Wibawa, Amanda Puti and Satrio Hadi Wijoyo,, S.Si., S.Pd., M.Kom and Nanang Yudi Setiawan,, S.T., M.Kom. (2021) Perancangan Antarmuka Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Bumdes Karangtengah Gemilang Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design (Hcd). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
BUMDES Karangtengah Gemilang memiliki Unit Simpan Pinjam yang digunakan oleh warga Desa Karangtengah untuk melakukan peminjaman dan penyimpanan uang. BUMDES Karangtengah Gemilang telah melakukan kontrak atau telah memiliki rencana membuat sistem informasi simpan pinjam pada anggaran desa tahun depan dengan tim IT yang ditunjuk oleh desa. Sistem informasi tersebut digunakan untuk memudahkan pengurus dalam melakukan kegiatan simpan pinjam. Tetapi saat akan melakukan pengembangan sistem infomasi, tim IT tersebut tidak melakukan pendekatan tertentu untuk mengetahui tampilan desain yang cocok sesuai kebutuhan dan fakta lingkungan/keadaan dari objek yang akan diimplementasikan sistem. Dengan adanya permasalahan tersebut, Ketua BUMDES dan Pengurus Unit Simpan Pinjam takut jika tampilan desain pada sistem tidak sesuai. Oleh karena itu, sebelum melakukan pengembangan, BUMDES Karangtengah Gemilang membutuhkan antarmuka dari sistem informasi simpan pinjam dengan menggunakan pendekatan atau metode tertentu yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan pada BUMDES Karangtengah Gemilang. Dari hasil wawancara yang dilakukan, diketahui jika pendekatan Human Centered Design (HCD) cocok diterapkan untuk melakukan perancangan antarmuka sistem informasi simpan pinjam. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan perancangan antarmuka sistem informasi simpan pinjam dengan menggunakan metode human centered design. HCD menjadi metode perancangan antarmuka yang berfokus pada manusia. Penelitian dilakukan dengan merencanakan proses human centered design, memahami dan menspesifikasikan konteks penggunaan, menspesifikasikan kebutuhan pengguna, menghasilkan solusi desain untuk memenuhi kebutuhan pengguna, dan mengevaluasi desain terhadap kebutuhan pengguna. Rancangan solusi desain yang dihasilkan adalah clickable prototype. Evaluasi dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD). FGD dilakukan dengan mempersilahkan pengguna mencoba solusi desain untuk mengelola data simpan pinjam, dengan tingkat kegunaan sesuai konteks penggunaan. Hasil dari focus group discussion yang telah dilakukan adalah 15 kesepakatan prioritas perbaikan, prioritas perbaikan tersebut telah dilakukan perulangan kembali untuk memperbaiki solusi desain.
English Abstract
BUMDES Karangtengah Gemilang has a Savings and Loan Unit which is used by Karangtengah Village residents to borrow and save money. BUMDES Karangtengah Gemilang has entered into a contract or has plans to create a savings and loan information system in the village budget next year with an IT team appointed by the village. This information system is used to facilitate management in carrying out savings and loan activities. However, when developing an information system, the IT team did not take the right approach to see a suitable design view according to the needs and environmental facts/circumstances of the object to be implemented by the system. With this problem, the Chairman of BUMDES and the Management of the Savings and Loan Unit are afraid that the appearance of the design on the system does not match. Therefore, before carrying out development, BUMDES Karangtengah Gemilang requires an interface from a savings and loan information system using a specific approach or method that is tailored to the needs and circumstances of the Karangtengah Gemilang BUMDES. From the results of the interviews conducted, it is known that the Human Centered Design (HCD) approach is suitable for designing a savings and loan information system interface. Therefore, this study conducted a savings and loan information system interface design using the human centered design method. HCD is becoming a human- focused interface design method. Research is carried out by planning a human- centered design process, understanding and specifying the context of use, specifying user needs, producing design solutions to meet user needs, and design needs to user needs. The resulting design solution is a clickable prototype. The evaluation was carried out by means of a Focus Group Discussion (FGD). The FGD was conducted by allowing users to try a design solution for saving and borrowing data, with a usability level according to the context of use. The results of the focus group discussions that have been carried out are 15 prioritized agreements for improvements, the priority improvements have been repeated to improve the design solution.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052115 |
Uncontrolled Keywords: | Antarmuka, human centered design, design guidelines and standards, evaluasi, focus group discussion, interface, human centered design, design guidelines and standards, evaluation, focus group discussion. |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | PKN 03 UB |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:10 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201245 |
Text
Amanda Puti Wibawa.pdf Download (10MB) |
Actions (login required)
View Item |