berakibat terhadap tingginya emisi yang dihasilkan. Karbondioksida (CO2) merupakan gas yang bersifat polutif yang berperan dalam peningkatan konsentrasi gas greenhouse effect. Karbondioksida banyak dihasilkan oleh kegiatan industri dan penggunaan kendaraan bermotor. Dengan meningkatnya jumlah penduduk menyebabkan peningkatan penggunaan kendaraan bermotor dan menjadikan kendaraan bermotor sebagai pencemar udara yang dominan. Penelitian ini bertujuan untuk analisis kecukupan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dalam menyerap emisi CO2 yang dihasilkan dari kendaraan bermotor. Penelitian ini dilakukan di Jl. Veteran, Jl. Bandung, dan Jl. Ijen Kota Malang, dengan menggunakan metode Gaussian Line Source. Data yang diperlukan untuk analisis penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa Jl. Veteran dan Jl. Bandung mampu menyerap emisi CO2 dari kendaraan bermotor hingga tahun 2032. Tetapi Jl. Ijen yang tidak mampu untuk menyerap emisi CO2 dari kendaraan bermotor dengan sisa emisi sebesar 1.251,77 ton/tahun pada tahun 2032.

English Abstract

The road green belt is part of the Green Open Space (GOS), one of its functions is to reduce emissions resulting from human activities and especially motorized vehicles. The high volume of traffic in urban areas results in high emissions produced. Carbon dioxide (CO2) is a polluting gas that plays a role in increasing greenhouse effect gas concentrations. Carbon dioxide is mostly produced by industrial activities and the use of motorized vehicles. The increase in population has led to an increase in the use of motorized vehicles and made motorized vehicles the dominant air pollutant. This study aims to analyze the adequacy of Green Open Space (GOS) in absorbing CO2 emissions generated from motorized vehicles. This research was conducted on Jl. Veterans, Jl. Bandung, and Jl. Ijen City of Malang, using the Gaussian Line Source method. The data needed for research analysis consists of primary and secondary data. From the research results, it shows that Jl. Veteran and Jl. Bandung is able to absorb CO2 emissions from motorized vehicles until 2032. But Jl. Ijen is unable to absorb CO2 emissions from motorized vehicles with a remaining emission of 1.251,77 tons/year in 2032.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523100042
Uncontrolled Keywords: Emisi CO2, Kendaraan Bermotor, Ruang Terbuka Hijau, Vegetasi.CO2 Emission, Green Open Space, Motor Vehicles, Vegetation.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:47
Last Modified: 14 Aug 2023 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202420
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Riqqi Rahmaddian Putra Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item