Pengembangan Usaha Agribisnis: Gandum Kranci “Bang AAL”

Faqih, Muhammad Al and Bayu Adi Kusuma, SP., MBA and Medea Rahmadhani Utomo, SP.,M.Si (2022) Pengembangan Usaha Agribisnis: Gandum Kranci “Bang AAL”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Gandum Kranci Bang AAL merupakan usaha yang mengusung tema healthy food karena berbahan dasar gandum semolina yang rendah kalori dan tinggi akan protein serta tersedia dengan 8 varian rasa yang fantastis. Gandum Kranci Bang AAL hadir pada bulan November tahun 2020 ditengah tinggi nya angka covid-19. Penulis merupakan pemilik usaha Gandum Kranci Bang AAL yang mengangkat judul daripada pengembangan usaha ini yang bertujuan sebagai salah satu bentuk kepedulian akan usaha tersebut, oleh karena itu penulis menyajikan beberapa metode sebagai tolak ukur dalam mendalami penelitian tersebut. Metode R/C Rasio dan Break Even Point merupakan metode yang digunakan penulis untuk melihat tingkat kelayakan usaha pada bisnis Gandum Kranci Bang AAL yang telah dibangun sendiri oleh pennulis selama kurang lebih 24 bulan. Perhitungan tingkat kelayakan usaha di lakukan sebagai upaya dalam melihat faktor penurunan dan peningkatan serta evaluasi usaha yang digunakan dalam pengembangan usaha di periode berikutnya, penulis menyusun data berdasarkan penjualan dan menganalisis berkaitan dengan faktor eksternal dan internal, yakni sumber daya manusia, perilaku konsumen, dan lain sebagainya. Pada usaha ini penulis menyajikan data berkaitan dengan total penjualan, pendapatan, penyebaran pembelian berdasarkan wilayah, dan laporan keuangan, selain itu penulis melampirkan pula metode dalam merancang strategi pengembangan pada usaha yang telah dilakukan dengan metode SWOT (Strength, Weekness, Opportunity, Threats) dan Business Model Canvas setiap periodenya. Pendapatan yang diterima oleh penulis sebagai pemilik usaha memiliki tingkat fluktuatif yang sangat beragam, hal ini dipengaruhi dengan adanya kendala dari pihak luar maupun dari pihak dalam usaha. Penulis berusaha menghadirkan produk inovasi berupa Hampers Edisi Lebaran sebagai bentuk diversifikasi produk penjualan, guna memperingati hari raya islam, dengan begitu penulis memiliki sumber pendapatan melalui penjualan produk yang lain.

English Abstract

Gandum Kranci Bang AAL is a business that carries the theme of healthy food because it is made from semolina wheat which is low in calories and high in protein and is available in 8 fantastic flavors. Gandum Kranci Bang AAL is here in November 2020 amidst the high number of Covid-19. The author is the owner of the Gandum Kranci Bang AAL business which raises the title of developing this business which aims as a form of concern for this business, therefore the author presents several methods as benchmarks in exploring this research. The R/C Ratio and Break Even Point Methods are methods used by the author to see the level of business feasibility in the Gandum Kranci Bang AAL business which the author has built himself for approximately 24 months. Calculation of the level of business feasibility is done as an effort to see the factors of decline and increase as well as evaluation of the business used in business development in the next period, the authors compile data based on sales and analyze it related to external and internal factors, namely human resources, consumer behavior, and others etc. In this business, the authors present data relating to total sales, income, distribution of purchases by region, and financial reports. In addition, the authors also attach methods for designing development strategies for businesses that have been carried out using the SWOT method (Strength, Weekness, Opportunity, Threats) and Business Model Canvas every period. The income received by the author as a business owner has very diverse fluctuating levels, this is influenced by constraints from outsiders and from parties in the business. The author tries to present an innovative product in the form of Lebaran Edition Hampers as a form of product sales diversification, to commemorate Islamic holidays, so the author has a source of income through the sale of other products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040102
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: PKN 01 UB
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:31
Last Modified: 08 Jun 2023 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201224
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Al Faqih.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item