Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Wisata Eduaksi Dadaprejo.

Parlindungan, Soaniton David Stefanus and Dr. Fitria Dina Riana, , SP.,MP and Imaniar Ilmi Pariasa,, SP.,MP.,M.BA (2023) Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Wisata Eduaksi Dadaprejo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis sebagai penggerak perekonomian suatu negara yang pertumbuhannya sangat pesat dari tahun ke tahun, hal tersebut dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat akan melakukan kegiatan rekreasi. Wisatawan mulai memiliki ketertarikan dengan wisata yang bersifat pedesaan. Wisata Eduaksi Dadaprejo merupakan kegiatan wisata atau rekreasi sembari menambah ilmu yang bertempat di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Wisata Eduaksi Dadaprejo menawarkan kegiatan-kegiatan yang menarik. Dari kegiatan-kegiatan yang ada para wisatawan akan mendapatkan ilmu baru serta dapat belajar secara langsung dari ketiga wisata yang ada. Melalui komunikasi pemasaran, para pengelola tempat wisata dapat menyampaikan berbagai hal mengenai tempat wisatanya, tujuannya agar dapat menarik perhatian dan minat dari para wisatawan untuk berkunjung. Penggunaan eWOM (Electronic Word of Mouth) dapat membantu pengembangan pengelolaan tempat wisata, dikarenakan komentar yang ada dapat bersifat positif maupun negatif yang dapat menjadi bahan evaluasi untuk para pengelola tempat wisata untuk meningkatkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk eWOM (Electronic Word of Mouth) terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Wisata Eduaksi Dadaprejo dan menganalisis pengaruh dimensi eWOM (Electronic Word of Mouth) terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Wisata Eduaksi Dadaprejo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November-Desember 2022 di Wisata Eduaksi Dadaprejo yang ditentukan secara purposive atau bertujuan dengan pertimbangan yaitu Kota Batu merupakan salah satu tempat wisata yang diminati oleh banyak wisatawan dan Kota Batu sendiri memiliki destinasi-destinasi wisata yang berbentuk agrowisata atau wisata alam. Sampel yang diperlukan sebanyak 137 responden yang ditentukan melalui pendekatan Cohen untuk mengetahui jumlah sampel yang digunakan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Adapun bantuan software yang digunakan adalah WarpPLS 7.0 dalam menganalisis data penelitian yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk dan jenis komentar yang ada sangat beragam. Komentar positif yang ada dapat berdampak baik untuk meningkatkan citra yang baik, sedangkan komentar negatif dapat menjadi suatu pembelajaran dan evaluasi untuk pengembangan Wisata Eduaksi Dadaprejo. Adanya instagram juga merupakan inovasi yang baik, karena dapat menjadi wadah ii untuk berinteraksi antar sesama wisatawan atau dengan pengelola tempat wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel Electronic Word of Mouth (eWOM) yang terdiri dari platform assistance (X1), helping the company (X2), concern for others (X3), dan expressing positive feelings (X4) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Adapun saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah memaksimalkan penggunaan media sosial dalam kegiatan promosi untuk meningkatkan brand awareness seperti adanya dokumentasi atau vlog mengenai kegiatan yang ada, serta menjaga dan meningkatkan pelayanan, fasilitas, daya tarik dan keunggulan dari Wisata Eduaksi Dadaprejo untuk memicu adanya eWOM positif atau pengalaman yang baik dari wisatawan. Selanjutnya untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti variabel dari Electronic Word of Mouth (eWOM) yang lain, menambahkan keberagaman responden dan mengembangkan model penelitian dengan ditambahkan nya variabel mediasi atau terhadap variabel lainnya

English Abstract

The tourism sector is one of the strategic sectors for driving a country's economy, whose growth is very rapid from year to year, this is influenced by the community's need for recreational activities. Tourists are starting to have an interest in rural tourism. Wisata Eduaksi Dadaprejo is a tourism or recreational activity while increasing knowledge which is located in Dadaprejo Village, Junrejo District, Batu City. Wisata Eduaksi Dadaprejo offers interesting activities. From existing activities, tourists will gain new knowledge and can learn directly from the three existing tours. Through marketing communications, managers of tourist attractions can convey various things about their tourist attractions, the aim being to attract the attention and interest of tourists to visit. The use of eWOM (Electronic Word of Mouth) can help develop the management of tourist attractions, because existing reviews can be positive or negative which can be used as evaluation material for managers of tourist attractions to improve their business. The purpose of this study is to describe the form of eWOM (Electronic Word of Mouth) on tourist visiting decisions at Dadaprejo Educational Tourism and to analyze the influence of eWOM (Electronic Word of Mouth) dimensions on tourist visiting decisions at Wisata Eduaksi Dadaprejo. This research was conducted in November-December 2022 at Wisata Eduaksi Dadaprejo which was determined purposively or aimed with the consideration that Batu City is one of the tourist attractions that are of interest to many tourists and Batu City itself has tourist destinations in the form of agrotourism or nature tourism. The required sample is 137 respondents determined by the Cohen approach to determine the number of samples used. The sampling technique used in this study used a non-probability sampling approach using a purposive sampling method. Data collection techniques used were observation, interviews, questionnaires and analyzed using the Structural Equation ModelingPartial Least Square (SEM-PLS) analysis tool. The software assistance used is WarpPLS 7.0 in analyzing the research data that has been collected. The results of the study show that comments on the internet or Instagram social media can provide benefits as a tool or media to make it easier for potential visitors or tourists to find the information they need before carrying out visiting activities. Instagram social media plays a role in making it easier for visitors to find information about the facilities, advantages, and attractions of Wisata Eduaksi Dadaprejo. Instagram social media can also be a forum for interaction between tourists and the manager of Wisata Eduaksi Dadaprejo or fellow tourists. The results of the study show that the Electronic Word of Mouth (eWOM) variables consisting of platform assistance (X1), helping the company (X2), concern for others (X3), dan iv expressing positive feelings (X4) have a positive and significant influence on the decision to visit. The suggestions that can be put forward in this research are maximizing the use of social media in promotional activities to increase brand awareness such as documentation or vlogs regarding existing activities, as well as maintaining and improving services, facilities, attractiveness and advantages of Dadaprejo Educational Tourism to trigger eWOM. positive or good experiences from tourists. Furthermore, for further research, it can examine other variables from Electronic Word of Mouth (eWOM), increase the diversity of respondents and develop research models with the addition of mediating variables or other variables.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040157
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Wisata Pedesaan, Keputusan Berkunjung, Electronic Word of Mouth, Rural Tourism, Visit Decision
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:26
Last Modified: 13 Jun 2023 03:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201512
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Soaniton David Stefanus Parlindungan.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item