Pengembangan Sistem Penyewaan Alat Event Berbasis Website Menggunakan Midtrans Sebagai Integrasi Payment Gateway (Studi Kasus : Cv. New Brilla Futura)

Syahputra, M Attala Reza and Bayu Rahayudi,, M.T., M.M. and Welly Purnomo,, S.T., M.Kom. (2023) Pengembangan Sistem Penyewaan Alat Event Berbasis Website Menggunakan Midtrans Sebagai Integrasi Payment Gateway (Studi Kasus : Cv. New Brilla Futura). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. New Brilla Futura adalah satu dari perusahan yang menggeluti bidang penyewaan kebutuhan alat event. Proses bisnis yang digunakan untuk melakukan proses pemesanan penyewaan alat, pengelolaan data sewa, transaksi penyewaan alat, serta pembayaran berupa screenshoot bukti transfer juga dilakukan secara manual dimana pembeli berinteraksi menggunakan whatsapp perusahaan. Hal ini dianggap kurang efektif dan menghasilkan laporan yang tidak valid. Maka dari itu, dibuat pengembangan sistem informasi yang terintegrasi dengan payment gateway Midtrans yang dapat memudahkan pihak pengelola maupun pembeli dalam melakukan pemesanan maupun mengelola pemesanan. Pengembangan sistem diawali dengan analisis kebutuhan melalui konsultasi dengan pemangku kepentingan. Setelah mendapatkan hasilnya, dibuat rancangan ke dalam bentuk sequence diagram, class diagram, physical data model. Lalu membuat prototype untuk menggambarkan kebutuhan sistem secara visual. Implementasi sistem berupa aplikasi berbasis website dengan menggunakan framework Laravel dengan integrasi yang dilakukan kepada midtrans. Pengujian sistem dijalankan melalui validation testing dan semua kasus uji menerima status valid. Pengujian kegunaan dilakukan dengan menggunakan System Usability Scale dan mendapatkan skor rata-rata 87,5 artinya sistem penyewaan alat mendapatkan status Acceptability Range Acceptable berdasarkan survei kuesioner terhadap 8 responden.

English Abstract

CV. New Brilla Futura is one of the companies engaged in the rental of event equipment needs. The business process used to process equipment rental orders, manage rental data, equipment rental transactions, and payments in the form of screenshots of proof of transfer is also done manually where buyers interact using the company's WhatsApp. This is considered less effective and produces invalid reports. Therefore, the development of an information system that is integrated with the Midtrans payment gateway is made which can make it easier for managers and buyers to place orders and manage orders. System development begins with a needs analysis through consultation with stakeholders. After getting the results, a design is made in the form of a sequence diagram, class diagram, physical data model. Then make a prototype to visually describe the system requirements. Implementation of the system in the form of a website-based application using the Laravel framework with integration made to midtrans. System testing is carried out through validation testing and all test cases receive valid status. Usability testing was carried out using the System Usability Scale and obtained an average score of 87.5, meaning that the equipment rental system received Acceptability Range Acceptable status based on a questionnaire survey of 8 respondents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052315
Uncontrolled Keywords: Penyewaan Alat, Laravel, Payement Gateway Midtrans, System Usability Scale, equipment Rental, Laravel, Payment Gateway Midtrans, System Usability Scale
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: PKN 03 UB
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:39
Last Modified: 09 Jun 2023 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201313
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M ATTALA REZA SYAHPUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item