Hubungan Servant Leadership terhadap Etika Pelayanan Publik dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang)

Maulidia, Dina and SUJARWOTO, S.IP., M.Si., M.PA. and Dr. Abd. Qadir Muslim, S.Pd.I., M.Pd (2023) Hubungan Servant Leadership terhadap Etika Pelayanan Publik dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem Pemerintahan Berbasis elektronik (SPBE) atau dikenal sebagai implementasi e-government adalah upaya pemerintah untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung sistem pemerintah dan meningkatkan efektivitas kinerja pemerintah. Praktik pelayanan publik melalui e-government ini dibutuhkan praktisi e-government untuk mengimplementasikan pengetahuan yang sesuai dan strategi manajemen dalam hubungannya dengan penerapan e-government. Indikator yang mendukung pelaksanaan tersebut yaitu sosial yang berkenaan dengan etika dan kepemimpinan. Etika dalam pelaksanaannya masih ditemukan pegawai pemerintah yang melakukan perilaku tidak etis di lingkungan pemerintah, maka dari itu diperlukan faktor kepemimpinan yang dinilai dapat memperkaya keterampilan supaya dapat menunjukkan jalan menuju peningkatan pelayanan publik yang berorientasi pada etika. Berdasarkan etika pelayanan publik diharapkan pegawai siap dan tanggap dengan merespon setiap permintaan sesuai dengan kebiasaan-kebiasaan yang dianggap baik berlandaskan rasa kepemimpinan melayani yang mementingkan kepentingan organisasi diatas kepentingan pribadi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan servant leadership terhadap etika pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatori dengan teknik sampling total pada 77 pegawai Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership memberikan adanya hubungan secara signifikan sebesar 0.519 terhadap etika pelayanan publik. Disamping itu pula servant leadership memberikan hubungan positif dan signifikan melalui p value sebesar 0.007 ≤ 0.05. Artinya servant leadership berhubungan pada proses berlangsungnya etika pelayanan publik dalam pelaksanaan SPBE di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang.

English Abstract

Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) or known as the implementation of e-government is the government's effort to utilize information and communication technology to support government systems and improve the effectiveness of government performance. The practice of public service through e-government requires e-government practitioners to implement appropriate knowledge and management strategies in relation to e-government implementation. The indicators that support this implementation are social issues related to ethics and leadership. Ethics in its implementation is still found in government employees who carry out unethical behavior in government circles, therefore a leadership factor is needed which is considered to enrich skills so that it can show the way towards improving ethics-oriented public services. Based on public service ethics, it is expected that employees are ready and responsive by responding to every request in accordance with habits that are considered good based on a sense of servant leadership that prioritizes organizational interests above personal interests. The purpose of this study is to determine the relationship between servant leadership and public service ethics. This study used a quantitative explanatory research method with a total sampling technique on 77 employees of the Communication and Informatics Office of Malang Regency The results showed that Servant Leadership provided a significant relationship of 0.519 to the ethics of public services. Besides that, servant leadership also provides a positive and significant relationship through a p value of 0.007 ≤ 0.05. This means that servant leadership is related to the ongoing process of public service ethics in the implementation of SPBE at the Communication and Informatics Office of Malang Regency.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030049
Uncontrolled Keywords: Servant Leadership, Etika Pelayanan Publik, SPBE, E-Government,-Servant Leadership, Public Service Ethics, SPBE, E-Government
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:09
Last Modified: 21 Jul 2023 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/202052
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dina Maulidia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item