Patiung, Indri Wisudawati and Reza Safitri, S.Sos., M.Si., Ph.D and Maulina Pia Wulandari, S.Sos., M.Kom., Ph.D (2023) Kecenderungan Opini Publik Terhadap Isu 100 hari Kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin periode 2019-2024 Pada Media Sosial Twitter. Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tantangan terbesar penelitian ini adalah isu yang diangkat peneliti sudah lampau. Meskipun isu penelitian ini terbilang cukup lampau namun secara kajian ilmiah atau penelitian dalam negeri terkait analisis konten di Twitter yang menggunakan pendekatan Mix Method yang mengkaji kinerja Pemerintah masih minim jika ditinjau dari penelitian terdahulu. Secara empirik, fenomena mengenai kecenderungan opini publik yang menggunakan analisis sentimen memang sudah ada pada studi-studi ilmu komunikasi namun pada penelitian ini berbeda. Penelitian ini tidak hanya berhenti pada analisis sentimen atau kecenderungan opini publik saja melainkan menganalisis lebih dalam terkait analisis konten pada cuitan atau pesan dari publik sehingga penelitian ini memunculkan tema-tema besar yang bisa menjadi tolak ukur pemerintahan dalam mengevaluasi Kinerja Presiden dan Wakil Presiden sampai pada tahun 2024 mendatang. Penelitian ini menggunakan Big Data yang merupakan salah satu bidang teknologi baru terkait dalam bidang kajian komunikasi khususnya Public Opinion dan New Media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan opini publik dan mengidentifikasi isu sensitif serta menganalisis tema-tema yang muncul pada isu 100 hari kinerja Pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di media sosial Twitter. Jenis penelitian ini adalah Mix Method (Campuran). Teknik pengambilan data menggunakan pendekatan kuantitatif yakni Vader Analisis Sentimen untuk melihat berbagai opini pro dan kontra pada tataran publik secara online. Sedangkan, penggunaan NVivo pada analisis konten data kualitatif digunakan untuk menganalisis tema-tema besar yang muncul pada isu 100 hari Kinerja Jokowi-Ma’ruf. Hasil Penelitian content analysis menunjukkan bahwa muncul tema-tema besar yaitu pertama, pembentukan Kabinet Indonesia Maju, Pengangkatan Anggota Partai Oposisi ke pihak Koalisi, Isu mengenai Reshuffle Menteri, Omnimbus Law dan Kinerja Pemerintahan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah Kecenderungan Opini Publik terhadap Isu 100 hari Kinerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terbagi menjadi tiga kategori yakni sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral. Peran Twitter sebagai Media Komunikasi Politik sangat penting dalam proses pembentukan Opini Publik melalui tagar sehingga fungsi tagar tidak hanya untuk mengevalusi kinerja Pemerintah, namun bisa juga sebagai alat propaganda untuk menggiring opini individu mengarah pada opini negatif terhadap kebijakan pemerintah.
English Abstract
The biggest challenge of this research is that the issues raised by researchers are past. Even though this research issue is quite old, from a scientific point of view or domestic research related to content analysis on Twitter using a Mix Method approach that examines Government performance is still minimal when viewed from previous research. Empirically, the phenomenon regarding the tendency of public opinion to use sentiment analysis already exists in studies of communication science, but this research is different. This research does not only stop at sentiment analysis or public opinion tendencies, but also analyzes more deeply related to content analysis on tweets or messages from the public so that this research raises major themes that can become benchmarks for government in evaluating the performance of the President and Vice President up to 2024 coming. This study uses Big Data which is one of the new technological fields related to the field of communication studies, especially Public Opinion and New Media. The purpose of this study was to determine the tendency of public opinion and identify sensitive issues and analyze the themes that emerged on the 100-day issue of Joko Widodo and Ma'ruf Amin's government performance on Twitter social media. This type of research is Mix Method (Mixed). The data collection technique uses a quantitative approach, namely Sentiment Analysis Vader to see the various pros and cons opinions at the public level online. Meanwhile, the use of NVivo in qualitative data content analysis was used to analyze the major themes that emerged in the 100- day Jokowi-Ma'ruf Performance issue. The results of the content analysis research show that major themes emerge, namely first, the formation of the Advanced Indonesia Cabinet, Appointment of Opposition Party Members to the Coalition, Issues regarding Reshuffle of Ministers, Omnimbus Law and Government Performance. The conclusion of this study is the tendency of public opinion on the 100-day issue of the governmental performance of President Joko Widodo and Vice President Ma'ruf Amin divided into three categories, namely positive sentiment, negative sentiment and neutral sentiment
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 052211 |
Uncontrolled Keywords: | Opini Publik, Komunikasi Politik, Analisis Sentimen (Big Data), Analisis Konten, NVivo-Public Opinion, Political Communication, Sentiment Analysis (Big Data), Content Analytics, NVivo |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 09:31 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 09:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201238 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indri Patiung.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (10MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |