Maysaroh, Lilis Afifah and Ahmad Hasan Ubaid, S.IP., M.IP (2022) Analisis Politik Kekalahan Ir. H Suhandoyo, SP dalam Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 di Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dinamika politik lokal dalam proses pemilihan pemimpin masih menjadi perhatian masyarakat. Pemilihan kepala daerah di tingkat Kabupaten/Kota salah satunya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor kekalahan Suhandoyo pada Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Lamongan tahun 2020 yang menggunakan teori Marketing Politik 4p Niffenegger dan faktor lain yang menyebabkan kekalahaan Suhandoyo di Pilkada Lamongan tahun 2020. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni metode kualitatif deskriptif-komparatif dengan pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pilkada Kabupaten Lamongan tahun 2020 ini menampilkan wajah lama di Calon Bupati yakni Suhandoyo. Suhandoyo yang menerapkan proses giat pemenangan yang dilakukan oleh tim pemenangan yang masih kurang optimal dalam memperoleh perhatian masyarakat. Menggunakan strategi yang sama di Pilkada tahun 2010, dengan situasi dan kondisi yang berbeda. Serta dalam masa promosi yang dilakukan terdapat faktor lain yang mempengaruhi kekalahan Suhandoyo di Pilkada tahun 2020 Kabupaten Lamongan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat giat proses pemenangan Suhandoyo di Pilkada tahun 2020 Kabupaten Lamongan terdapat beberapa kekurangan yang dilakukan oleh tim pemenangan yakni branding media yang kurang dimanfaatkan oleh tim pemeangan, penguatan citra politik Suhandoyo sebagai wajah lama dalam kontestasi politik di Kabupaten Lamongan dan pengoptimalan wilayah dukungan. Terdapat faktor lain yang menyebabkan kekalahan Suhandoyo yakni maju jalur perseorangan menjadi bekal negatifnya yang sebelumnya anggota partai politik, lawannya merupakan mantan Sekertaris Daerah Pemerintah Lamongan yang memiliki keuntungan ketika maju menjadi Calon Kepala Daerah. Sehingga temuan dalam penelitian ini kekalahan yang dialami oleh Suhandoyo di Pilkada Kabupaten Lamongan tahun 2020 yakni tim pemenangan masih kurang prepare strategi giat pemenangan.
English Abstract
Local political dynamics in the process of electing leaders are still a public concern. The election of regional heads at the Regency/City level is one of them. This study aims to look at the factors of Suhandoyo's defeat in the 2020 regional elections in Lamongan Regency 2020 using Niffenegger's 4p Political Marketing theory and other factors that led to Suhandoyo's defeat in the 2020 Lamongan regional elections. The research method used by researchers is a descriptive-comparative qualitative method with data collection done by interviews, observation, and documentation The 2020 Lamongan Regency Pilkada displays an old face in the Regent Candidate, Suhandoyo. Suhandoyo who implemented an active winning process carried out by the winning team which was still not optimal in getting the public's attention. Using the same strategy in the 2010 Pilkada, under different circumstances. Also, during the promotion period, there were other factors that influenced Suhandoyo's defeat in the 2020 Pilkada in Lamongan Regency. Based on the results of this study, shows that there was an active process of winning Suhandoyo in the 2020 Pilkada in Lamongan Regency, there were several shortcomings carried out by the winning team, namely media branding that was underused by the winning team, strengthening Suhandoyo's political image as an old face in political contestation in Lamongan Regency and support area optimization. Other factors led to Suhandoyo's defeat, namely advancing as an individual as a negative provision because he was previously a member of a political party, his opponent was a former Regional Secretary of the Lamongan Government who had an advantage when he advanced to become a Regional Head Candidate. So the findings in this study are the defeat suffered by Suhandoyo in the 2020 Lamongan District Election, namely that the winning team still lacks an active strategy for winning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052211 |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik, Pilkada, dan Lamongan-Political Marketing, Regional Head Election, and Lamongan |
Subjects: | 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:40 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201259 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lilis Afifah Maysaroh.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |