Parsaulian, Margaretha and Mohammad Fajar Shodiq Ramadlan, S.IP., M.IP (2022) Humor dan Marketing Politik: Analisis Wacana Kritis Roasting sebagai Strategi Branding Politik Bakal Calon Kandidat Presiden dan Wakil Presiden 2024 (Studi Kasus: Anies Baswedan, Sandiaga Uno dan Erick Thohir). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Roasting pada hakikatnya merupakan bentuk penghormatan secara unik dengan menggunakan pengejekan, pengolokan dan kritik sarat satire atas diri seseorang. Penelitian ini berangkat dari titik dimana roasting yang sarat dengan muatan negatif nyatanya menjadi hal yang populer di kalangan politisi saat ini yang bahkan mendapatkan respon positif dari masyarakat yang menjadi khalayak dari tayangan video roasting. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk menganalisis kajian terkait bagaimana roasting dapat menjadi strategi branding politik dan alat komunikasi politik seorang bakal calon kandidat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan menggunakan analisis wacana kritis Van Dijk dalam menjabarkan bagaimana produksi wacana roasting dilakukan untuk mendapat penjabaran konteks yang lebih luas dari roasting. Peneliti juga melakukan wawancara pada tim bakal calon dan pihak yang terlibat dalam produksi roasting untuk mendapatkan gambaran mengenai branding politik yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat manipulasi kognitif dan rekayasa dalam proses produksi wacana roasting atas ketiga bakal calon. Hal tersebut kemudian yang menciptakan tren positif bagi diri bakal calon yang bertolak belakang dengan logika yang seharusnya terjadi, yakni dimana pengejekan negatif yang terkandung dalam roasting sewajarnya menimbulkan dampak negatif bagi citra seorang bakal calon. Di sisi lain, sebagai alat komunikasi politik roasting mampu meneruskan pesan politis yang sejalan dengan visi dan misi dari bakal calon yang di-roasting. Roasting kemudian tidak hanya menjadi isntrumen netral namun dapat diintervensi secara politis untuk membawa kebermanfaatan bagi branding politik bakal calon.
English Abstract
Roasting is essentially a form of respect in a unique way by using ridicule, mockery and satirical criticism of oneself. This research departs from the point where roasting, which is full of negative content, has in fact become a popular thing among politicians that encounter a positive acknowledgment from the public. This research then aims to analyze studies related to how roasting can become a political branding strategy and political communication tool for a potential political candidate. Qualitative-descriptive is applicated as a research method in this research by also utilizing Van Dijk's critical discourse analysis in describing how the production of roasting discourse is carried out in order to get an elaboration of the broader context of roasting. The researcher also conducted interviews with the prospective candidate team and parties involved in roasting production to get an overview of the political branding that aimed by the candidate team. The outcomes of the study show that there are cognitive manipulation and engineering in the production process of roasting discourse on the three prospective candidates. It creates a positive trend for prospective candidates which is contrary to the logic that should occur. Moreover, as a political communication tool, roasting is able to transmit political messages that are appopriate with the vision and mission of the candidates. This study shows that roasting then can be intervened politically to bring benefits to the political branding of prospective candidates
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052211 |
Uncontrolled Keywords: | Roasting, Alat Komunikasi Politik, Strategi Branding Politik-Roasting, Political Communication Tool, Political Branding Strategy |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:49 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:49 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201274 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MARGARETHA PARSAULIAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |