Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Sistem Akuntansi Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Melalui Aplikasi E-Commerce Pada Bank Jatim Dan Bapenda Kota Malang.

Makarim, Fadhillah Afrilia and Cacik Rut Damayanti, S.Sos. M.Prof.Acc., DBA (2023) Analisis Sistem Pengendalian Internal Pada Sistem Akuntansi Pembayaran Pajak Bumi Bangunan Melalui Aplikasi E-Commerce Pada Bank Jatim Dan Bapenda Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus dalam menganalisis sistem pengendalian internal pada sistem akuntansi yang berjalan pada pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Kota Malang yang menerapkan pembayaran melalui e-commerce dan pembayaran langsung dengan menggunakan teori unsur-unsur pengendalian inernal yang dikemukakan oleh Mulyadi (2018). Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menginterpretasikan objek penelitian melalui pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berdasarkan wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui model yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan terdapat kelemahan dari sistem pengendalian internal pada sistem akuntansi Bapenda Kota Malang dalam pengotorisasian dokumen dan validasi rekapan pada aplikasi yang digunakan. Pada Bank Jatim telah menerapkan sistem pengendalian internal dengan cukup baik. Dengan unsur-unsur sistem pengendalian internal yang dianalisis meliputi struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas; sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup; pegawai yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi; karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Peneliti menyarankan pihak Bank Jatim sebagai Bank persepsi daerah yang bersinergi dengan Bapenda Kota Malang mampu membantu Bapenda Kota Malang dalam melakukan penerimaan pembayaran PBB dengan menjalin hubungan baik dengan Nasabah atau Wajib Pajak dan juga untuk Bapenda Kota Malang agar terus meningkatkan sistem pengendalian internal mereka di era teknologi seperti ini.

English Abstract

This research focuses on analyzing the internal control system in the accounting system that runs on Land and Building Tax payments in Malang City which implement payments through e-commerce and direct payments using the theory of the elements of internal control put forward by Mulyadi (2018). This type of research is qualitative research by interpreting the object of research through a descriptive approach. Data collection techniques are based on interviews and documentation, while data analysis is carried out through the model proposed by Miles and Huberman. The results showed that there were weaknesses in the internal control system in the Bapenda of Malang City on the accounting system in document authorization and validation of recapitulation in the application used. Bank Jatim has implemented an internal control system quite well. The elements of the internal control system analyzed included an organizational structure that separated functional responsibilities strictly; a system of authority and recording procedures that provided sufficient protection; healthy employees in carrying out the duties and functions of each organizational unit; employees whose quality was in line with their responsibilities. Researchers suggest that Bank Jatim, a regional perception bank that synergizes with Bapenda of Malang City, is able to assist Bapenda of Malang City in receiving PBB payments by establishing good relations with customers or taxpayers and also for Bapenda of Malang City to continue to improve their internal control system in this technological era.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030061
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Internal, Pajak Bumi Bangunan, E-Commerce
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:35
Last Modified: 01 Aug 2023 02:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202272
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fadhillah Afrilia Makarim.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item