Kusumawardani, Fitri and Prof. Dr. Abdul Hakim, M.Si and Dr. Irwan Noor, MA (2023) Pemanfaatan Sistem Informasi Akademik Terhadap Kepuasan Pelayanan Akademik Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode UTAUT (Studi pada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemajuan sistem informasi pada era saat ini memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi. Penyedia layanan pendidikan tinggi harus mampu meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa dan dosen seiring dengan meningkatnya produktivitas operasional dan aktivitas administrasi yang semakin kompleks. Kegiatan pelayanan publik disebut sebagai layanan publik, dan layanan akademik mahasiswa merupakan salah satu fasilitas layanan publik. Mereka menyediakan berbagai sumber informasi cetak dan elektronik kepada mahasiswa dan dosen untuk menerima informasi tentang berbagai kebutuhan akademik mahasiswa. Pemberian pelayanan publik melalui sistem informasi telah dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya. Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (SIAM) memberikan informasi terkait layanan akademik kepada mahasiswa. Merupakan sistem aplikasi berbasis web yang dibangun dengan tujuan untuk memudahkan mahasiswa dan orang tua mahasiswa untuk mendapatkan informasi status mahasiswa, pendaftaran, biodata mahasiswa, online presensi kuliah online (dalam jaringan), Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi Mahasiswa (KHS), jadwal perkuliahan, dan pembayaran uang kuliah. Untuk mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, SIAM menggunakan siam.ub.ac.id sebagai salah satu bentuk layanan akademik mahasiswa berbasis sistem informasi untuk mendukung kegiatan akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pemanfaatan sistem informasi akademik terhadap kepuasan pelayanan pendidikan mahasiswa di masa pandemi Covid-19 yang hasilnya dapat digunakan untuk pengembangan sistem informasi akademik mahasiswa dan pengembangan pelayanan pendidikan mahasiswa serta untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode probability sampling, dengan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling atau disebut juga sampling acak sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sistem informasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (SIAM UB) sangat mempengaruhi tingkat kepuasan layanan akademik mahasiswa di masa pandemi Covid-19. Hal ini dapat dijelaskan ketika ekspektasi upaya (effort expectancy) dan faktor sosial (social influence) menjadi faktor determinan dalam mempengaruhi minat menggunakan sistem informasi akademik. Adanya perbedaan bukti empiris ini dengan penelitian-penelitian sebelumnya karena adanya perbedaan sarana dan prasarana pendukung, pelayanan yang diberikan, sosialisasi mengenai penggunaan sistem informasi, dan juga budaya dalam penggunaan sistem informasi. Faktor-faktor seperti komitmen manajemen yang lemah terhadap kualitas layanan, persepsi kelayakan yang tidak akurat, standarisasi tugas yang tidak akurat dalam memberikan layanan, dan formulasi tujuan yang tidak akurat dalam memberikan layanan juga dapat mempengaruhi kualitas layanan.
English Abstract
The advancement of information systems in the current era has had a major impact on education, particularly higher education. Higher education service providers must be able to enhance the quality of service to students and professors as operational productivity increases and administrative activities become more complex. Public service activities are referred to as public services, and student academic services are one of the public service facilities. They provide a variety of printed and electronic information sources to students and lecturers to receive information on various student academic needs. The provision of public services through information systems has been carried out by the Faculty of Veterinary Medicine, Brawijaya University. The Academic Information System for students of the Faculty of Veterinary Medicine at Universitas Brawijaya (SIAM) provides information regarding academic services to students. It is a web-based application system built with the aim of making it easier for students and parents of students to get information about student status, registration, student biodata, online presence for online lectures (in the network), Completing the Study Plan Card (KRS), the Student Study Result Card (KHS), the lecture schedule, and making tuition payments. To support the implementation of the Tridarma of Higher Education, SIAM uses siam.ub.ac.id as a form of information system-based student academic service to support student academic activities. This research aims to investigate and analyze the influence of academic information system utilization on student satisfaction with educational services during the Covid-19 pandemic. The results can be utilized for the development of student academic information systems and educational services to address existing issues. The research method used is quantitative with a descriptive approach. Probability sampling method is employed, with the simple random sampling technique. The data collection technique used is a survey with a questionnaire as the instrument. The use of the academic information system for students of the Faculty of Veterinary Medicine, University of Brawijaya (SIAM UB) greatly influences the level of satisfaction with student academic services during the Covid-19 pandemic. This can be explained when effort expectations (effort expectancy) and social factors (social influence) are determinant factors in influencing the interest in using academic information systems. There are differences in this empirical evidence with previous studies due to the alleged differences in supporting facilities and infrastructure, services provided, socialization regarding the use of the information system, and also the culture or culture in the use of information systems. Factors such as weak management commitment to service quality, inaccurate perceptions of feasibility, inaccurate standardization of tasks in providing services, and inaccurate formulation of goals in providing services can also influence service quality.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423030015 |
Uncontrolled Keywords: | UTAUT Model, sistem informasi akademik mahasiswa, tingkat kepuasan, layanan akademik |
Subjects: | 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:16 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202291 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fitri Kusumawardani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |