Pemilihan Moda Bike Sharing sebagai Angkutan Pengumpan di Kawasan Stasiun Gubeng

Annisadina, Tristina and Prof. Dr. Ir. Budi Sugiarto Waloejo,, MSP and Ir. Ismu Rini Dwi Ari,, MT., Ph.D (2023) Pemilihan Moda Bike Sharing sebagai Angkutan Pengumpan di Kawasan Stasiun Gubeng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan Stasiun Gubeng telah ditetapkan sebagai kawasan beorientasi transit (TOD) sebagai upaya mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh penggunaan kendaraan pribadi yang tinggi di Kota Surabaya. Namun pergerakan meninggalkan Stasiun Gubeng masih didominasi oleh kendaraan bermotor pribadi. Selain itu, konektivitas menuju Stasiun Gubeng juga masih terbatas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan merencanakan penyediaan bike sharing untuk mendukung perjalanan jarak pendek sekaligus mendukung fungsi TOD di Kawasan Stasiun Gubeng. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna kereta jarak dekat di Kawasan Stasiun Gubeng yang merupakan calon potensial pengguna bike sharing serta probabilitas pemilihan moda bike sharing sebagai moda perjalanan angkutan pengumpan. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner diolah menggunakan analisis statistik deskriptif (distribusi frekuensi) dan analisis multinomial logit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik yang dimiliki oleh pengguna kereta paling banyak merupakan perempuan, usia 21 – 30 tahun, melakukan perjalanan untuk kegiatan ekonomi, dengan jarak perjalanan last mile 1 – 1,5 km. Pengguna kereta memiliki preferensi pada sistem bike sharing paling banyak berupa sepeda pedal elektrik, jalur sepeda cycle track, dan sistem penyewaan berupa aplikasi. Pengguna kereta juga menilai kebijakan transportasi yang berlaku saat ini masih tergolong murah. Hasil perhitungan probabilitas pemilihan moda bike sharing sebagai angkutan pengumpan di Kawasan Stasiun Gubeng didapatkan sebesar 6% dari pengguna kereta.

English Abstract

Gubeng Stasion Area has dictated as one of transit oriented development (TOD) area as an attempt to reduce congestion caused by the high usage of private vehicles in Surabaya city. However, the mobility around Gubeng Station Area are still dominated by private motor vehicles. Moreover the connectivity to Stasiun Gubeng are still limited. Therefore, Government of Surabaya is planning to develop bike sharing to provide the short-range mobility, as well as to support the function of TOD at Gubeng Stasion Area. This study aimed to identify the chareteristics of last mile trip from regional train passanger in Gubeng Station Area who are the potential user of bike sharing also the probability of bike sharing mode choice as last mile mode The data needed in this study are collected by distributing questionnaires before being analysed by statistic descriptive analysis (frequency distribution) and multinomial logistic regression. The result found the characteristic that mostly found in this study are women, 21 – 30 years old, trip for economic activities, and last mile distance between 1 – 1,5 km. This study also found that most respondents prefers bike sharing with electric pedal bike, bike line with cycle track, and rent system use smartphone apps. In terms of pricing, regional train users consider the current transportation policies are still affordable. The probability of bike shaing mode choice as last mile mode in Gubeng Station Area is 6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070529
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Moda, Bike Sharing, Angkutan Pengumpan, Analisis Multinomial Logit-Mode Choice, Bike Sharing, Last Mile Mode, Multinomial Logistic Regression
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:38
Last Modified: 15 Jun 2023 03:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201695
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
TRISTINA ANNISADINA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item