Pengaruh Terpaan Media Instagram @kebunkumara pada Generasi Milenial terhadap Minat Berkebun Edible Garden Pasca Covid-19

Hasari, Reghina Hanun and Alia Fibrianingtyas,, S.P., M.P. (2023) Pengaruh Terpaan Media Instagram @kebunkumara pada Generasi Milenial terhadap Minat Berkebun Edible Garden Pasca Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instagram telah menjadi bagian dari gaya hidup generasi milenial. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna aktif Instagram Indonesia berada di peringkat ke5 teratas dari jumlah total pengguna aktif media sosial lainnya. Jumlah pengguna aktif Instagram memiliki jangkauan sebesar 99 juta pengguna selama tahun 2021. Media sosial Instagram dimanfaatkan oleh millennials baik untuk menyebarkan maupun mendapatkan informasi secara cepat dan mudah. Berawal dari keresahan akan isu lingkungan, beberapa millenials ibu kota membentuk sebuah komunitas berkebun yang diberi nama Kebun Kumara. Sosial media, terutama Instagram, dimanfaatkan sebagai media untuk menyebarkan informasi dan mengedukasi masyarakat terkait kegiatan berkebun. Akun sosial media Instagram Kebun Kumara diberi nama @kebunkumara. Akun tersebut membagikan berbagai postingan terkait kegiatan berkebun dalam bentuk foto, video, ataupun siaran langsung. Kebun Kumara dalam kegiatannya memiliki konsep berkebun permakultur, dimana jenis tanaman yang ditanam adalah berbagai jenis tanaman yang dapat dikonsumsi. Kebun jenis tersebut dapat disebut sebagai edible garden. Edible garden merupakan salah satu bentuk penerapan konsep urban farming (pertanian perkotaan) yang fokus terhadap penanaman berbagai jenis tanaman baik pangan maupun hias yang dapat dikonsumsi. Edible garden berisi edible plant atau tanaman produktif yang bagian-bagiannya aman untuk dapat dikonsumsi manusia. Edible plant dapat berupa sayur, rempah, obat, hingga bunga. Jacke (2005) menjelaskan bahwa edible garden dirancang secara sadar sebagai sebuah ekosistem yang berisi tumbuhan guna menunjang produksi pangan manusia. Edible garden menyediakan berbagai variasi tanaman yang dapat dikonsumsi sehingga dapat menunjang diversifikasi pangan dalam rumah tangga. Konten berkebun edible garden yang ditayangkan oleh @kebunkumara dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi pembelajaran yang menyenangkan dan menghibur oleh millennials. Pemaparan informasi yang kreatif dan komunikatif dapat memberikan perspektif lain pada millennials terhadap kegiatan berkebun edible garden sehingga dapat pula meningkatkan minat untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan menanam edible garden dapat dijadikan sebagai salah satu upaya peningkatan kemandirian pangan rumah tangga serta dapat mendukung gaya hidup berkelanjutan (sustainable lifestyle) pada millennials. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan terpaan media akun Instagram @kebunkumara pada millennials; 2) mengukur minat millennials pada kegiatan berkebun edible garden; dan 3) menganalisis pengaruh terpaan media akun @kebunkumara terhadap minat berkebun edible garden pada millennials di Kota Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan sengaja atau secara purposive di Kota Bandung, Jawa iv Barat. Penelitian dilakukan pada rentang watu bulan Agustus – Oktober 2022. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan pertimbangan tertentu berupa followers akun Instagram @kebunkumara yang berdomisili di Kota Bandung dan merupakan generasi milenial. Responden pada penelitian ini didapatkan sebanyak 83 orang yang sesuai dengan kriteria dan telah melakukan pengisian kuesioner. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner online dalam bentuk google form, studi literatur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat berkebun edible garden pada generasi milenial di Kota Bandung tergolong tinggi. Nilai persentase skor minat berkebun edible garden pada millennials sebesar 83,54%, sedangkan persentase terpaan media Instagram @kebunkumara memiliki nilai sebesar 80,67%. Hal ini dikarenakan millennials yang hingga saat ini tetap menjadi pengikut (followers) @kebunkumara secara aktif menyimak dan menyaksikan berbagai konten yang ditayangkan oleh akun tersebut. Followers @kebunkumara telah mendapatkan paparan atau terpaan informasi melalui konten-konten yang disaksikannya sehingga minat berkebun dalam diri yang muncul semakin tinggi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terpaan media Instagram @kebunkumara secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berkebun edible garden pada millennials dilihat berdasarkan nilai signifikansi < 0,1. Hal ini dikarenakan responden sejak awal telah memilih jenis media dan ragam tayangan yang ingin dikonsumsinya sehingga dapat membuat keputusan untuk menjadi followers tetap karena memiliki ketertarikan terhadap konten-konten yang disajikan.

English Abstract

Instagram has become part of the millennials lifestyle. This is evidenced by the number of Indonesian Instagram active users is ranked in the top 5 of the total number of active social media users. The number of active Instagram users has a reach of 99 million users during 2021. Social media Instagram is utilized by millennials both to disseminate and obtain information quickly and easily. Starting from concerns over environmental issues, several millennials in the capital city formed a gardening community called Kebun Kumara. Social media, especially Instagram, is used as a medium to disseminate information and educate the public regarding gardening activities. Kebun Kumara's Instagram social media account is named @kebunkumara. The account shares various posts related to gardening activities in the form of photos, videos or live broadcasts. Kebun Kumara in its activities has the concept of permaculture gardening, where the types of plants planted are various types of plants that can be consumed. This type of garden can be called an edible garden. Edible garden is a form of applying the concept of urban farming which focuses on planting various types of plants, both food and ornamental, that can be consumed. Edible garden contains edible plants or productive plants whose parts are safe for human consumption. Edible plants can be in the form of vegetables, spices, medicines, to flowers. Jacke (2005) explains that an edible garden is consciously designed as an ecosystem containing plants to support human food production. Edible gardens provide a wide variety of plants that can be consumed so that they can support food diversification in the household. The edible gardening content broadcast by @kebunkumara can be used as a source of fun and entertaining learning information by millennials. Presentation of creative and communicative information can provide millennials with another perspective on edible gardening activities so that they can also increase interest in applying it in everyday life. The activity of planting an edible garden can be used as an effort to increase household food self-sufficiency and can support a sustainable lifestyle for millennials. The objectives of this study are: 1) describe the media exposure of the Instagram @kebunkumara account to millennials; 2) measuring millennials' interest in edible garden gardening activities; and 3) analyzing the effect of exposure to the media account @kebunkumara on the interest in edible gardening among millennials in the city of Bandung. The research approach used is quantitative research. The research location was determined intentionally or purposively in the city of Bandung, West Java. The research was conducted in the time range August – October 2022. The determination of the sample was carried out using a non-probability sampling technique with certain considerations in the form of followers of the Instagram account @kebunkumara who are domiciled in the city of Bandung and are of the millennial vi generation. Respondents in this study found as many as 83 people who fit the criteria and have filled out the questionnaire. The data collection method was carried out by providing online questionnaires in the form of Google forms, literature studies, and documentation. The data analysis technique used in this study is simple regression. The results of the study showed that the millennials interest in edible gardening in the city of Bandung is high. The percentage value of interest in gardening edible gardens for millennials is 83.54%, while the percentage of media exposure to Instagram @kebunkumara has a value of 80.67%. This is because millennials, who until now remain followers of @kebunkumara, actively listen and watch various content broadcast by that account. Followers of @kebunkumara have received exposure or exposure to information through the content they have witnessed so that the interest in gardening within themselves is getting higher. The results of the data analysis show that exposure to the Instagram media @kebunkumara partially has a positive and significant influence on millennials' interest in edible gardening based on a significance value of <0.1. This is because the respondent from the beginning has chosen the type of media and the variety of impressions they want to consume so that they can make the decision to become regular followers because they have an interest in the content presented.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040136
Uncontrolled Keywords: Terpaan Media, Instagram, Kebun Kumara, Generasi Milenial, Minat Berkebun, Edible Garden, Media Exposure, Instagram, Kebun Kumara, Millennials, Interest in Gardening, Edible Garden.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:01
Last Modified: 12 Jun 2023 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201420
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reghina Hanun Hasari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item