PRASOJO, ARIYA and Ahmad Hasan Ubaid, S.IP. and Dr. Abdul Aziz, S.R., M.Si (2022) Strategi Marketing Politik Gus Yani dan Bu Min Dalam Pemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Gresik Tahun 2020. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini tentang strategi marketing politik dalam pemenangan yang diterapkan oleh pasangan calon Gus Yani dan Bu Min dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Gresik tahun 2020 . Penelitian skripsi ini menggunakan metode kualitatif. dengan menggunakan teori pemasaran poliitik Adman Nursal Dimana terdapat 3 strategi yang telah penulis analisis dengan temuan di lapangan yang pertama adalah Segmentation, Yang kedua ialah Targeting, Yang ketiga yaitu Positioning, Penelitian ini juga mengunakan pendekatan yang pertama Push Marketing, Yang kedua Pull marketing, Yang ketiga Pass Marketing, Selain berbagai strategi yang pasangan Gus Yani dan Bu Min, terdapat pula beberapa faktor pendukung Kemenangan Pasangan calon Gus Yani – Bu Min dalam Pilkada Kabupaten Gresik Tahun 2020 yaitu seperti pengusungan Pasangan Calon Yang Diusung Oleh Partai Politik Yang Berkoalisi. Dalam penelitian ini juga mengambil sudut informasi yang didapat dari perspektif elite, hal ini ditunjukan dari pemgunakan strategi yang dinilai efektif dan relevan untuk memenangkan pasangan Gus Yani dan Bu Min dalam pilkada Kabupaten Gresik tahun 2020 dan juga faktor pendukung juga mendorong pasangan calon memperoleh dukungan suara dengan lebih eefektif, efisien dan relevan. Sehingga menangnya pasangan Gus Yani dan Bu Min hampir di setiap kecamatan dengan perolehan suara tertinggi di mengganti. dalam pilkada 2020 di Kabupaten Gresik
English Abstract
This research is about the political marketing strategy in winning applied by the candidate pair Gus Yani and Bu Min 2020 Gresik Regional Head Election. This research uses qualitative methods. by using Adman Nursal's political marketing theory. Where there are 3 strategies that the author has analyzed with findings in the field, the first is Segmentation, the second is Targeting, the third is Positioning. This research also uses the first approach, Push Marketing, The second is Pull marketing, Which Third, Pass Marketing. In addition to the various strategies used by Gus Yani and Mrs. Min, there were also several factors supporting the victory of the Gus Yani – Bu Min candidate pair in the 2020 Gresik Regional Election, namely the nomination of the Candidate Pair Supported by Coalitioned Political Parties. This research also takes the angle of information obtained from an elite perspective, this is shown from the use of strategies that are considered effective and relevant to winning the Gus Yani and Bu Min pairs in the 2020 Gresik regional elections and also supporting factors that also encourage candidate pairs to gain voting support by more effective, efficient and relevant. So that the pair Gus Yani and Bu Min won in almost every sub-district with the highest vote acquisition in replacing. in the 2020 local elections in Gresik City.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052211 |
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik, Gus Yani- Bu Min, Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Gresik 202 -Political Marketing, Gus Yani-Bu Min, Election Head of region Gresik City 2020 |
Subjects: | 300 Social sciences > 327 International relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:43 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201151 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ARIYA PRASOJO.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |