Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Chia Seed Safiyafood Melalui E-Commerce

Sahputra, Bagus Harry and Wisynu Ari Gutama, and Wisynu Ari Gutama, (2023) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Chia Seed Safiyafood Melalui E-Commerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebutuhan konsumen adalah hal yang dapat berubah-ubah. Perubahan-perubahan tersebut dapat dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan kebutuhan dan keinginan konsumen ketika ingin melakukan pembelian. Sehingga dalam kegiatan pemasaran, seorang pemasar harus mampu untuk memahami perilaku konsumen agar kegiatan pemasaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Perilaku konsumen akan mempengaruhi bagaimana konsumen memutuskan untuk membeli sebuah produk atau tidak. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam waktu beberapa tahun ini adalah munculnya sebuah pandemi bernama covid-19 yang menyebabkan begitu banyak sektor kehidupan manusia yang berubah, begitu pula perilaku konsumen. Perubahan tersebut berupa gaya hidup dan bagaimana seorang konsumen beralih dari pembelian secara konvensional menjadi pembelian melalui e-commerce. Sehingga pada penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terkait dengan produk Chia Seed Safiyafood yang merupakan salah satu produk makanan sehat yang menjadi pilihan konsumen ketika pandemi menyerang. Sehingga dengan mengetahui perilaku konsumen terkait dengan faktor apa yang membuat mereka membeli, akan memberikan gambaran bagi perusahaan terkait dengan karakteristik konsumen, dan menjadi pertimbangan perusahaan untuk menyusun strategi pemasaran. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan November 2022- Januari 2023. Jumlah responden pada penelitian ini ditentukan dengan rule of thumb sebanyak 115 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis statistik akan menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Warp PLS 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persamaan struktural yang terbentuk dari hasil analisis dengan SEM yaitu Y1 = 0,037X1 + 0,157X2 + 0,324X3 + 0,247X4 + 0,122X5. Persamaan tersebut menunjukkan hubungan antara brand image, brand trust, gaya hidup, harga, dan media sosial terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan persamaan tersebut, variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian adalah gaya hidup, yang kemudian diikuti oleh harga, brand trust, media sosial, dan brand image. Pada penelitian ini ditemukan bahwa brand image dan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sehingga hal yang harus menjadi perhatian bagi perusahaan adalah untuk mempertahankan serta terus meningkatkan pembangunan penggunaan media sosial untuk membangun citra yang dapat memberikan edukasi terkait gaya hidup sehingga dapat memberikan trust¸image yang baik, serta keputusan pembelian produk Chia Seed Safiyafood dapat meningkat.

English Abstract

Consumer needs are things that can change. These changes can be influenced by the existence of factors that can influence changes in consumer needs and desires when they want to make a purchase. So that in marketing activities, a marketer must be able to understand consumer behavior so that marketing activities can run effectively and efficiently. Consumer behavior will affect how consumers decide to buy a product or not. One of the factors that has influenced consumer behavior in recent years is the emergence of a pandemic called covid-19 which has caused so many sectors of human life to change, as well as consumer behavior. These changes are in the form of lifestyle and how a consumer switches from conventional purchases to purchases through e-commerce. So this research was conducted to find out what factors influence consumer purchasing decisions related to Chia Seed Safiyafood products, which are one of the healthy food products that consumers choose when a pandemic strikes. So by knowing consumer behavior related to what factors make them buy, it will provide an overview for companies related to consumer characteristics, and become a consideration for companies to develop marketing strategies. This research will be conducted in November 2022-January 2023. The number of respondents in this study was determined by the rule of thumb as many as 115 respondents using a purposive sampling technique. Statistical analysis will use the Structural Equation Modeling (SEM) analysis tool with the help of Warp PLS 8.0 software. The results of this study indicate that the structural equation formed from the results of the analysis with SEM is Y1 = 0.037X1 + 0.157X2 + 0.324X3 + 0.247X4 + 0.122X5. This equation shows the relationship between brand image, brand trust, lifestyle, price, and social media on purchasing decisions. Based on this equation, the variable that has the greatest influence on purchasing decisions is lifestyle, which is then followed by price, brand trust, social media, and brand image. In this study it was found that brand image and social media had no significant effect on purchasing decisions. So that the thing that must be a concern for the company is to maintain and continue to improve the development of the use of social media to build an image that can provide education related to lifestyle so that it can provide a good trust¸image, and purchasing decisions for Chia Seed Safiyafood products can increase

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040192
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 01 Aug 2023 01:25
Last Modified: 01 Aug 2023 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202263
[thumbnail of DALAM MASA  EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BAGUS HARRY SAHPUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item