Pengaruh Adopsi Media Sosial Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Umkm Dengan Mediasi Keunggulan Kompetitif (Studi Pada Umkm Kuliner Di Kota Surabaya Selama Pandemi Covid-I9)

Pertiwi, Ninda Annisa Mufida and Prof. Dr. Margono Setiawan, and Dr. Mintarti Rahayu, (2023) Pengaruh Adopsi Media Sosial Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Umkm Dengan Mediasi Keunggulan Kompetitif (Studi Pada Umkm Kuliner Di Kota Surabaya Selama Pandemi Covid-I9). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana adopsi media sosial dan inovasi produk dapat mempengaruhi kinerja UMKM kuliner di Kota Surabaya dengan mediasi keunggulan kompetitif. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan mengenai hubungan kausal antara variabel-variabel yang digunakan melalui pengujian hipotesis. Purposive sampling dipertimbangkan oleh peneliti berdasarkan kriteria sampel UMKM kuliner yang telah ditentukan. Data primer dalam penelitian ini bersumber dari 120 responden melalui angket/kuesioner, hasil jawaban responden dianalisis dengan metode analisis SEM-PLS dan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa adopsi media sosial serta implementasi inovasi produk oleh UMKM yang efektif mampu meningkatkan keunggulan kompetitif UMKM maupun meningkatkan kinerja UMKM yang lebih baik secara langsung. Hasil pengujian mediasi menunjukkan bahwa keunggulan kompetitif memberikan peran mediasi secara parsial pada pengaruh adopsi media sosial terhadap kinerja UMKM serta menunjukkan peran mediasi secara parsial pada variabel inovasi produk terhadap kinerja UMKM. Penelitian ini menyarankan kepada pemilik atau pengelola UMKM untuk dapat terus mengeksplorasi adopsi media sosial untuk menunjang kegiatan usaha dan mengimplementasikan inovasi produk sesuai dengan kapabilitas yang dimiliki oleh setap UMKM

English Abstract

This study aims to analyze how the adoption of social media and product innovation can affect culinary MSME businesses' performance in Surabaya by mediating the role of competitive advantage. This type of research is explanatory research which explains the causal relationship between the variables used through hypothesis testing. Purposive sampling was considered by researchers based on predetermined culinary MSME sample criteria. The primary data in this study came from 120 respondents through a questionnaire, the results of the respondents' answers were analyzed using the SEM-PLS analysis method and Smart PLS 3.0 software. The results of this study state that the adoption of social media and the effective implementation of product innovation by MSMEs can directly increase the competitive advantage of MSMEs and improve MSME performance. The results of the mediation test show that competitive advantage provides a partial mediating role in the effect of social media adoption on MSME performance and offers a partial mediating role in product innovation variables on MSME performance. This research suggests that MSME owners or managers can continue to explore the adoption of social media to support business activities and implement product innovations by the capabilities of each MSME

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: :0422020095
Uncontrolled Keywords: Adopsi Media Sosial, Inovasi Produk, Keunggulan Kompetitif, Kinerja UMKM, Social Media Adoption, Product Innovation, Competitive Advantage, MSME Performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:54
Last Modified: 20 Jul 2023 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201976
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ninda Annisa Mufida Pertiwi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item