Faktor yang Menentukan Sikap dan Pengaruhnya Terhadap Minat Keperilakuan dalam Menggunakan Ecommerce

Lestari, Della Puspita and Dr. Zaki Baridwan,, Ak., CPA., CA (2022) Faktor yang Menentukan Sikap dan Pengaruhnya Terhadap Minat Keperilakuan dalam Menggunakan Ecommerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi sikap penggunaan terhadap minat keperilakuan individu dalam menggunakan ecommerce. Studi ini menggunakan model Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM). Studi ini menggunakan metode survei dan mengambil sampel dari Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 220 responden. Studi ini menggunakan Partial Least Square (PLS) untuk menguji data penelitian. Hasil studi ini adalah konstruk persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi risiko, dan kepercayaan berpengaruh terhadap sikap. Selanjutnya sikap penggunaan berpengaruh terhadap minat keperilakuan dalam menggunakan ecommerce. Implikasi studi ini adalah relevan bagi pihak e-commerce untuk dapat mengembangkan sistem informasi dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu dalam menggunakan e-commerce.

English Abstract

This study aims to examine the factors affecting the attitude on behavioral intention to use e-commerce platforms, utilizing the Modification of Technology Acceptance Model (TAM). The data of this study are collected through survey of 220 respondents of Accounting Department students of Faculty of Economics and Bussiness, Universitas Brawijaya. The Partial Least Square (PLS) analysis results revealed that perceived ease of use, perceived of usefulness, perceived risk, and trust affected the attitude; and the attitude affected the behavior intention. The implication of this study are relevant for ecommerce developers as they may consider the factors affecting an individual intention to use e-commerce platform in developing information systems.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: :0522020374
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model (TAM), e-commerce, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi risiko, kepercayaan, sikap penggunaan, minat keperilakuan, Technology Acceptance Model (TAM) e-commerce, perceived ease ofuse, perceived usefulness, perceived risk, trust, attitude, behavior intention.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 16 Jun 2023 08:03
Last Modified: 16 Jun 2023 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201746
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Della Puspita Lestari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item