Pengaruh Terpaan Iklan "Waktu Indonesia Belanja" Melalui Televisi Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Marketplace Tokopedia

Pramesthi, Hanum Kanthi and Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos., M.Si (2022) Pengaruh Terpaan Iklan "Waktu Indonesia Belanja" Melalui Televisi Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Marketplace Tokopedia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam menjalankan suatu strategi perusahaan, komunikasi pemasaran mengambi peranan yang krusial. Salah satunya adalah periklanan yang mampu memengaruhi perilaku individu serta meningkatkan kesadaran merek. Perkembangan teknologi membuat sistem periklanan semakin beragam, namun iklan melalui media televisi masih memegang peranan yang krusial untuk menjangkau khalayak secara massal. Penelitian ini berlandaskan pada teori stimulus-organisme-respon (S-O-R) yang diadopsi berdasarkan pemikirkan Hovland. Stimulus dalam penelitian ini adalah terpaan iklan “Waktu Indonesia Belanja”. Organisme dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia. Respon dalam penelitian ini adalah brand awareness pada marketplace Tokopedia. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan “Waktu Indonesia Belanja” melalui televisi terhadap pembentukan brand awareness pada marketplace Tokopedia. Penelitian ini berlandaskan paradigma positivistik dengan pendekatan kuantitatif serta metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100, dengan teknik pengambilan sampel berupa nonprobability sampling. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui perantara Google Forms. Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terpaan iklan “Waktu Indonesia Belanja” memiliki pengaruh positif sebesar 71.9% terhadap pembentukan brand awareness pada marketplace Tokopedia. Hal tersebut menunjukkan bahwa asumsi dasar dari teori S-O-R tergambar pada penelitian ini, yaitu stimulus akan memberikan rangsangan kepada organisme sehingga dapat mendorong adanya perubahan sikap

English Abstract

In carrying out a company strategy, marketing communications take a crucial role. One of them is advertising, which is able to influence individual behavior and increase brand awareness. Technological developments make advertising systems more diverse, but advertising through television media still plays a crucial role in reaching a mass audience. This research is based on the stimulus-organism-response (S-O-R) theory adopted by Hovland. The stimulus in this study was advertisement exposure to "Waktu Indonesia Belanja." The organisms in this study are Indonesian people. The response in this research is brand awareness in Tokopedia. This study aims to determine the effect of "Waktu Indonesia Belanja" advertising through television on the formation of brand awareness in Tokopedia as a marketplace and is described through the stimulus�organism-response (S-O-R) theory. This research is based on a positivistic paradigm with a quantitative approach and survey method. This study used a sample of 100 respondents. Sampling was done by nonprobability sampling. The data collection method was carried out by distributing questionnaires online through Google Forms. All collected data were analyzed using the IBM SPSS 25 version. The results of this study indicate that the television advertising exposure "Waktu Indonesia Belanja" positively influences Tokopedia's brand awareness by 71.9%. This result shows that the basic assumption of the S-O-R theory is illustrated in this study, namely that a stimulus will stimulate the organism to encourage a change in attitude

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052211
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Terpaan Iklan Televisi, Brand Awareness, Teori Stimulus – Organisme – Respon, Marketing Communication, Television Advertising Exposure, Brand Awareness, Stimulus-Organism-Respons Theory
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:13
Last Modified: 08 Jun 2023 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201203
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hanum Kanthi Pramesthi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item