Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial Instagram terhadap Minat Pembelian Sayur Pack di Kota Yogyakarta.

Handini, Serrina Dwi and Dr. Fadli Mulyadi,, SP., MP. and Vi’in Ayu Pertiwi, , SP., MP (2023) Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial Instagram terhadap Minat Pembelian Sayur Pack di Kota Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan ibu kota dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi keempat di Indonesia dan didominasi oleh pekerja/mahasiswa maupun pekerja. Kebanyakan pelajar/mahasiswa ataupun pekerja lebih memilih mengkonsumsi fast food dibandingkan sayuran, dikarenakan oleh faktor minat konsumsi yang rendah atau tidak memiliki waktu untuk sekadar melakukan sarapan, sehingga mereka lebih memilih untuk membeli makanan cepat saji yang dapat memenuhi selera makan. Akibatnya ialah tingkat konsumsi sayur dan buah-buahan pada masyarakat Indonesia rendah. Kehadiran media sosial dianggap dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi jual beli produk. Namun, tidak semua pemasar memiliki strategi untuk memasarkan produknya di media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mendalami strategi promosi media sosial yang dilakukan oleh akun @paktani.co karena dinilai kurang luas dalam memasarkan produknya dan kurang menciptakan komunikasi yang baik pada followers. Maka dari itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai pengaruh strategi promosi yang dilakukan oleh akun instagram @paktani.co untuk mengetahui minat beli produk yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2022, dengan tujuan mengetahui tingkat minat pembelian sayur pack pada akun instagram @paktani.co, dan menganalisis pengaruh strategi promosi akun tersebut secara parsial dan simultan dalam meningkatkan minat pembelian sayur pack di Kota Yogyakarta. Responden penelitian ini sebanyak 100 orang yang ditentukan melalui judgment sampling dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa tingkat minat responden dalam membeli sayur pack pada akun instagram @paktani.co berkategori sedang dan sudah berada di tahap desire atau memiliki keinginan untuk membeli produk. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel context dan connection terhadap minat beli sayur pack secara parsial. Sedangkan keseluruhan variabel independen yaitu context, communication, collaboration, dan connection berpengaruh positif dan signifikan secara bersamasama dengan kontribusi sebesar 57,1% terhadap minat beli sayur pack pada akun instagram @paktani.co di Kota Yogyakarta. Variabel context mendominasi dalam mempengaruhi minat beli konsumen, dikarenakan kelengkapan informasi yang terdapat pada akun tersebut dapat menarik followers untuk percaya dan membeli produk yang ditawarkan.

English Abstract

Yogyakarta City is the capital of the Special Region of Yogyakarta which has the fourth highest population density in Indonesia and is dominated by students and workers. Most students or workers prefer to consume fast food compared than vegetables, due to the factor of low interest in consumption or not having time for breakfast, so they prefer to buy fast food that can satisfy their appetite. As a result, the level of consumption of vegetables and fruit in Indonesia is low. The presence of social media is considered to make it easier for users to make product buying and selling transactions. However, not all marketers have a strategy for marketing their products on social media. This research was conducted to explore the social media marketing strategy carried out by the @paktani.co account because it is considered to be less extensive in marketing its products and doesn’t make good communication with their followers. Therefore, further research is needed regarding the influence of the promotional strategy carried out by the Instagram account @paktani.co to determine interest in buying the products offered. This research was conducted from October to December 2022, with the aim of knowing the level of interest in buying vegetable packs on the Instagram account @paktani.co and analyzing the influence of the account promotion strategy partially and simultaneously in increasing interest in buying vegetable packs in Yogyakarta City. Respondents in this study were 100 people who were determined through judgement sampling and analyzed using multiple linear regression analysis. Based on the research that has been done, the results show that the level of interest of respondents in buying vegetable packs on the Instagram account @paktani.co is in the medium category and desire to buy the product. There is a positive and significant effect of context and connection variables on the intention to buy packaged vegetables partially. Meanwhile, all the independent variables, namely context, communication, collaboration, and connection, have a positive and significant contribution together with a contribution of 57,1% to the intention to buy packaged vegetables on the Instagram account @paktani.co in the Yogyakarta City. Context variable dominate in influencing consumer buying interest, because the completeness of the information contained in these accounts can attract followers to trust and buy the products offered.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040153
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:42
Last Modified: 13 Jun 2023 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201497
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Serrina Dwi Handini.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item