Saputra, Indra Adi and Teguh Dwi Widodo, ST., M.Eng., Ph.D. and Dr. Eng. Lilis Yuliati, ST, MT. (2022) Pengaruh Variasi Sudut Dan Jarak Penembakan Sandblasting Pada Proses Pretreatment Terhadap Kualitas Pelapisan Cat Dan Potensial Korosi Pada Baja Karbon Rendah. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam dunia perkapalan, baja merupakan salah satu material yang sering digunakan sebagai komponen utama. Akan tetapi harus diketahui bahwa baja ini sangat rentan terhadap korosi, hal ini disebabkan rendahnya ketahanan korosi baja terutama pada lingkungan laut. Maka diperlukan suatu cara untuk mencegah dan melindungi baja dari berbagai kerusakan yang mungkin terjadi dengan tujuan untuk memperpanjang masa pakai material baja tersebut. Metode pencegahan korosi yang terkenal adalah pelapisan, yaitu pelapisan yang diterapkan pada permukaan suatu benda untuk tujuan dekoratif atau untuk melindungi benda tersebut dari kontak langsung dengan lingkungan. Profil permukaan menentukan hasil pengecatan, dimana profil permukaan yang kasar memungkinkan cat menempel dengan kuat. Metode yang sering digunakan untuk membuat profil kekasaran adalah sandblasting dengan menembakkan partikel abrasif ke permukaan baja untuk menghasilkan kekasaran permukaan. Hal-hal yang menentukan hasil sandblasting antara lain tekanan udara, serbuk abrasif atau pasir yang digunakan, sudut dan jarak tembak. Dari penjelasan diatas maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi sudut dan jarak pretreatment proses sandblasting terhadap kualitas lapisan cat dan sifat korosi baja karbon rendah. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kekasaran permukaan, kekuatan rekat cat dan sifat/potensi korosi. Variasi sudut dan jarak yang digunakan adalah sudut 30⁰, 45⁰, 60⁰, 75⁰, 90⁰ dan jarak tembak 15 cm, 25 cm, 35 cm, 45 cm, 50 cm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar sudut dan semakin dekat jarak sandblasting maka nilai kekasaran permukaan semakin dalam dan kasar. Semakin kasar profil kekasaran permukaan yang dihasilkan, maka semakin tebal pula lapisan cat yang melapisinya, sehingga menyebabkan kekuatan rekat nya semakin kuat. Jadi semakin tebal lapisannya dan semakin kuat daya rekat catnya, maka korosi nya akan semakin berkurang sehingga dapat melindungi baja. Nilai tertinggi diperoleh pada sudut 90⁰ dan jarak 15 cm dengan nilai kekasaran permukaan 6,621 μm, nilai kekuatan rekat cat sebesar 8, 64 Mpa dan nilai sifat/potensi korosi untuk posisi awal -0, 0703 V dan posisi akhir -0, 0592 V
English Abstract
In the world of shipbuilding, steel is one of the materials that is often used as the main component. However, it must be known that this steel is very susceptible to corrosion, this is due to the poor corrosion resistance of steel, especially in marine environments. So a method is needed to prevent and protect steel from various damages that may occur with the aim of extending the service life of the steel material. A well-known corrosion prevention method is the coating, which is a coating applied to the surface of an object for decorative purposes or to protect the object from direct contact with the environment. The surface profile determines the result of the painting. The rough surface profile allows the paint to adhere firmly. The method often used to create roughness profiles is the sandblasting by shooting abrasive particles onto the surface of the steel to produce surface roughness. The things that determine the results of the sandblasting include air pressure, abrasion powder or sand used, angle and distance of shooting. From the explanation above, the purpose of this study was to determine the effect of variations in the angle and distance of sandblasting process pretreatment on the quality of the paint coating and the corrosion properties of low carbon steel. Tests carried out in this study were surface roughness, paint adhesion strength and corrosion properties/potential. Variations of angles and distances used are angles of 30⁰, 45⁰, 60⁰, 75⁰, 90⁰ and shooting distances of 15 cm, 25 cm, 35 cm, 45 cm, 50 cm.The results showed that the greater the angle and the closer the sandblasting distance, the deeper and rougher the surface roughness value. The rougher the resulting surface roughness profile, the thicker the paint layer that coats it, thus causing the stronger the adhesive strength. So the thicker the layer and the stronger the adhesive strength of the paint, the less corrosive it will be so it can protect the steel. The highest value was obtained at an angle of 90⁰ and a distance of 15 cm with a surface roughness value of 6.621 μm, a paint adhesion strength value of 8.64 Mpa and a value of corrosion properties/potential for initial position -0.0703 V and final position -0.0592 V.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0422070054 |
Uncontrolled Keywords: | sandblasting, kekasaran permukaan, pull off, open circuit potential-sandblasting, surface roughness, pull off, open circuit potential. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering |
Divisions: | S2/S3 > Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:09 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201484 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
INDRA ADI SAPUTRA - tesis 2023.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (13MB) |
Actions (login required)
View Item |