Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Mie X Di Kota Malan

Ramadhani, Adellia Naula and Prof. Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin, and Fadia Rayesa, (2023) Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Konsumen Mie X Di Kota Malan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis kuliner merupakan sektor yang sedang berkembang di Kota Malang. Data dari BPS (2023) menyebutkan bahwa Kota Malang mengalami peningkatan jumlah rumah makan sebesar 2,07% dalam periode 2019-2022, dan berdampak pada semakin ketatnya kompetisi yang terjadi antar pelaku usaha. Mie X merupakan salah satu rumah makan mie pedas yang sedang berkembang dan menjadi pilihan bagi masyarakat Kota Malang. Meskipun baru berdiri pada tahun 2016, Mie X dapat dikatakan memiliki perkembangan yang pesat. Dengan lebih dari 100 outlet yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali, yang mana angka tersebut berhasil membawa Mie X untuk mengalahkan pihak kompetitornya. Keberhasilan ini menyebabkan pihak pesaing mulai melakukan upaya untuk merebut kembali pangsa pasarnya, salah satunya melalui diferensiasi produk. Kondisi ini menjadi ancaman bagi Mie X, sebab Mie X belum pernah melakukan inovasi produk sejak pendirian pertamanya. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya penerapan strategi yang dapat membantu Mie X untuk mempertahankan posisinya sekaligus memenangkan persaingan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis pengaruh variabel harga, cita rasa, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang, dan (2) Mengetahui variabel yang paling memengaruhi loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2022. Penentuan sampel dilakukan melalui non probability sampling dengan teknik berupa purposive sampling kepada 162 responden. Kriteria yang digunakan ialah responden pernah melakukan pembelian di Mie X minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir, dan berada pada usia 17-40 tahun. Metode analisis yang digunakan yaitu (1) Analisis deskriptif untuk mendeskripsikan karakteristik responden, (2) SEM-PLS dengan software berupa WarpPLS 7.0 untuk menganalisis bagaimana pengaruh antara harga, cita rasa, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, karakteristik responden pada penelitian ini didominasi oleh perempuan dengan usia 21-30 tahun. Pekerjaan mayoritas responden adalah mahasiswa/i dengan uang saku Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000. Karakteristik selanjutnya yaitu mayoritas responden telah menjadi konsumen dari Mie X selama > 2 tahun. Penelitian ini memberikan hasil bahwa harga, cita rasa, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh sebesar 41,9% terhadap loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang, sedangkan sisanya sebesar 58,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian dan eror. Berdasarkan hasil penelitian, variabel harga, cita rasa, dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dengan cita rasa sebagai variabel yang paling mempengaruhi loyalitas konsumen, sedangkan variabel kualitas pelayanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen Mie X di Kota Malang. Oleh sebab itu, perusahaan disarankan untuk dapat meningkatkan strategi yang diterapkan pada variabel kualitas pelayanan, serta mempertahankan strategi pemasaran yang berkaitan dengan harga, cita rasa, dan promosi, sehingga kesetiaan konsumen tetap dapat dipertahank

English Abstract

Culinary business (F&B) is a growing sector in Malang City. According to BPS (2023), Malang has experienced an increase in the number of restaurants by 2.07% from 2019-2022. The increasingly fierce degree of rivalry among business actors was impacted by this condition. Mie X is a brand of spicy noodle restaurant that is currently growing and loved by many consumers in Malang. Mie X, which was just founded in 2016, has managed to surpass its rivals and has grown quickly, with more than 100 outlets distributed over Java and Bali. Due to this success, other companies start making new efforts to regain the market share. One of the strategies is through the product differentiation. This condition causes Mie X in a danger situation, because they have never introduced any new products since it was founded. Therefore, it is important to create a strategy that would help them hold onto its position, while outperforming the competitors in the market. The purposes of this study were (1) to analyze the effect of price, taste, service quality, and promotion variables on Mie X consumer loyalty in Malang City, and (2) to find out what variable has the most influence on Mie X consumer loyalty in Malang City. This research was conducted in November – December 2022. The determination of the sample was carried out using the non-probability sampling with purposive sampling technique to 162 respondents. The criteria used were that respondents had made purchases at Mie X at least twice in the last three months and were aged 17–40 years. The analytical methods used are: (1) descriptive analysis to describe the characteristics of the respondents; and (2) SEM-PLS method with WarpPLS 7.0 to analyze how does the influence between price, taste, service quality, and promotion on consumer loyalty to Mie X in Malang City. Based on the result, the characteristics of the respondents in this study were dominated by women between 21–30 years old. Most respondents are college students, with an allowance level of IDR 1,000,000 – IDR 3,000,000. The next characteristic is most respondents have been a consumer of Mie X for more than two years. This research gives result that price, taste, service quality, and promotion have an effect of 41.9% on consumer loyalty for Mie X in Malang City, while the remaining 58.1% are influenced by other variables outside the research model and error. Based on the results, variables price, taste, and promotion have a positive and significant effect on consumer loyalty, with taste being the variable that give the most influences to consumer loyalty, meanwhile the service quality variable has no significant effect on consumer loyalty of Mie X in Malang City. In order to sustain customer loyalty, the company suggested to maximize their marketing strategy related to the service quality, as well as preserve their strategies related to price, taste, and promotion, so that consumer loyalty can be mainta

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040178
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:40
Last Modified: 31 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202240
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adellia Naula Ramadhani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item