Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Restoran Seafood Langgara, Muara Baru, Pluit, Jakarta Utara).

Pardede, Jonathan Josept Tobias and Dr. Dra. Maria Goretti Wi Endang NP., M.Si (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Restoran Seafood Langgara, Muara Baru, Pluit, Jakarta Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen restoran. (2) Lingkungan Fisik terhadap kepuasan konsumen restoran. (3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lingkungan fisik secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Restoran Seafood Langgara. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Restoran Seafood Langgara dengan menggunakan teknik sampling dengan jumlah 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah survey secara langsung menggunakan skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2 dengan bantuan SPSS 28 Version. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) Restoran Seafood Langgara, variabel lingkungan fisik (X2) pada Restoran Seafood Langgara memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen (Y) di Restoran Seafood Langgara, variabel kualitas pelayanan (X1) dan lingkungan fisik (X2) memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) Restoran Seafood Langgara.

English Abstract

This study aims to (1) To determine the effect of service quality on restaurant customer satisfaction. (2) Physical Environment on restaurant customer satisfaction. (3) To determine the effect of service quality and physical environment simultaneously. This research is an explanatory research with a quantitative approach. The object used in this research is Langgara Seafood Restaurant. The population in this study were consumers of Langgara Seafood Restaurant using a sampling technique with a total of 100 respondents. The data collection method in this study was a direct survey using a Likert scale. The data in this study were analyzed using descriptive analysis techniques, classic assumption test, multiple linear regression analysis, t test, F test, R2 test with the help of SPSS 28 Version. The results of this study indicate that the service quality variable (X1) has a partially significant effect on customer satisfaction variable (Y) Langgara Seafood Restaurant, physical environment variable (X2) at Langgara Seafood Restaurant has a partial significant effect on customer satisfaction (Y) in Seafood Restaurant Langgara, variable service quality (X1) and physical environment (X2) have a significant effect simultaneously on consumer satisfaction variable (Y) Langgara Seafood Restaurant.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030075
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Lingkungan Fisik, Kepuasan Konsumen,-Service Quality, Physical Environment, Consumer Satisfaction
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:43
Last Modified: 02 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202319
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
JONATHAN JOSEPT TOBIAS PARDEDE.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item