Perumusan Strategi Bisnis Pada Pabrik Tahu Raos Abadi Untuk Meraih Keunggulan Bersaing

Rofiq, Ahmad Faiqun Nawwar and Dr. Drs. Fatchur Rohman, SE., M.Si., CMA. (2022) Perumusan Strategi Bisnis Pada Pabrik Tahu Raos Abadi Untuk Meraih Keunggulan Bersaing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perumusan strategi bisnis yang tepat untuk meraih keunggulan bersaing pada Pabrik Tahu Raos Abadi sehingga perusahaan dapat memiliki keunggulan bersaing dari para pesaingnya. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimulai dengan mengidentifikasi, menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh pada Pabrik Tahu Raos Abadi serta menentukan strategi berdasarkan alternatif perumusan strategi menggunakan analisis Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor Evaluation), SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats), dan IE Matriks. Berdasarkan hasil penelitian, faktor lingkungan internal Pabrik Tahu Raos Abadi terdiri dari empat kekuatan dan empat kelemahan, sedangkan faktor lingkungan eksternal usaha Pabrik Tahu Raos Abadi terdiri dari empat peluang dan empat ancaman. Adapun alternatif penetapan strategi yang dihasilkan menggunakan Analisis SWOT dan IE Matriks yaitu strategi Hold and Mantain yang dapat dilakukan dengan melakukan Market Penetration dan Product Development. Market penetration dapat dilakukan dengan cara meningkatkan biaya promosi, meningkatkan kegiatan promosi di media sosial dan memperluas jaringan agen di berbagai tempat. Product development dapat dilakukan dengan mengikuti dan mempelajari strategi penjualan pesaing, memperbaiki kualitas produk yang sudah ada dan membuat inovasi produk baru.

English Abstract

The objective of this research is to analyze the formulation of the correct business strategy for Raos Abadi, a bean curd producing company, so it can have some competitive advantage over other similar companies. This qualitative descriptive research starts by identifying and analyzing the internal and external environmental factors of the company. Then, the results of the identification and analysis were processed using IFE (Internal Factor Evaluation) matrix, EFE (External Factor Evaluation) matrix, SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) matrix, and IE matrix. This study finds that the internal environmental factor of Raos Abadi consists of four strengths and four weaknesses, while its external factor consists of four opportunities and four threats. Then, using SWOT and IE matrix, the company is advised to apply hold-and-maintain strategy through market penetration and product development. The penetration can be done by increasing promotion cost, intensifying promotions in social media, and expanding its agency network in more places. Then, product development can be carried out by keeping informed about and anticipating competitors’ sales strategy, improving the quality of the existing products, and innovating for new products.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020369
Uncontrolled Keywords: Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, IE Matriks. strategy, IFE matrix, EFE matrix, SWOT matrix, IE matrix.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:48
Last Modified: 15 Jun 2023 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201711
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
AHMAD FAIQUN NAWWAR ROFIQ.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item