Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kepatuhan Pasien Gagal Jantung Dalam Merawat Diri Di Rumah

Putra, I Kadek Yoga Darma and Agi Putra Kharisma,, S.T., M.T and Issa Arwani,, S.Kom., M.Sc. (2021) Pengembangan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kepatuhan Pasien Gagal Jantung Dalam Merawat Diri Di Rumah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasien gagal jantung dapat mengalami rawat inap kembali yang diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kambuhnya penyakit yang diderita. Kekambuhan ini terjadi akibat pasien gagal jantung yang tidak patuh dalam melakukan aktivitas – aktivitas yang dianjurkan seperti tidak minum obat sesuai dengan perintah dokter dan tidak melakukan terapi yang dianjurkan. Untuk meningkatkan kepatuhan pasien gagal jantung dalam merawat diri di rumah dibutuhkan suatu pengingat dan pemberian edukasi kepada pasien gagal jantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat membantu pasien gagal jantung dalam memberikan pengingat dan pemberian edukasi mengenai gagal jantung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan perangkat lunak Waterfall. Metode ini dipilih karena kebutuhan fungsional pada sistem sudah didefinisikan dengan jelas sejak awal. Dalam penelitian ini juga menggunakan arsitektur Model View ViewModel (MVVM) dengan Clean Architecture. Pengujian yang dilakukan pada penelitian ini antara lain pengujian fungsional, usabilitas dan kompatibilitas. Pada pengujian fungsional menghasilkan persentase keberhasilan 100%. Pada pengujian usabilitas menghasilkan nilai success rate sebesar 87,5% pada kasus uji pasien gagal jantung dan 100% pada kasus uji tenaga kesehatan. Selain itu pengujian usabilitas dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan nilai atau score sebesar 75 pada kasus uji pasien gagal jantung dan masuk ke dalam kategori Good atau Acceptable. Sedangkan pengujian usabilitas dengan metode System Usability Scale (SUS) pada kasus uji tenaga kesehatan menghasilkan nilai atau score sebesar 79,5 dan masuk ke dalam kategori Good atau Acceptable. Pada pengujian kompatibilitas menghasilkan skala keberhasilan yang baik dari keseluruhan perangkat yang diuji yang mana memiliki tingkatan API level minimal 21 (versi Android lollipop 5.0).

English Abstract

Heart failure patients can experience re-hospitalization caused by several factors, one of which is the recurrence of the disease suffered. This recurrence occurs due to patients with heart failure who do not comply in carrying out recommended activities such as not taking medication in accordance with the doctor's orders and not carrying out the recommended therapy. To improve the compliance of heart failure patients in caring for themselves at home, a reminder and education is needed for heart failure patients. This study aims to develop an application that can help heart failure patients in providing reminders and education about heart failure. The method used in this research is Waterfall software development method. This method was chosen because the functional needs of the system have been clearly defined from the beginning. In this study also used Model View ViewModel (MVVM) architecture and Clean Architecture. Tests conducted in this study include functional, usability and compatibility testing. Functional testing produces a 100% success percentage. In usability testing resulted in a success rate of 87.5% in test cases of heart failure patients and 100% in the case of health workers test. In addition, usability testing using the System Usability Scale (SUS) method produces a score of 75 in the test case of heart failure patients and falls into the category of Good or Acceptable. While usability testing with System Usability Scale (SUS) method in the case of health workers test produces a score of 79.5 and falls into the category of Good or Acceptable. The compatibility testing resulted in a good success scale of the overall device tested which has an API level of at least 21 (Android lollipop version 5.0).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052115
Uncontrolled Keywords: Pasien gagal jantung, android, aplikasi perangkat bergerak, kotlin, firebase, model-view-viewmodel (MVVM), heart failure patient, android, mobile application, kotlin, firebase, model-view-viewmodel (MVVM).
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: PKN 03 UB
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:11
Last Modified: 09 Jun 2023 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201292
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
I Kadek Yoga Darma Putra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item