Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening Studi Wp Pribadi Di Kota Malang

Meilana, Sherly and Prof. Sutrisno T, and Dr. Zaki Baridwan, (2022) Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Umkm Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening Studi Wp Pribadi Di Kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh perubahan tarif pajak, sosialisasi perpajakan, dan pengetahuan wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM yang ada di kota Malang dengan kesadaran wajib pajak sebagai mediasi. Studi ini menggunakan teori atribusi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari menyebarkan kuesioner melalui google form. Studi ini menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh 203 responden yang dapat dianalisis. Software analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SmartPLS 3. Hasil studi ini menunjukkan bahwa perubahan tarif pajak, sosialisasi perpajakan, dan pengetahuan wajib pajak dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Perubahan tarif pajak, sosialisasi perpajakan, dan pengetahuan wajib pajak meningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak. Kesadaran wajib pajak yang tinggi akan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Penurunan tarif pajak yang didasari oleh peraturan pemerintah nomor 23 tahun 2018 membuat persepsi dari diri wajib pajak untuk patuh. Kesadaran wajib pajak juga dapat timbul dengan cara mengikuti kegiatan sosialisasi perpajakan yang diadakan. Pengetahuan yang dimiliki wajib pajak yang tinggi mengenai perpajakan akan dapat meningkatkan kesadaran wajib pajak untuk patuh

English Abstract

The objective of this research is to assess the effects of tax rate changes, tax socialization, and taxpayer’s knowledge on the tax compliance of MSME in Malang city with the mediation of tax awareness. This research uses attribution theory and primary data obtained from questionnaires distributed via Google Forms. The application of purposive sampling resulted in 203 respondents. The data analysis performed in SmartPLS 3 has led to findings that tax rate changes, tax socialization, and taxpayer’s knowledge increase taxpayer’s compliance, that taxpayer’s awareness mediates the effects of tax rate changes, tax socialization, and taxpayer’s knowledge on taxpayer’s compliance, and that high tax awareness will increase tax compliance. The decrease of tax rate based on the government regulation number 23 of 2018 has created the compliance of the taxpayers. Taxpayer’s awareness can also be built through participations in tax socialization events. Finally, the high knowledge of taxpayers regarding tax can increase their awareness toward tax compliance

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: :0422020102
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Wajib Pajak, Kesadaran wajib pajak, perubahaan tarif pajak, sosialisasi perpajakan, pengetahuan wajib pajak, taxpayer’s compliance, taxpayer’s awareness, tax rate changes, tax socialization, taxpayer’s knowledge
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: S2/S3 > Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:47
Last Modified: 25 Jul 2023 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202105
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sherly Meilana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item