Pengaruh Gaya Hidup Konsumen Dan Electronic Word Of Mouth Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Secara Online Di Teras Mpok Selama Pandemi Covid-19

Danisworo, Wuri Lathifa and Dr.Ir. Hendro Prasetyo, and Bayu Adi Kusuma , (2023) Pengaruh Gaya Hidup Konsumen Dan Electronic Word Of Mouth Melalui Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Secara Online Di Teras Mpok Selama Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia menyebabkan perubahan gaya hidup pada masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat menghabiskan sebagian waktunya di rumah dan mengisi waktu dengan menekuni hobi baru salah satunya bercocok tanam menanam tanaman hias. Perubahan gaya hidup masyarakat yang menggemari tanaman hias juga disebabkan oleh kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Hal tersebut kemudian membuat popularitas dan permintaan tanaman hias meningkat selama era pandemi. Selama era pandemi, banyak penjual tanaman hias yang menjual produknya secara online dan memasarkannya melalui media sosial seperti instagram, salah satunya yaitu Teras Mpok. Teras Mpok menjual berbagai jenis tanaman hias dan mereka memasarkan produknya melalui instagram. Kegiatan berbelanja secara online memiliki risiko yang lebih tinggi terlebih pada pembelian produk pertanian seperti tanaman hias. Dalam membeli tanaman hias, calon konsumen tidak dapat melihat produk secara langsung dan menilai kualitas produknya. Oleh karena itu dibutuhkan adanya komunikasi Electronic Word of Mouth melalui media sosial untuk meyakinkan calon konsumen dalam pembelian online dan memudahkan dalam pencarian informasi sebelum melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu: 1) Mengidentifikasi dimensi Intensitas, Valensi Pendapat, dan Konten pada Electronic Word of Mouth; 2) Mengidentifikasi dimensi Aktivitas, Minat, dan Opini pada gaya hidup konsumen; 3) Menganalisis pengaruh variabel Electronic Word of Mouth (EWOM) terhadap keputusan pembelian tanaman hias secara online; dan 4) Menganalisis pengaruh variabel gaya hidup terhadap keputusan pembelian tanaman hias secara online. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori yaitu metode penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta pengaruh antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data yang digunakan bersifat kuantitatif yaitu berupa angka-angka. Penelitian ini dilakukan secara online dengan responden konsumen yang membeli tanaman hias secara online di toko Teras Mpok. Teknik penentuan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan responden penelitian yaitu konsumen Teras Mpok. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara online melalui google form. Teknik analisis data yang digunkana pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). ii Hasil analisis statistik inferensial menggunakan SEM-PLS menunjukan bahwa variabel Electronic Word of Mouth (EWOM) di Teras Mpok berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dilihat dari nilai nilai t-statistics > 1,96 sebesar 3,149 dan nilai p-value <0,05 sebesar 0,002. Hal ini juga didukung oleh hasil analisis statistik deskriptif variabel EWOM yang memiliki rata-rata skor sebesar 4,05 dan termasuk kedalam kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukan bahwa Electronic Word of Mouth yang diterapkan pada toko Teras Mpok sudah baik dan dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Dimensi valensi pendapat konsumen memiliki rata-rata skor yang paling tinggi pada variabel Electronic Word of Mouth. Hal ini menunjukan bahwa pendapat baik positif maupun negatif serta rekomendasi dari konsumen terdahulu merupakan salah satu faktor paling penting yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian tanaman hias secara online. Variabel gaya hidup konsumen juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian produk tanaman hias di Teras Mpok dengan nilai t-statistics > 1,96 sebesar 4,065 dan nilai p-value < 0,05. Hal ini juga didukung oleh hasil analisis statistik deskriptif pada variabel gaya hidup konsumen yaitu nilai skor rata-rata variabel gaya hidup sebesar 4,14 dan termasuk kedalam kategori tinggi. Hal ini berarti gaya hidup konsumen Teras Mpok yang menggemari tanaman hias mendukung konsumen dalam melakukan pembelian tanaman hias. Dimensi Opini konsumen memiliki nilai rata-rata skor paling tinggi pada variabel Gaya Hidup. Hal ini menunjukan bahwa konsumen memiliki pandangan yang baik terhadap tanaman hias yang dijual di Teras Mpok serta pandangan konsumen tentang kepedulian lingkungan merupakan salah satu faktor yang mendukung pembelian tanaman hias di Teras Mpok. Hasil tersebut menunjukan bahwa variabel EWOM dan Gaya Hidup konsumen merupakan faktor yang penting dan berpengaruh terhadap proses penentuan keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu Teras Mpok diharapkan dapat mempertahankan kualitas pelayanan toko dan meningkatkan komunikasi dengan konsumen untuk mendorong konsumen memberikan ulasan positif dan meminimalisir komentar negatif terhadap toko. Teras Mpok juga diharapkan selalu mengikuti tren tanaman hias yang ada dan memasarkan produk dengan sasaran konsumen dengan gaya hidup yang sama yaitu pecinta tanaman hias

English Abstract

The Covid-19 pandemic that has occurred all over the world has caused changes in people's lifestyles. This is because people spend most of their time at home and fill their time by pursuing new hobbies, one of which is farming and planting ornamental plants. Changes in the lifestyle of people who like ornamental plants are also caused by awareness of the importance of preserving the environment. This then makes the popularity and demand for ornamental plants increase during the pandemic era. During the pandemic era, many ornamental plant sellers sold their products online and marketed them through social media such as Instagram, one of which was Teras Mpok. Teras Mpok sells various types of ornamental plants and they market their products through Instagram. Online shopping activities have a higher risk, especially in purchasing agricultural products such as ornamental plants. In buying ornamental plants, potential consumers cannot see the product directly and assess the quality of the product. Therefore, it is necessary to have Electronic Word of Mouth communication through social media to convince potential consumers to buy online and make it easier to find information before making a purchase decision. This study has four objectives, namely: 1) Identifying the dimensions of Intensity, Valence of Opinion, and Content in Electronic Word of Mouth; 2) Identify the dimensions of Activities, Interests, and Opinions on consumer lifestyles; 3) Analyzing the effect of Electronic Word of Mouth (EWOM) variables on online purchasing decisions of ornamental plants; and 4) to analyze the effect of lifestyle variables on online purchasing decisions of ornamental plants. This research is an explanatory research, which is a research method that intends to explain the position of the variables studied and the influence between one variable and another. The approach used in this study is a quantitative descriptive approach. This study uses a quantitative approach because the data used are quantitative in the form of numbers. This research was conducted online with consumer respondents who bought ornamental plants online at the Teras Mpok store. The sampling technique used is purposive sampling and the research respondents are Teras Mpok consumers. Data collection in this study was conducted online via google form. The data analysis techniques used in this study are descriptive statistical analysis and Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) analysis. The results of inferential statistical analysis using SEM-PLS show that the Electronic Word of Mouth (EWOM) variable in Teras Mpok has a significant effect on iv consumer purchasing decisions as seen from the t-statistics value > 1.96 of 3.149 and the p-value <0.05 of 0.002. This is also supported by the results of the descriptive statistical analysis of the EWOM variable which has an average score of 4.05 and is included in the high category. These results indicate that the Electronic Word of Mouth applied to the Teras Mpok store is good and can influence consumers to make purchasing decisions. The consumer opinion valence dimension has the highest average score on the Electronic Word of Mouth variable. This shows that both positive and negative opinions and recommendations from previous consumers are one of the most important factors that influence consumers in buying ornamental plants online. The consumer lifestyle variable also proved to have a positive and significant effect on the buying decision process for ornamental plant products in Teras Mpok with a t-statistics value > 1.96 of 4.065 and a p-value <0.05. This is also supported by the results of descriptive statistical analysis on consumer lifestyle variables, namely the average score of lifestyle variables is 4.14 and is included in the high category. This means that the consumer lifestyle of Teras Mpok, who likes ornamental plants, supports consumers in purchasing ornamental plants. The consumer opinion dimension has the highest average score on the Lifestyle variable. This shows that consumers have a good view of the ornamental plants sold at Teras Mpok and the consumer's view of environmental concern is one of the factors that support the purchase of ornamental plants at Teras Mpok. These results indicate that the EWOM and consumer lifestyle variables are important factors and influence the process of determining consumer purchasing decisions. Therefore Teras Mpok maintains the quality of store service and improves communication with consumers to encourage consumers to give positive reviews and minimize negative comments to the store. Teras Mpok is also expected to always follow the trend of existing ornamental plants and market products to target consumers with the same lifestyle, namely ornamental plant Lovers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040631
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:36
Last Modified: 09 Aug 2023 02:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202361
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
WURI LATHIFA DANISWORO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item