Wicaksono, Muchammad Andrianto and Dr.Wahdiyat Moko, and Dr. Rofiaty, (2022) Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Umkm Dengan Keunggulan Bersaing Dan Strategi Inovasi Sebagai Mediasi ( Studi Pada Umkm Agribisnis Perkebunan Dan Pasca Panen Kopi Di Malang Raya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam barang Industri pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam barang. Kopi adalah salah satunya. Salah satu ekspor terbesar Indonesia ke seluruh dunia adalah kopi. Indonesia, produsen kopi terbesar ketiga dunia, mengakui kopi sebagai barang pokok. Menurut pertanian.go.id, ada 1,2 juta hektar perkebunan kopi di Indonesia. Lahan perkebunan kopi masyarakat mencapai 96% dari luas perkebunan, sedangkan sisanya 4% dimiliki oleh perusahaan swasta. Hal ini menunjukkan pentingnya perkebunan rakyat bagi industri kopi Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana penerapan orientasi kewirausahaan di perkebunan dan pengolahan pascapanen komoditas kopi melalui peran mediasi keunggulan bersaing dan strategi inovasi untuk meningkatkan kinerja UMKM di agroindustri perkebunan dan pascapanen. panen kopi di Malang Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Data diperoleh dari kuesioner dan dokumen yang diperlukan. Pengujian menggunakan partial Least square (PLS-SEM) dan bootstrap. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM sedangkan peran keunggulan bersaing dan strategi inovasi sebagai mediasi orientasi kewirausahaan tidak mampu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM pada UMKM agroindustri perkebunan dan pasca panen kopi di Malang Raya.
English Abstract
Agriculture industry in Indonesia has produced various commodities; one of them is coffee, the country’s highest export commodity. Being the third largest coffee exporting country, Indonesia admits that it is a substantial produce. According to pertanian.co.id, Indonesia’s coffee estates cover 1.2 million hectares of land; 96% of which belong to individuals, and the remaining 4% are controlled by private companies. The ratio indicates the importance of people’s plantation for Indonesia’s coffee industry. The objective of this research is to measure to which extent the application of entrepreneurial orientation in coffee plantation and post- harvest processing improves the performance of micro, small, and medium-sized coffee plantation enterprises in Grater Malang with the mediation of competitive advantage and innovation strategy using survey method. The data was acquired from questionnaires and necessary documents, and the assessments were performed using Partial Least Squares (PLS-SEM) and bootstrapping. This study reveals that entrepreneurial orientation directly has a significant and positive effect on the enterprises’ performance and that mediation of competitive advantage and innovation strategy is neither positive nor significant on the enterprises’ performance.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | :0422020088 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi kewirausahaan , strategi inovasi, keunggulan bersaing, kinerja UMKM, perkebunan dan paska panen kopi, entrepreneurial orientation, innovation strategy, competitive advantage, MSME performance, coffee plantation and post-harvest |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:54 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201902 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muchammad Andrianto Wicaksono.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |