Fauziyah, Farah Fairuz and Dr. Bambang Santoso Haryono, MS. and Taufiq Akbar Al Faj’ri, SS. M.Pd. (2023) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Kependidikan [Studi Pada SMP Islamic Qon Gresik]. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kedisiplinan sangat penting bagi setiap individu terutama pada lembaga pendidikan sebagai contoh dalam implementasi kehidupan sehari – hari karena kedisiplinan adalah salah satu kunci berhasil tidaknya suatu proses pembelajaran. Oleh karenanya, SMP Islamic Qon Gresik mengutamakan peran kepala sebagai supervisor dalam mengatasi permasalahan terkait dengan kedisiplinan. Penelitian yang berikut ini dilakukan dengan tujuan hendak mengetahui serta mendeskripsikan peran seorang kepala sekolah sebagai seorang supervisor untuk meningkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan serta mengetahui dan menganalisis faktor – faktor yang memengaruhi hal tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP Islamic Qon Gresik yang berlokasi di Jl. Rantau Gang Masjid No. 1, Wonorejo, GKB, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Penelitian berikut ini tergolong dalam penelitian berbasis deskriptif dengan metode pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data yang dipergunakan pada penelitian berikut ini adalah data yang bersifat primer maupun data yang bersifat sekunder yang mana metode pengumpulan datanya didapatkan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian berikut terkait dengan peran kepala sekolah sebagai seorang supervisor untuk meningkatkan kedisiplinan tenaga kependidikan sangat baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya penyelesaian permasalahan tentang keterlambatan yang diimplementasikan melalui beberapa kegiatan.
English Abstract
Discipline is very important for everyone especially for educational institutions in daily life’s implementation because discipline is one of the key succcess in learning process. Because of that, SMP Islamic Qon Gresik is the school which prioritize the principal’s roles as supervisor to overcome of discipline’s problems. This research aim to describe the principal’s role as supervisor to upgrade the discipline of educational staff and to describe the factor’s of that. This research in SMP Islamic Qon Gresik which located on Jl. Rantau Gang Masjid No. 1, Wonorejo, GKB, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. This reseacrh is descriptive research with qualitative methods. The data resources in this research is primary data and secondary data which the data collection due by interview, observation, and documetation. Based on the research of topic is very good. It is proven there is solution of the problems of discipline in that place wich implementated by many activities.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030062 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Supervisor, Kedisplinan, SMP Islamic Qon Gresik |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 02:58 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 02:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202276 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farah Fairuz Fauziyah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |