Analisis Strategi Pemasaran Memggunakan Analisis Swot Dan Qspm (Studi Kasus Pada Online Thrift Shop Twice Looker )

Wahdah, Ajeng Anis and Radhita Dwi Vata Hapsari,, SE., MM. Ph.D (2022) Analisis Strategi Pemasaran Memggunakan Analisis Swot Dan Qspm (Studi Kasus Pada Online Thrift Shop Twice Looker ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu hal kecil yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak buruk lingkungan yang dihasilkan oleh fast fashion, yaitu dengan berbelanja barang bekas. Namun banyak bisnis tersebut yang hampir mengalami kegagalan. Salah satu faktor yang mendominasi, yaitu lemahnya strategi perencanaan pemasaran. Maka dari itu Twice Looker perlu memperkuat perencanaan pemasarannya, agar dapat menciptakan pertumbuhan bisnis jangka panjang, menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dari wawancara dan observasi, serta data sekunder berupa dokumen usaha dan jurnal. Alat analisis yang digunakan, yaitu IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, dan QSPM. Kondisi pemasaran bisnis Twice Looker pada IE Matrix berada pada kuadran V, dengan jenis strategi hold and maintain, penetrasi pasar dan pengembangan produk dapat digunakan sebagai alternatif strategi. Berdasarkan hasil QSPM yang dilakukan, strategi penetrasi pasar merupakan alternatif strategi yang paling tepat untuk digunakan pada bisnis Twice Looker dengan TAS sebesar 5,12. Beberapa hal yang dapat Twice Looker lakukan untuk meningkatkan strategi pemasarannya, yaitu membuat perencanaan promosi penjualan secara online, serta konsisten melakukan dan meningkatkan promosi penjualan tersebut

English Abstract

One of the small things that can be done to reduce the negative effects of fast fashion on the environment is purchasing used goods. However, there are many companies engaged in used-goods sales do not survive; the dominating cause is failure in choosing marketing strategies. In order to avoid similar unwanted results, Twice Looker, a thrift shop business, needs to strengthen its marketing plan to create long-term business growth using SWOT and QSPM analyses. This descriptive case study uses primary data, acquired from interviews and documentation, and secondary data in forms of business documents and journals. They were analyzed using IFE Matrix, EFE Matrix, SWOT Matrix, and QSPM. The results indicate that Twice Looker is on the fifth quadrant, which suggests the use of hold-and-maintain strategy, market penetration, and product development. Further, the results of the QSPM indicate that market penetration strategy is the most appropriate alternative, with the TAS value of 5.12. therefore, the management of Twice Looker are advised to enhance their marketing by formulating online sales promotion planning and to consistently conducting and continuing the said promotion.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522020359
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM, Marketing Strategy, SWOT, QSPM
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 15 Jun 2023 01:29
Last Modified: 15 Jun 2023 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201645
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ajeng Aniswahdah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item