Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Pangsa Pasar Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Tambang Batu Bara Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 - 2021)

Pangestu, Suciati Hanung and Prof. Dr. Made Sudarma, (2022) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Pangsa Pasar Perusahaan (Studi Empiris Perusahaan Tambang Batu Bara Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 - 2021). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR) terhadap pangsa pasar perusahaan dengan variable kontrol nilai perusahaan dan profitabilitas pada perusahaan pertambangan batu bara yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sebanyak 100 sampel perusahaan pertambangan batu bara berhasil dikumpulkan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel menggunakan aplikasi EViews 12. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pangsa pasar perusahaan. Sedangkan untuk variable kontrol nilai perusahaan, dan profitabilitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pangsa pasar perusahaan. Hal ini, mengindikasikan bahwa pengungkapan CSR menjadi salah satu indikator peningkatan impresi publik terhadap kinerja perusahaan yang dilakukan untuk lingkungan sekitarnya, dan berdampak secara kontinu terhadap peningkatan pangsa pasar perusahaan.

English Abstract

This study aims to examine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure on company market share with control variables of firm value and profitability of coal mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2021. The samples of the study include 100 coal mining companies selected through purposive sampling, and are analyzed by panel data regression utilizing EViews 12 software. The results of the study exhibited that both Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure and the control variables (firm value and profitability) had a positive and significant effect on company market share, implying that CSR disclosure is one of indicators of public impression improvement on company performance for the surroundings, leading to continuous market share growth.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020512
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab sosial, nilai perusahaan, profitabilitas, pangsa pasar, corporate social responsibility, firm value, profitability, market share
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:17
Last Modified: 25 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202118
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SUCIATI HANUNG PANGESTU.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item