Santosa, Ichlasul Rizki Johansyah and Wawan Sobari, and Tri Hendra Wahyudi, (2022) Strategi Kampanye Malang Bangkit sebagai Koalisi Penantang Di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Malang Tahun 2020. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategi kampanye dari Koalisi Malang Bangkit selama masa Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020 menggunakan pendekatan teori strategi kampanye. Teori strategi kampanye dari Hafied Cangara menjadi teori dalam penelitian ini dengan membahas proses strategi kampanye mulai dari menentukan juru kampanye, memilih target dari kampanye dan menyesuaikan dengan kebutuhan dari target kampanye, membuat pesan kampanye menyesuaikan dengan target kampanye, menentukan media kampanye yang digunakan, dan melakukan produksi media. Metode penelitian kualitatif merupakan metode dalam penelitian ini sehingga menghasilkan bentuk penelitian berupa narasi. Penelitian ini dilakukan karena Koalisi Malang Bangkit saat Pilkada Kabupaten Malang tahun 2020 memperoleh suara cukup besar meskipun koalisi hanya terdiri dari dua partai. Koalisi Malang Bangkit dapat memperoleh hasil maksimal karena strategi kampanye yang dirumuskan dapat berjalan dengan baik walaupun tidak terlalu maksimal. Strategi kampanye yang dilakukan adalah menunjukkan penokohan dari Lathifah Shohib sebagai pesan politik mereka. Selain itu, pesan politik yang dimasukkan dalam visi, misi, dan program Koalisi Malang Bangkit dapat sesuai kebutuhan masyarakat. Walaupun demikian adanya kampanye yang tidak berjalan di beberapa kecamatan dan tidak maksimalnya kampanye dari calon wakil bupati menjadi evaluasi bagi Koalisi Malang Bangkit.
English Abstract
This research explains about campaign strategy from Malang Bangkit Coalition during Malang Regency Election in 2020 used campaign strategy theory. This research used campaign strategy theory from Hafied Cangara that explains about campaign strategy process starting from assign the campaigner, choosing the campaign targets and adjusting with needs from the targets, making campaign messages which suitable with the targets, match the used of media with the target, and make media production. The qualitative methods is used for this research method and the result for this research is narrative. This research conducted because Malang Bangkit Coalition get the maximum result although the coalition just have two parties. Malang Bangkit can get the maximum result because the campaign strategy can be run well even not so optimal. The campaign strategy bring the political messages with showing the characterization of Lathifah Shohib. Apart from that the political messages of Malang Bangkit from the vision, missions, and programs can adapted with the needs of the communities. However, the campaign strategy was already greats but the campaigns not maximal in several districts and the campaign from vice regent candidate not maximal that can be evaluation for Malang Bangkit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522110033 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kampanye, Malang Bangkit, Pilkada, Partai Politik, Campaign Strategy, Malang Bangkit, Regional Election, Political Party |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 02:43 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202375 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ICHLASUL RIZKI J S.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |