Muafadi, Ardian and Dr. Fitria Dina Riana, (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Behavioral Intention Konsumen Dalam Penggunaan Aplikasi Online Food Delivery Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi komunikasi, khususnya internet, telah membawa dampak besar pada perubahan perilaku sosial masyarakat. Penggunaan media sosial dan aplikasi pesan instan menjadi cara baru dalam berkomunikasi. Selain itu, pola konsumsi juga mengalami perubahan yang signifikan. Penggunaan aplikasi online untuk memesan makanan menjadi pilihan yang semakin populer dalam membeli makanan. Seiring dengan berubahnya pola konsumsi, aplikasi online food delivery menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk membeli makanan. Membuat membeli makanan secara online melalui aplikasi tersebut semakin populer. Semakin banyaknya masyarakat yang memilih untuk memesan makanan melalui aplikasi pesan makanan daripada pergi ke restoran, pasar aplikasi ini menjadi semakin besar dan menguntungkan. Hal ini membuat persaingan di pasar aplikasi antar makanan menjadi semakin ketat. Agar perusahaan aplikasi tersebut dapat bersaing dengan pesaingnya, perusahaan aplikasi tersebut perlu untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen dalam menggunakan aplikasi tersebut, sehingga dapat menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan niat konsumen dan memperbesar peluang konsumen untuk menggunakan aplikasi tersebut. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah perceived uselfulness, perceived ease of use dan price saving orientation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use dan price saving orientation terhadap behavioral intention konsumen dalam penggunaan aplikasi online food delivery di Kota Malang dan menentukan strategi yang tepat dalam meningkatkan behavioral intention konsumen dalam penggunaan aplikasi online food delivery di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang, Jawa Timur selama bulan January hingga February 2023. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pengambilan purposive sampling dengan menggunakan rumus unknown population dan jumlah sampel yang didapatkan adalah 100 orang pengguna aplikasi online food delivery. Dalam menganalisis data menggunakan aplikasi SPSS. Data yang digunakan merupakan data primer yaitu dengan melalui kuisioner dengan skala likert yaitu denngan penilaian: Sangat Setuju : 5, Setuju : 4, Netral : 3, Tidak Setuju : 2, dan Sangat Tidak Setuju : 1. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis deskriptif. Hasil dari analisa regresi linear menunjukkan bahwa perceived uselfulness, perceived ease of use dan price saving orientation mempengaruhi behavioral intention konsumen dalam penggunaan aplikasi online food delivery. Tetapi yang berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention konsumen dalam penggunaan aplikasi tersebut hanya perceived uselfulness dan price saving orientation sedangkan untuk perceived ease of use tidak signifikan. Hasil data kuesioner menunjukkan bahwa rata- rata hasil jawaban responden pada variabel perceived uselfulness, perceived ease of use, dan price saving orientation masing-masing yaitu 4,24, 4,29 dan 3,12. Dari hasil rata-rata tersebut menunjukkan bahwa konsumen merasa aplikasi pesan makanan berguna dan mudah dalam penggunaannya didalam kehidupan. Sedangkan konsumen tidak yakin apakah aplikasi ini bisa menghemat uang atau biaya yang dikeluarkan apa tidak. Oleh karena itu supaya aplikasi antar makanan dapat meningkatkan behavioral intention konsumen dalam menggunakan aplikasi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan inovasi pada promosi, harga yang ditawarkan dan kegunaannya, seperti menambah promosi, menurunkan harga dan menambahkan atau meningkatkan fitur pada aplikasi tersebut
English Abstract
Communication technology, particularly the internet, has had a significant impact on the social behavior of society. The use of social media and instant messaging applications has become a new way of communication. In addition, consumption patterns have also undergone significant changes. The use of online food ordering applications has become a popular choice for purchasing food. Along with the changing consumption patterns, online food delivery applications have become one of the options for people to buy food. Ordering food online through these applications has become increasingly popular. As more people choose to order food through food delivery apps instead of going to restaurants, the market for these apps is growing and becoming more profitable. This has made the competition in the food app market increasingly intense. To compete with their competitors, the food app companies need to understand the factors that influence consumers' intention to use their app, so they can determine the appropriate strategies to increase consumer intention and improve the chances of consumers using their app. The factors used in this research are perceived usefulness, perceived ease of use, and price-saving orientation. The purpose of this research is to analyze the influence of perceived usefulness, perceived ease of use, and price-saving orientation on consumers' behavioral intention in using online food delivery applications in the city of Malang and to determine the appropriate strategies to increase consumers' behavioral intention in using online food delivery applications in Malang. This research uses a quantitative research approach. The research was conducted in the city of Malang, East Java from January to February 2023. The sample determination in this research was carried out using purposive sampling technique with the unknown population formula, and the number of samples obtained was 100 users of online food delivery applications. The data used was primary data collected through a questionnaire with a Likert scale of: Strongly Agree: 5, Agree: 4, Neutral: 3, Disagree: 2, and Strongly Disagree: 1. Data analysis technique used multiple linear regression analysis and descriptive analysis using SPSS application. The results of the multiple linear regression analysis showed that perceived usefulness, perceived ease of use, and price-saving orientation influence consumers' behavioral intention in using online food delivery applications. However, only perceived usefulness and price-saving orientation significantly affect consumers' behavioral intention in using the app, while perceived ease of use is not significant. The questionnaire data showed that the average scores of respondents on the perceived usefulness, perceived ease of use, and price-saving orientation variables were 4.24, 4.29, and 3.12, respectively. These results indicate that consumers find food ordering apps useful and easy to use in their daily lives. However, they are unsure whether the app can save them money or not. Therefore, to increase consumers' behavioral intention in using the app, food delivery apps can improve their innovation in promotions, pricing, and functionality, such as adding more promotions, lowering prices, and enhancing the features of the app
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523040188 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202259 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ardian Muafadi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |