Pertanggungjawaban Hukum Pelaku Usaha Untuk Konsumen Restoran Yang Tidak Mendapatkan Barang Sesuai Dengan Gambar Atau Nama Pada Buku Menu (Studi Kasus Pada Restoran Sk Di Mall Olympic Garden, Malang

Josye, Fernando and Dr. Hanif N. Widhiyanti, and Zora Febriena Dwithia H. P., (2023) Pertanggungjawaban Hukum Pelaku Usaha Untuk Konsumen Restoran Yang Tidak Mendapatkan Barang Sesuai Dengan Gambar Atau Nama Pada Buku Menu (Studi Kasus Pada Restoran Sk Di Mall Olympic Garden, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan yang berkaitan dengan perlindungan konsumen. Penulis menemukan adanya implementasi atau praktek yang ada di lapangan tidak sesuai dengan yang telah diatur dalam Undang- Undang Perlindungan Konsumen ( Das Sollen tidak sesuai dengan Das Sein). Adanya pelanggaran Pasal 8 ayat (1) huruf (f) dimana pelaku usaha dilarang untuk menjual barang tidak sesuai dengan yang diperjanjikan. Adapun kasus terjadi pada Restoran SK, dimana melakukan penjualan daging lobster namun yang disajikan adalah daging olahan seafood. Berdasarkan hal yang telah dipaparkan di atas, maka rumusan permasalahan pada skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pertanggungjawaban hukum pelaku usaha Restoran SK terhadap konsumen yang mengalami kerugian karena mendapatkan makanan yang menggunakan daging udang pada menu pilihan “ Spicy Lobster Tower Roll” dan “ Lobster Spicy Salmon Roll”? (2) Apa hambatan pelaku usaha Restoran SK terhadap implementasi Pasal 8 ayat (1) huruf (f) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? (3) Apa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau meminimalisir tindakan para pelaku usaha yang melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen? Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan yuridis sosiologis dan pendekatan perundang-undangan ( Statute ix approach). Bahan hukum primer dan skunder yang diperoleh penulis akan digunakan untuk menganalisis kasus Restoran SK. Berdasarkan rumusan masalah dan metode penelitian diaitas, penulis berkesimpulan bahwa pertanggungjawaban hukum yang dilakukan oleh pelaku usaha telah sesuai dengan peraturan perundang-undang (UUPK) dengan cara pengakuan kesalahan dalam menjalankan usaha, pemberian ganti rugi, dan penyelesaian masalah dengan cara menurunkan menu tersebut. Penulis juga menganalisis hambatan yang dirasakan pelaku usaha Restoran SK dalam implementasi UUPK yaitu (1) kekurangan informasi mengenai peraturan yang berlaku, (2) Aparat Penegak hukum yang tidak tegas, (3) faktor masyarakat, (4) faktor kebudayaan, dan (5) Penyelesaian sengketa terhadap pelanggaran terhadap UUPK yang berbelit. Adapun penulis berkesimpulan adanya upaya upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau meminimalisir tindakan para pelaku usaha yang melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yaitu upaya pemerintah yang turut serta dalam proses implementasi UUPK, Upaya Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen untuk memberikan sosialisasi mengenai UUPK dan solusi atas suatu sengketa perlindungan konsumen, upaya pelaku usaha yang harus jujur dalam menjalankan usahanya berdasarkan UUPK dan upaya konsumen untuk memunculkan budaya baru untuk melaporkan setiap kesalahan yang dilakukan oleh pelaku usaha.

English Abstract

In this thesis, the author raises issues related to consumer protection. The author finds that the implementation or practice in the field is not in accordance with what has been regulated in the Consumer Protection Act (Das Sollen is not in accordance with Das Sein). There is a violation of Article 8 Paragraph 1 Letter F where business actors are prohibited from selling goods that are not in accordance with the agreement. The case occurred in SK Restaurant, which sells lobster meat but what is served is seafood processed meat. Based on what has been described above, the formulation of the problems in this thesis are: (1) How is the legal responsibility of SK Restaurant business actors to consumers who experience losses due to getting food using shrimp meat on the menu options "Spicy Lobster Tower Roll" and "Lobster Spicy Salmon Roll”? (2) What are the obstacles for the SK Restaurant business actor to the implementation of Article 8 Paragraph 1 Letter F of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection? (3) What efforts can be made to overcome or minimize the actions of business actors who violate Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection? The writing of this thesis uses an empirical juridical method with a sociological juridical approach and a statutory approach. The primary and secondary legal materials obtained by the author will be used to analyze the SK Restaurant case Based on the formulation of the problem and the research method, the authors conclude that the legal liability carried out by business actors is in accordance with the laws and regulations (UUPK) by admitting mistakes in running the business, providing compensation, and solving problems by lowering the menu. The author also analyzes the obstacles felt by SK Restaurant business actors in implementing UUPK, namely (1) lack of information regarding applicable regulations, (2) law enforcement officials who are not firm, (3) community factors, (4) cultural factors, and (5) Dispute resolution of convoluted violations of the UUPK. The authors conclude that there are efforts that can be made to overcome or minimize the actions of business actors who violate Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection, namely the government's efforts to participate in the implementation process of the UUPK, the Efforts of the Non-Governmental Consumer Protection Agency and the Dispute Resolution Agency. Consumers to provide socialization about UUPK and solutions to consumer protection disputes, efforts by business actors to be honest in running their business based on UUPK and consumer efforts to create a new culture to report any mistakes made by business actors.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523010022
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:43
Last Modified: 14 Aug 2023 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202419
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fernando Josye.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item